img
img

Wisata & Budaya

Minggu, 28 Oktober 2018 | Oleh: HMS04

Beragam Penampilan Tarian Adat dari Dayak Tahol

Beragam Penampilan Tarian Adat dari Dayak Tahol

Malinau-Selain pencapaian rekor MURI dan upacara adat Pernikahan Adat Panggulungan dayak Tahol menampilkan beberapa tarian baik tarian khas maupun tarian kolaborasi dari Nabawah Sabah, Malaysia sebagai dukungan dan apresiasi mereka kepada masyarakat Malinau dan pemerintah daerah Malinau.
Tarian dari kumpulan Rangkatin (diikat) daerah Nabawan Pansiangan Sabah (Malaysia). Tarian ini mengisahkan tentang pahlawan-pahlawan dayak Murut Tahol yang telah pulang dair medan pertempuran dengan membawa kepala musuh sebagai hasil peperangan, mereka bersorak-sorai dan sambil memperagakan gaya pada waktu di medan perang.
Tarian Kalabakan atau Tuntung Luma’ah dari Sanggar Tari Muntai Sukilam Kelompok Tau Lumbis Kecamatan Lumbis Ogong, Nunukan. Tarian ini mengisahkan pada jaman dahulu kala ada seorang pemuda bernama Kalabakan. Saat dia sedang berburu dudklah ia dibawah pohon untuk beristirahat, lalu ia berpikir bahwa manusia itu harus mempunyai akal dan untuk membuka akal harus ada yang mengajar ujarnya dalam hati. Tapi siapa yang mengajar?tiba-tiba datanglah satu binatang yang dalam bahasa daerah Lintui (kaki seribu). Diamatinyalah gerakan kaki seribu itu saat berjalan dengan gerakan kaki yang tersusun. Akhirnya terciptalah Alang Siniron yang artinya perlahan-lahan tapi pasti.
Ada juga persembahan tarian lalatip dari Sanggar Tari Bulawan Sumingkai Mansalong Kecamatan Lumbis Ogong, Nunukan dan tarian kolaborasi dari Sanggar Tari Luluyum Tahol, Malinau.
Semua tarian ditarikan dengan indah oleh para generasi muda dayak Tahol. Semoga budaya kita terus lestari bersama generasi muda ditengah perkembangan jaman yang semakin milenial.(hms)

“Saya ada untuk semua”
“Bersama kita pasti bisa”

Baca Juga

Berita Utama Index

Bupati Apresiasi Kunjungan Danrem ke Malinau

Bupati Apresiasi Kunjungan Danrem ke Malinau

Kamis, 14 Maret 2019

MALINAU – Komandan Resort Militer (Danrem) 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen TNI Widi Prasetijono dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerjanya di Kabupaten Malinau melakukan kegiatan malam ramah tamah dengan Forkopimda, SKPD, tokoh masyarakat,

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya