img
img

Pertanian

Rabu, 18 April 2018 | Oleh:

Petugas Penyuluh Harus Mampu Garap Lahan

Petugas Penyuluh Harus Mampu Garap Lahan LAHAN CONTOH: Salah satu lahan pertanian yang dijadikan demplot dinas dan telah dipanen padinya beberapa waktu lalu. WIDAYAT/RADAR TARAKAN

PROKAL.CO, MALINAU- Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Malinau Ir. Kristian Muned M.T, memberi target kepada kepada seluruh petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL)  Dinas Pertanian yang masuk pada masa tanam tahun 2018 ini. Para PPL diberikan beban untuk membuka sawah secara khusus di wilayah tugasnya masing-masing.

“Kami dari Dinas Pertanian Kabupaten Malinau memberikan target dan beban kepada seluruh petugas penyuluh lapangan untuk membuka dan menggarap lahan sebagai demplot atau lahan contoh di wilayah kerjanya masing-masing,” ujar Kristian Muned kepada media ini di kantor Bupati Malinau, jalan Pusat Pemerintahan, Tanjung Belimbing, Selasa (17/4) kemarin.

Dijelaskan Kristian Muned, selain membuat demplot di wilayah tempat tugas masing-masing PPL, juga ada lahan demplot milik Dinas Pertanian yang melekat pada kantor Cabang Dinas Pertanian (KCDP) di setiap kecamatan. Seperti di Malinau Utara ada sekitar 2 hektare lahan sawah, di Malinau Kota ada 1 hektare, di Malinau Barat 1 hektare. Begitu juga di Mentarang. “Saya minta kepada Kepala CDP di setiap kecamatan agar bersama-sama dengan PPL yang bertugas di desa-desa di wilayah kecamatan itu mengaktualisasikan perilaku bertani mereka lahan-lahan  itu,” tegas mantan kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Malinau ini.

Kristian Muned menjelaskan, maksud dari bertani dengan mengerahkan tenaga PPL dan Kepala Cabang Dinas Pertanian (KCDP) di 5 wilayah kecamatan di Ibu Kota Kabupaten Malinau ini tidak lain untuk memberi contoh serta memotivasi para petani padi Malinau. PPL, menurut Kristian Muned, tugas dan kewajibannya adalah tenaga penyuluh. Namun tenaga penyuluh perlu memberikan contoh nyata di lapangan yang hasilnya bisa diperlihatkan ke para petani dan dijadikan contoh.

“Artinya, memberikan contoh. Jadi, selain menyuluh, dia juga memberikan contoh dengan bertani yang baik dan benar sesuai aturan bertani baik, benar dan sehat supaya di peroleh hasil yang maksimal,” ujarnya dan menambahkan bahwa dengan model contoh yang ada itu masyarakat bisa meniru dan belajar bertani yang baik dan benar. (ida/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

PEMBUKAAN REKONSILIASI DAN BIMTEK AKUNTASI DILINGKUNGAN PEMKAB MALINAU TAHUN 2018

PEMBUKAAN REKONSILIASI DAN BIMTEK AKUNTASI DILINGKUNGAN PEMKAB MALINAU TAHUN 2018

Selasa, 04 Desember 2018

Malinau - 3 Desember 2018 Sekretaris Daerah Malinau Drs,Hendris Damus M.Si membuka Rekonsiliasi belanja dan kas per nopember serta bimtek akuntansi ( SIMDA ) terkait penyusunan LKPD bagi seluruh OPD dilingkungan pemerintah Kabupaten Malinau tahun 2018.

Berita Foto Index

Pesta Budaya 2018

Pesta Budaya 2018

Minggu, 23 September 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya