img
img

Kerajinan dan Produk Unggulan

Minggu, 08 Juli 2018 | Oleh: HMS04

Pemkab Malinau Ikuti event Apkasi Otonomi Expo 2018 Di Jakarta

Pemkab Malinau Ikuti event Apkasi Otonomi Expo 2018 Di Jakarta

Tangerang- Pemerintah Kabupaten Malinau mengikuti event Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2018. yang bertema “ Meningkatkan Daya saing Daerah dalam Merebut Pasar Global ”. Expo dibuka secara resmi oleh Presiden Joko widodo ditandai dengan pemukulan gong didampingi menteri dalam negeri,sekretaris kabinet, ketua umum apkasi dan sekretaris jendral apkasi bertempat di International Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) City, Jumat (06/07).
Dengan menampilkan produk unggulan yang tak kalah dengan daerah lainnya, salah satunya yaitu aneka tas terbuat dari anyaman rotan (bahan alam) mengutamakan cara buatan tangan dari segi pemilihan warna dan motif mengikuti berdasarkan selera pasar yang tengah menjadi tren dan tetap mengambil ciri budaya dengan motif etnik khas dayak. Selain itu juga produk lokal lainnya seperti Batik Malinau dengan motif yang menggabungkan karakter budaya yang dimiliki masyarakat Malinau, sehingga menjadi daya tarik serta diminati para pengunjung untuk tertarik membelinya. Selain itu ada juga manik-manik dan kopi equato serta produk lokal lainnya.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Malinau sangat mendukung penuh untuk acara-acara yang menampilkan keunikan dan keberagaman dari setiap kearifan budaya lokal dan untuk memperkenalkan budaya yang ada di kabupten Malinau agar diketahui oleh banyak orang.
Expo ini juga diharapkan menjadi ajang sarana promosi dalam pengenalan produk unggulan kawasan pedesaan dan menjadi stimulus bagi masyarakat desa untuk menciptakan serta mengembangkan produk khas desa yang memiliki nilai jual tambah yang berdampak pada percepatan pembangunan ekonomi desa di wilayah Kabupaten Malinau. Dan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mewujudkan gerakan desa membangun yang mandiri dan berkualitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, mendorong percepatan pembangunan serta memaksimalkan seluruh potensi desa dibidang pemanfaatan sumber daya alam (sda) maupun peningkatan sumber daya manusia (sdm) guna mewujudkan masyarakat malinau yang maju dan sejahtera.

Apkasi Otonomi Expo 2018 diikuti oleh Pemerintah Kabupaten, Kota, Provinsi, Kementerian, Lembaga Negara Non Kementerian, BUMN, perusahaan swasta nasional dan multinasional, atase perdagangan luar negeri dan para pelaku usaha serta industri kecil menengah.(kh/hms)

"Saya ada untuk semua"

"Bersama kita pasti bisa"

Baca Juga

Berita Utama Index

Kegiatan TMMD Rampung 100%

Kegiatan TMMD Rampung 100%

Selasa, 13 November 2018

Malinau-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di kabupaten Malinau resmi ditutup oleh Kasat TNI Ilyas Alamsyah di Lapangan Sepakbola Desa Kaliamok Kecamatan Malinau Utara, Selasa (13/11). Menurut laporan Dandim Malinau Letkol Kav Yudi Suryatin,

Berita Foto Index

Pesta Budaya 2018

Pesta Budaya 2018

Minggu, 23 September 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya