img
img

Berita Warga

Rabu, 08 Agustus 2018 | Oleh: HMS04

Pembukaan Pesta Rakyat memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-73 Tahun 2018

Pembukaan Pesta Rakyat memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-73 Tahun 2018

Malinau - Pesta Rakyat dalam rangka memeperingati hari ulang tahun kemerdekaaan RI ke 73 tahun 2018 dibuka oleh staf ahli bupati bidang kemasyarakatan, ekonomi dan pembangunan Drs.Lupisz M.Pd. ditandai dengan Pemukulan Gong yang didampingi oleh Staf Ahli Bupati bidang Aparatur pelayanan publik dan hubungan antar lembaga Muhammad Fiteriady, S,STP, M.Si, Camat Malinau barat Lewi, S.STP. M.Si, Kapolsek Malinau Barat serta Muspika kecamatan. Acara yang diselenggarakan oleh kecamatan Malinau barat yang berlangsung dari tanggal 8 Agustus sampai dengan 18 agustus 2018 di lapangan borneo desa tanjung lapang kecamatan malinau barat. Rabu Malam (08/08).

Camat Malinau barat Lewi, S.STP. M.Si dalam sambutannya mengungkapkan pada pembukaan Pesta Rakyat hari kemerdekaan Indonesia gelar inovasi produk unggulan Desa yang pertama kali dilaksanakan di Desa tanjung lapang kecamatan Malinau barat kabupaten Malinau, diikuti oleh Umkm Desa long Bila, Desa Sentaban, Desa long kenipe, Desa Taras, Desa Tanjung Lapang, Desa Kuala Lapang, Desa Sempayang, Desa Sesua, Desa Punan Bengalun, Bina PKK Pemda Malinau, Bina PKK Kodim 07 Malinau, Umkm RT. 12 desa Tanjung Lapang, Umkm RT .13Tanjung Lapang. Umkm RT 14 Desa Tanjung Lapang. Dan umkm Komunitas Batu akik Malinau ( Kobama )." terangnya.

Menurutnya Penyelenggaraan kegiatan pesta rakyat hari kemerdekaan indonesia gelar inovasi produk unggulan Desa merupakan ajang kerja sama antar panitia pelaksana dengan pelaku Umkm serta silraturahmi antar sesama pelaku Umkm sehingga masyarakat mengetahui produk unggulan desa atau produk lokal yang ada dikabupaten Malinau khususnya di kecamatan Malinau barat.

Adapun bentuk kegiatannya Yaitu ; pameran multi produk Umkm, Festival seni budaya, Kuliner aneka jajanan khas, wahana bermain anak, atraksi komunitas, Lomba karoke anak dan dewasa, aneka lomba dan hiburan musik. Hadir dalam kesempatan pembukaan acara tersebut Staff Ahli Bupati bidang Aparatur pelayanan publik dan hubungan antar lembaga Muhammad Fiteriady, S,STP, M.Si, Kapolsek Malinau Barat serta Muspika kecamatan serta kepala sekecamatan Malinau barat." ujarnya.

Dalam sambutan Bupati Malinau yang dibacakan oleh staf ahli bupati bidang kemasyarakatan, ekonomi dan pembangunan Drs.Lupisz M.Pd. menyampaikan perubahan paradigma penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang dilakukan bangsa indonesia saat ini, merupakan suatu upaya untuk lebih memperdayakan daerah dan masyarakat dalam rangka mempercepat terwujudnya masyarakat yang maju dan sejahtera , " terangnya.

Gerakan reformasi telah mendorong terjadinya usaha penegakan kedaulatan rakyat dan peningkatan peran serta masyarakat yang perlu dipertahankan dan terus dikembangkan. upaya penguatan pemberdayaan masyarakat di perdesaan perlu dilakukan secara berkelanjutan, karena masyarakat telah menunjukkan diri bahwa mereka memiliki kehendak untuk memperbaiki setiap lini kehidupan baik itu kehidupan ekonomi, sosial dan budaya serta aspek lainnya. sebagaimana dibuktikan dengan sikap kritis dalam merespon setiap gejala dan isu - isu pembangunan.
" kebijakan pemerintah kabupaten malinau melalui program “gerakan desa membangun” (gerdema) adalah suatu strategi untuk mempercepat pembangunan desa, pembangunan ekonomi desa dan kawasan desa, sehingga terwujud masyarakat maju dan sejahtera. disisi lain adalah untuk mendorong penguatan otonomi asli desa dalam melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat secara nyata dan bertanggung jawab.
produk unggulan daerah, merupakan produk berupa jasa dan barang dengan keunikan/ciri khas di tingkat desa/setingkat desa, kecamatan, kabupaten, dan provinsi, yang dihasilkan oleh koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) maupun hasil kreasi " Jelasnya

Lebih lanjut disampaikannya melalui kegiatan pameran ini saya selaku Bupati Malinau berharap moment ini menjadi sarana ajang promosi dalam pengenalan produk unggulan kawasan perdesaan dan juga dapat menjadi stimulus bagi masyarakat desa untuk menciptakan dan mengembangkan produk khas desa yang memiliki nilai jual tambah yang berdampak percepatan pembangunan ekonomi desa dalam wilayah kabupaten malinau.

Dan juga dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mewujudkan desa membangun yang berkualitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, mendorong percepatan pembangunan serta memaksimalkan seluruh potensi desa di bidang pemanfaatan sumber daya alam (sda) maupun peningkatan sumber daya manusia (sdm) guna mempertahankan masyarakat malinau tetap maju dan sejahtera," pungkasnya. (Hms).

“TERUSLAH BERSEMANGAT DAN BEKERJA SAMA”
“SAYA ADA UNTUK SEMUA”
“BERSAMA KITA PASTI BISA”

Baca Juga

Berita Utama Index

Kegiatan TMMD Rampung 100%

Kegiatan TMMD Rampung 100%

Selasa, 13 November 2018

Malinau-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di kabupaten Malinau resmi ditutup oleh Kasat TNI Ilyas Alamsyah di Lapangan Sepakbola Desa Kaliamok Kecamatan Malinau Utara, Selasa (13/11). Menurut laporan Dandim Malinau Letkol Kav Yudi Suryatin,

Berita Foto Index

Pesta Budaya 2018

Pesta Budaya 2018

Minggu, 23 September 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya