img
img

Wisata & Budaya

Minggu, 28 Oktober 2018 | Oleh: HMS04

11 Rekor MURI Tercipta Di Irau 9 Malinau

11 Rekor MURI Tercipta Di Irau 9 Malinau

Malinau-Tanpa terasa perhelatan Pesta Budaya Irau ke-9 serta HUT Kabupaten Malinau ke-19 telah usai. Ketua Umum Panitia Irau 9 Malinau, Drs. Hendris Damus, M.Si melaporkan hasil dari kegiatan tersebut yang salah satunya adalah pencapaian rekor MURI (Museum Rekor Indonesia).
Ada 11 rekor yang tercapai yaitu pawai budaya berbusana bhineka tunggal ika peserta terbanyak, Desa Wisata Pulau Sapi sebagai Desa Wisata Dengan Ukiran Rumah Terbanyak Berhias Motif Etnik, Lesung Dengan Lubang Terbanyak Alu Terbanyak, Tungku Terpanjang (Suku Dayal Lundayeh), Kelatung (Kentongan Kayu Terbanyak), Berpupur Wajah dan Tubuh Peserta Terbanyak (Suku Tidung), Perisai Terpanjang (Dayak Kayan), Pagelaran Musik Sampe Terbanyak (Dayak Kenyah), Ani Ka’bo (Kalung dan buah kalung dari manik-manik Terbesar) (Dayak Sa’ban) dan Bubu Terpanjang (Dayak Tahol).
“Tercatat juga sebagai rekor MURI Pawai Budaya Berbusana Adat Bhinneka Tunggal Ika pada saaat pembukaan Irau 9 ini,”ungkapnya.
Selama 13 hari masyarakat Malinau dihibur dengan berbagai macam kegiatan. Mulai dari kegiatan upacara adat dari etnis dan paguyuban, sampai pameran pembangunan yang tersedia disekeliling Arena Pelangi Intimung. Begitu juga dengan stan kuliner, aksesoris, elektronik dan pernak-pernik beberapa suku dayak yang tersebar di sekitar lokasi kegiatan. Sebanyak 337 usaha dan 6 jenis permainan anak-anak tersebar.
Menurut Hendris Damus yang juga sabagai Sekretaris Daerah Malinau, tujuan pelaksanaan Irau adalah untuk memperkenalkan keanekaragaman kekayaan seni dan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Malinau. juga mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa dengan kreatifitas nasionalis kebangsaan melalui tampilan seni budaya masyarakat kabupaten Malinau.
“Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh masyarakat Malinau dan semua pihak yang telah membantu pelaksanaan Irau ini yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu,” ucapnya.
Sampai jumpa di Irau mendatang pada tahun 2020.(hms)
“Saya ada untuk semua”
“Bersama kita pasti bisa”

Baca Juga

Berita Utama Index

Jangan Sederhanakan Apel

Jangan Sederhanakan Apel

Senin, 17 Juni 2019

Malinau – Kalimat diatas diucapkan oleh Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si dihadapan para peserta apel gabungan Korpri di halaman kantor Bupati Malinau, Senin pagi (17/6). “Apel itu adalah citra ASN jangan sederhanakan apel-apel yang kita

Berita Foto Index

Selamat Idul Ftri

Selamat Idul Ftri

Selasa, 04 Juni 2019

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya
[WIDGET KOMINFO] 14 Jun 2019 13:57 - ARTIKEL GPR - Tiga Jalur PPDB 2019: Zonasi, Prestasi, Perpindahan Orang Tua | 30 May 2019 14:00 - ARTIKEL GPR - Lansia Mandiri Sejahtera | 29 May 2019 10:24 - ARTIKEL GPR - SLO di Genggaman, Rumah Aman dan Hati Tenang | 28 May 2019 13:02 - ARTIKEL GPR - Mudik Tanpa Plastik | 28 May 2019 10:00 - ARTIKEL GPR - Instansi Pemerintah dan Stakeholder Terkait Siap Layani Angkutan Lebaran 2019