img
img

Pemerintahan

Kamis, 12 April 2018 | Oleh:

MBR Miliki Ketentuan Prioritas

MBR Miliki Ketentuan Prioritas DIREKTUR UTAMA SAIFUL BAHRI

PROKAL.CO, MALINAU - Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Apa’ Mening Malinau Saiful Bahri S.H, M.M, menjelaskan, dalam peningkatan cakupan pelayanan air minum perpipaan kepada penerima program hibah yang disebut Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), memiliki ketentuan tersendiri. Yakni dilihat dari segi listrik rumah calon penerima program MBR hanya dialiri daya dari 900 Kilo Volt Ampere (kVA) hingga 1.200 kVA. Namun hanya 50 persen dari program ini dari 1.000 sambungan yaitu 500 sambungan ditambah 1 sambungan rumah harus berdaya 900 kVA.

“Jadi, yang diprioritaskan yakni sambungan daya listrik 900 kVA dulu, sisanya baru boleh diberikan kepada keluarga yang berdaya listrik 1.200 kVA. Itu dari segi pemakaian daya listrik,” sebut Saiful Bahri.

Kemudian, masih dijabarkan Saiful Bahri, jika daya listriknya berkapasitas 900 kVA maka dilihat lagi dari profil atau kondisi rumahnya yang harus sesuai dengan target sasaran. Artinya, jika rumahnya sudah bagus tetapi sambungannya listrk PLN berdaya 900 kVA sudah dipastikan tidak akan dapat sambungan PDAM dari program MBR.

“Mungkin akan timbul pertanyaan, kok nggak semuanya dikasih ke masyarakat. Sehingga menimbulkan rasa pilih kasih karena tetangganya dapat tapi yang bersangkutan tidak dapat karena tidak sesuai dengan syarat MBR,” tuturnya.

Ketiga, sambung Saiful Bahri, harus ada jalur pipa induk PDAM di daerah yang menjadi sasaran penyambungan program MBR ini. “Jadi, tiga hal ini harus terpenuhi maka semuanya bisa berjalan,” ujarnya.

Sebab, imbuhnya, sejak dua hari lalu tim dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) sudah datang ke Kabupaten Malinau untuk mengecek lokasi sasaran apakah dari 1.050 sasaran rumah MBR sudah memenuhi syarat atau tidak. Bagi masyarakat yang memenuhi syarat MBR, maka akan dipasangi stiker oleh tim tersebut di tiap-tiap rumah. “Mudah-mudahan dari 1.050 sambungan rumah yang diusulkan, setidak-setidaknya kalaupun tidak memenuhi syarat itu tidak banyak. Sesuai target yaitu 1.000 sambungan bisa terpenuhi,” tukasnya. (ida/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

PEMBUKAAN REKONSILIASI DAN BIMTEK AKUNTASI DILINGKUNGAN PEMKAB MALINAU TAHUN 2018

PEMBUKAAN REKONSILIASI DAN BIMTEK AKUNTASI DILINGKUNGAN PEMKAB MALINAU TAHUN 2018

Selasa, 04 Desember 2018

Malinau - 3 Desember 2018 Sekretaris Daerah Malinau Drs,Hendris Damus M.Si membuka Rekonsiliasi belanja dan kas per nopember serta bimtek akuntansi ( SIMDA ) terkait penyusunan LKPD bagi seluruh OPD dilingkungan pemerintah Kabupaten Malinau tahun 2018.

Berita Foto Index

Pesta Budaya 2018

Pesta Budaya 2018

Minggu, 23 September 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya