img
img

Pendidikan

Kamis, 12 April 2018 | Oleh:

Pemkab dan ITB Lakukan Kerja Sama

Pemkab dan ITB Lakukan Kerja Sama KERJASAMA: Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si (kiri) dan Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan ITB Prof. Dr. Ir. Bambang Riyanto Trilaksono (kanan) saat bersalaman usai penandatanganan nota kesepahaman antara Pemkab Malinau dan ITB di Ruang Rapat Pimpinan ITB, Selasa (10/4). HUMAS UNTUK RADAR TARAKAN

PROKAL.COMALINAU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) mengadakan kerja sama terkait pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan pengembangan potensi wilayah. Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) oleh Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si dengan pihak ITB, di Ruang Rapat Pimpinan ITB, Selasa (10/4).

Ruang lingkup nota kesepahaman Pemkab Malinau dan ITB meliputi, pengembangan sumber daya manusia melalui penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, pengembangan dan peningkatan potensi sumber daya alam melalui penyelenggaraan penelitian dan pengkajian, perencanaan dan pembangunan yang tepat, terarah, terpadu, dan berkelanjutan melalui kegiatan konsultasi dan pengabdian kepada masyarakat, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang disepakati oleh para pihak.

Terkait kerja sama tersebut, Bupati Malinau Yansen TP menegaskan, bahwa pihaknya menganggap tridak sederhana mengadakan nota kesepahaman tersebut. Karena, ada perspektif yang ingin pihaknya lihat di Indonesia bagian utara yang diwakili oleh Kabupaten Malinau. “Kami harapkan perencanaan (dalam kerja sama) nanti betul-betul menjawab tantangan masa depan,” ujar Yansen TP di hadapan para pimpinan ITB.

Bupati mengungkapkan besar hati dan harapannya, terkait kerja sama ini menjadi sebuah inspirasi pengembangan kota, khususnya di Kabupaten Malinau yang saat ini sudah berubah dan terus maju menuju sejahtera. Kenapa?

Ia menaruh harapan besar dari kerja sama ini dengan alasan, walaupun Malinau yang nun jauh di wilayah pedalaman dan perbatasan sana, tapi bekerjasama dengan ITB. Kerja sama ini, tegasnya, tujuannya bukan untuk gagah-gagahan, tapi pihaknya ingin menitipkan kepentingan masa depan Malinau kepada anak cucu. “Kami ingin menetipkan kepentingan masa depan Malinau kepada anak cucu kami dengan satu model yang terbaik dan itu kami percayakan kepada ITB. Oleh sebab itu, saya sangat berkomitmen untuk berinisiatif dan bersemangat melakukan kerja sama dengan ITB, mudah-mudahan ada berkah untuk kita semua, terutama Malinau,” kata Bupati Malinau yang mempercayakan sepenuhnya kepada rakyat dalam membangun desa ini.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan ITB Prof. Dr. Ir. Bambang Riyanto Trilaksono yang mewakili Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA mengucapkan selamat datang kepada Bupati Malinau dan segenap rombongan yang menyertai. “Selamat datang di ITB, saat ini kita ada di ruang yang biasanya digunakan untuk rapat pimpinan setiap hari Selasa,” ucapnya mengawali sambutan.

Menurutnya, sebuah kehormatan bagi ITB untuk dapat bekerja sama dengan Kabupaten Malinau yang dideskripsikan berada di Kalimantan Utara, bagian utara dan dekat perbatasan dengan negara tentangga yang garis perbatasannya cukup panjang yang hampir setengah kali Pulau Jawa.

Sebelum lebih lanjut menyampaikan terkait kerja sama, Prof. Bambang Riyanto menjelaskan sekilas tentang sejarah ITB, mulai didirikan hingga saat ini yang sudah memiliki beberapa fakultas dan juga pusat penelitian.

Sebagai informasi, sebutnya, ITB memang banyak melakukan kerja sama dengan berbagai kabupaten atau provinsi hampir di seluruh Indonesia. Mudah-mudahan, imbuhnya, dengan pengalaman yang sudah diperoleh dari pihak ITB dapat memberikan manfaat yang baik dan yang dirasakan untuk pengembangan perencanaan kota atau desa di Kabupaten Malinau.

“Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh bapak Bupati Malinau kepada ITB dan mudah-mudahan ini dapat dilaksanakan oleh ITB yang tentu saja dengan bekerjasama dengan bapak ibu pejabat dan masyarakat Kabupaten Malinau,” pungkasnya.(ags/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

Jangan Sederhanakan Apel

Jangan Sederhanakan Apel

Senin, 17 Juni 2019

Malinau – Kalimat diatas diucapkan oleh Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si dihadapan para peserta apel gabungan Korpri di halaman kantor Bupati Malinau, Senin pagi (17/6). “Apel itu adalah citra ASN jangan sederhanakan apel-apel yang kita

Berita Foto Index

Selamat Idul Ftri

Selamat Idul Ftri

Selasa, 04 Juni 2019

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya
[WIDGET KOMINFO] 14 Jun 2019 13:57 - ARTIKEL GPR - Tiga Jalur PPDB 2019: Zonasi, Prestasi, Perpindahan Orang Tua | 30 May 2019 14:00 - ARTIKEL GPR - Lansia Mandiri Sejahtera | 29 May 2019 10:24 - ARTIKEL GPR - SLO di Genggaman, Rumah Aman dan Hati Tenang | 28 May 2019 13:02 - ARTIKEL GPR - Mudik Tanpa Plastik | 28 May 2019 10:00 - ARTIKEL GPR - Instansi Pemerintah dan Stakeholder Terkait Siap Layani Angkutan Lebaran 2019