img
img

Wisata & Budaya

Sabtu, 06 April 2019 | Oleh: HMS04

Mecak Undat, Pemberi Semangat Kebersamaan

Mecak Undat, Pemberi Semangat Kebersamaan

Malinau - Setelah tiba di bandara Long Ampung, rombongan Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si menuju desa Long Ampung dimana warga sudah menunggu kedatangan orang nomor satu di Malinau ini.
Rasa senang dan bangga diungkapkan oleh Ketua Adat Kecamatan Kayan Selatan Baya Apui dimana seorang pejabat bahkan yang pertama kali bisa hadir pada acara Mecak Undat.
Mecak Undat artinya menumbuk beras yang sudah direndam untuk menjadi tepung beras, lalu dimasukan didalam bambu dan dimasak. Setelah itu dimakan bersama-sama para arwah yang telah mendahului kita pada tahun itu juga, sebelum tanam padi, disisihkan lalu dibawa ke kuburan sebelum masa panen.
Acara Mecak Undat ini dilaksanakan setiap akhir tahun setelah panen dengan menghitung hasil panen setiap keluarga. Dari seratus bakul atau ingen, disumbangkan ke acara sebanyak masing-masing satu tutup ingen sebagai perpuluhan warga. Setelah dikumpul lalu dibuat Undat.
Acara Uman Undat adalah kegiatan sosial sebagai pemberi semangat kebersamaan untuk mencapai cita-cita bagi generasi penerus.
"Sayangnya acara seperti ini tidak dilakukan di setiap kampung, tergantung kondisi dan situasi di desa masing-masing, " ucapnya Baya Apui. (hms)

"Saya ada untuk semua"
"Bersama kita pasti bisa"
"Salam harmonis untuk kita semua"

Baca Juga

Berita Utama Index

Pemerintahan Desa Harus Berjalan Baik

Pemerintahan Desa Harus Berjalan Baik

Kamis, 11 April 2019

MALINAU – Masyarakat Desa Batu Lidung khususnya dan pada umumnya masyarakat bumi intimung agar tidak begitu apatis atau tidak peduli terhadap pemerintahan atau penyelenggaraan pemerintahan yang ada. Namun, harus mendukung dan mendorong jalannya

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya