img
img

Pemerintahan

Rabu, 09 Mei 2018 | Oleh: HMS04

Tren Kenaikan Harga, Disperindagkop Lakukan Pemantauan

Tren Kenaikan Harga, Disperindagkop Lakukan Pemantauan TURUN KE SEJUMLAH TOKO: Tim dari Dinas Perindag Malinau saat turun mengecek barang di salah satu beberapa waktu lalu. Menjelang Ramadan ini, akan turun lagi mengecek kebutuhan sembako. WIDAYAT/RADAR TARAKAN

PROKAL.CO, MALINAU – Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Malinau Drs. Emang Mering M.Si menegaskan, kenaikan harga pasar biasanya mengikuti tren di daerah-daerah lain. Namun demikian, pihaknya juga telah mengantisipasi hal tersebut dengan melakukan pemantauan langsung di lapangan.

“Kami akan memantau dan menekan harga-harga itu. Dan yang perlu diingatkan agar para pedagang juga jangan menyimpan kebutuhan barang pokok itu. Sehingga mengeluarkan barangnya dalam waktu tertentu dengan harga yang berbeda,” jelas Emang Mering saat dikonfirmasi terkait pengawasan barang-barang kebutuhan pokok dan strategis menjelang bulan puasa Ramadan.

Ditegaskan Emang Mering, apabila ditemukan ada permainan dengan cara menyembunyikan barang-barang kebutuhan masyarakat, pihaknya akan memberikan teguran secara tertulis. Jika ternyata ditemukan telah melakukan berulang kali, maka akan ada tindakan sanksi tegas yang diberikan dari pemerintah. “Apalagi adanya undang-undang pangan, sangat berat sanksinya,” tegasnya.

Disamping itu juga, sambung mantan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kehsejateraan Rakyat Setkab Malinau ini, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Satgas ketahanan pangan untuk turut serta melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap kebutuhan pangan di lapangan. “Tim Satgas pangan juga akan melakukan pemantauan terhadap jasa dan lain sebagainya. Jangan sampai terjadi kelangkaan yang menyebabkan naiknya harga di daerah Malinau ini,” ujarnya.

Karena itu, pihaknya terus melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap harga kebutuhan pokok masyarakat di pasar-pasar tradisional dan sejumlah toko. “Kami terus menerus melakukan pemantauan di lapangan yang utama terkait ketersedian barang dan kebutuhan pokok masyarakat. Begitu juga kestabilan harga,” imbuhnya.

Dari pantauan di lapangan, menurut Emang, untuk kebutuhan barang dan kebutuhan pangan masih cukup memenuhi hingga jelang Ramadan begitu juga terhadap harga barang belum terlihat kenaikan yang signifikan. “Kami perkirakan tidak akan terjadi kelangkaan dan harga kebutuhan pokok juga tidak akan melambung,” harapnya. (ida/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

Bupati Pimpin Apel Gabungan Korpri

Bupati Pimpin Apel Gabungan Korpri

Selasa, 17 Juli 2018

Malinau – Selasa (17/7) Pemerintah Kabupaten Malinau melaksanakan apel gabungan korpri yang berlangsung di halaman kantor bupati malinau bertindak selaku Pembina apel Bupati malinau Dr. Yansen TP, M.Si dihadiri oleh Aparatur Sipil Negara (ASN)

Berita Foto Index

Mars Korpri

Mars Korpri

Rabu, 21 Februari 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya
[WIDGET KOMINFO] 15 Aug 2018 17:44 - ARTIKEL GPR - Jamin Kualitas Daging Kurban, Pemerintah Terapkan Standar ASUH | 14 Aug 2018 16:40 - ARTIKEL GPR - Kado Jelang Kemerdekaan untuk Puldama | 14 Aug 2018 13:49 - ARTIKEL GPR - Realisasi Investasi Triwulan II 2018 Naik 3,1 % | 13 Aug 2018 14:28 - ARTIKEL GPR - Strategi Pemajuan Kebudayaan Jadi Modal Pembangunan Nasional | 01 Aug 2018 12:10 - ARTIKEL GPR - Imunisasi MR Lindungi Anak Indonesia dari Kecacatan