img
img

Pemerintahan

Sabtu, 14 April 2018 | Oleh: HMS04

ITB Terinspirasi Konsep Pembangunan Malinau

ITB Terinspirasi Konsep Pembangunan Malinau MENGINSPIRASI: Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si saat menjelaskan tentang Kabupaten Malinau kepada Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan ITB Prof. Dr. Ir. Bambang Riyanto Trilaksono dan pihak ITB lainnya yang hadir di Ruang Rapat Pimpinan ITB, Selasa (10/4). HUMAS UNTUK RADAR TARAKAN

MALINAU – Dalam acara penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau dan Institut Teknologi Bandung (ITB), terlontar ucapan dari Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan ITB Prof. Dr. Ir. Bambang Riyanto Trilaksono bahwa pihaknya sangat terinspirasi dengan konsep pembangunan yang dilaksanakan Kabupaten Malinau.

“Tadi kami sangat terinspirasi dengan apa yang telah disampaikan bapak Bupati mengenai konsep pembangunan yang secara langsung melibatkan masyarakat,” ujar Prof. Bambang Riyanto Trilaksono yang saat itu mewakili Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA menyampaikan sambutan kepada Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si beserta rombongan, di Ruang Rapat Pimpinan ITB, Selasa (10/4).

Wakil Rektor juga mengatakan bahwa konsep yang digunakan oleh Pemkab Malinau tersebut perlu terus dikembangkan. Sebab, konsep pembangunan yang melibatkan masyarakat secara langsung tersebut tentu sangat besar manfaat yang dirasakan oleh masyarakat. “Kami percaya bahwa itu merupakan konsep yang perlu dikembangkan, karena tanpa keterlibatan masyarakat tentu saja kemanfaatan dari pembangunan yang kita lakukan, itu akan sangat kecil dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” katanya.

Sesuai apa yang ditekankan Bupati, lanjutnya, yaitu tentang harapan bahwa ITB dapat melakukan semacam satu perencanaan yang sifatnya jangka panjang sambil memperhatikan konservasi terhadap hutan. Lalu memperhatikan persoalan lingkungan dan juga menekankan pada keterlibatan komunitas, ia berharap bisa dijawab dan dilaksanakan oleh pihaknya. “Mudah-mudahan ini bisa dijawab oleh ITB di bawah bimbingan pimpinan Prof Wijaya,” tuturnya.

Sebelumnya, Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si memaparkan tentang kondisi Malinau, yaitu terkait konsep pembangunan yang sepenuhnya percaya kepada rakyat, dengan mempercayakan desa dan RT untuk terlibat langsung membangun melalui pernecanaan yang dimulai dari bawah. “Kami sepenuhnya percaya kepada yaitu dengan bottom up planning,” ungkapnya seraya menegaskan bahwa pihaknya mengutamakan perencanaan dari komunitas yaitu RT dan apa yang direncanakan pihak RT dan desa pun, itulah yang akan dibangun.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menjelaskan bahwa Kabupaten Malinau juga merupakan kabupaten konservasi dan memiliki daerah atau wilayah yang sering disebut Heart of Borneo, yaitu hutan perawan di wilayah Taman Nasional Kayan Mentarang (TNKM). (humas/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

PEMBUKAAN REKONSILIASI DAN BIMTEK AKUNTASI DILINGKUNGAN PEMKAB MALINAU TAHUN 2018

PEMBUKAAN REKONSILIASI DAN BIMTEK AKUNTASI DILINGKUNGAN PEMKAB MALINAU TAHUN 2018

Selasa, 04 Desember 2018

Malinau - 3 Desember 2018 Sekretaris Daerah Malinau Drs,Hendris Damus M.Si membuka Rekonsiliasi belanja dan kas per nopember serta bimtek akuntansi ( SIMDA ) terkait penyusunan LKPD bagi seluruh OPD dilingkungan pemerintah Kabupaten Malinau tahun 2018.

Berita Foto Index

Pesta Budaya 2018

Pesta Budaya 2018

Minggu, 23 September 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya