img
img

Pemerintahan

Kamis, 03 Januari 2019 | Oleh: HMS04

Apel Hari Amal Bakti Ke-73, Kemenag Malinau Berikan Cinderamata Kepada Aktor Kerukunan Tingkat Kabupaten Malinau

Apel Hari Amal Bakti Ke-73, Kemenag Malinau Berikan Cinderamata Kepada Aktor Kerukunan Tingkat Kabupaten Malinau

Malinau-Hari Amal Bakti Ke-73 Kementrian Agama digelar apel dilingkungan pemerintahan daerah kabupaten Malinau, Kamis (03/01) dihalaman Kantor Bupati Malinau. Apel dipimpin oleh Wakil Bupati Malinau Topan Amrullah, S.Pd., M.Si sedangkan peserta apel terdiri dari para tamu undangan, para ASN, TNI, Polri, mahasiswa dan pelajar.
Dalam kesempatan ini diberikan cinderamata kepada para aktor kerukunan di Malinau antara lain Drs. H. Edy Marwan, M.Si (Ketua MUI Malinau), Pdt. Wesly Lufung, S.Th (Ketua FKUB Malinau), I Nyoman Wigunaya, S.Pd. SD (Ketua PHDI Malinau), Andryantho (Ketua PC. MAGABUDHI Malinau), Pastor Wan ibung Natalino Beling Heri, OMI (Paroki Santo Rosul Pulau Sapi), Pdt. Rusli Rining, M.Th (Ketua Bamag Malinau), Pdt. Yulius Daud, M.Th (Ketua BPUK Malinau), H Abdullah A. Ma (Ketua Nahdatul Ulama Malinau), H. Kuri Alkan, S.Ag (Ketua Muhamadiyah Malinau), Stefanus Sidung (Paroki Santo Stepanus Malinau), I Komang Sukadana (Pengurus PHDI), Innike Rennie, S.Th (Penyuluh Agama Kristen), Atonius Alang (Paroki Santo Stefanus Malinau).
Dalam sambutan Menteri Agama RI yang dibacakan oleh Wabup Topan menyampaikan bahwa memperingati hari bersejarah ini dalam kesederhanaan, keprihatinan, dan kepedulian untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena dampak dari peristiwa alam di beberapa wilayah, seperti di Lombok, Palu, Banten dan Lampung. Seluruh bangsa Indonesia merupakan satu kesatuan dalam derita dan bahagia, dalam sukacita maupun dukalara.
Melalui peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama, kita diingatkan kembali arti pentingnya jaminan hak beragama dalam pelaksanaan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, terutama sila Ketuhanan Yang Maha Esa pada Pembukaan dan pasal 29 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun ini, yaitu "Jaga Kebersamaan Umat". Menteri Agama mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama, apalagi di tahun politik sekarang ini, mari senantiasa menebarkan energi
kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan. Ajakan yang sama kepada semua elemen bangsa, mari jaga kebersamaan, keutuhan sesama anak bangsa. Segala ujaran, perilaku, dan sikap yang bisa menimbulkan luka bagi sesama saudara, mari kita
hindari. Mari jauhi saling menebar benci, saling melempar fitnah keji, saling menyuburkan penyakit hati, dan saling melukai hati antarsesama anak negeri.
Seluruh ASN dan jajaran Kementerian Agama haruslah menjadi perangkai, penjalin, dan perajut tenun kebangsaan kita yang bhinneka. Setiap kita haruslah menjadi teladan dalam kesederhanaan, kejujuran, dan keikhlasan memberikan amal bakti bagi segenap warga negara tercinta. Dalam tugas sehari-hari, setiap aparatur Kementerian Agama harus mampu menunjukkan nilai kinerja yang baik, kepemimpinan yang amanah, dan memberi kemudahan kepada masyarakat luas, untuk memperoleh akses pelayanan keagamaan secara akuntabel dan berkualitas.
Toleransi beragama dapat dimaknai sebagai sikap "menghormati dan menghargai atas perbedaan yang ada pada pihak lain". Sementara moderasi beragama adalah upaya mewujudkan pemahaman dan pengamalan agama yang moderat, yang terhindar dari bentuk pemahaman dan praktek keagamaan yang berlebih-lebihan dan ekstrem.
Adapun pembangunan akhlak adalah aspek yang sangat fundamental sebagai pilar utama keadaban bangsa, agar kita semua tidak tercerabut dari fitrah kemanusiaan kita.
Masalah agama adalah masalah yang amat peka yang bila tidak ditangani dengan hati-hati dapat menimbulkan persoalan yang rumit. Oleh sebab itu, Kementerian Agama amat menyadari pentingnya kematangan cara berpikir dan bertindak dalam mengelola urusan keagamaan, menjaga kerukunan beragama serta mendorong pembudayaan moderasi beragama bagi semua warga bangsa.
Penghargaan dan terima kasih selanjutnya disampaikan kepada jajaran Kementerian Agama pusat dan daerah atas sumbangsih dan kontribusinya selama ini dalam upaya membangun birokrasi modern, bersih dan profesional melayani umat.
Sebagai bagian dari institusi yang membawa nama "agama", seyogyanyalah perilaku kita sebagai pejabat dan aparatur mencerminkan kemuliaan agama, di mana antara kata dan perbuatan saling serasi, antara kesalehan personal dan kesalehan sosial saling melengkapi.
Dirgahayu Hari Amal Bakti Ke-73 Kementerian Agama. (hms)

"Saya ada untuk semua"
"Bersama kita pasti bisa"

Baca Juga

Berita Utama Index

Bupati Apresiasi Kunjungan Danrem ke Malinau

Bupati Apresiasi Kunjungan Danrem ke Malinau

Kamis, 14 Maret 2019

MALINAU – Komandan Resort Militer (Danrem) 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen TNI Widi Prasetijono dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerjanya di Kabupaten Malinau melakukan kegiatan malam ramah tamah dengan Forkopimda, SKPD, tokoh masyarakat,

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya