img
img

Wisata & Budaya

Rabu, 28 Maret 2018 | Oleh: HMS04

Amankan Hutan, BTNKM Gandeng MMP Gelar Patroli

Amankan Hutan, BTNKM Gandeng MMP Gelar Patroli Johnny Lagawurin. DOK

PROKAL.CO, MALINAU - Kepala Balai Taman Nasional Kayan Mentarang (BTNKM) di Malinau Ir Johnny Lagawurin menegaskan, upaya perlindungan dan pengamanan hutan terus digalakkan oleh Balai TNKM. Salah satunya ialah patroli rutin yang dilaksanakan di Resort Sungai Tubu pada Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah 2 Long Alango.

Patroli berlangsung selama 6 hari dengan rute sejauh 20 kilometer. Di area tersebut tim patroli melewati zona khusus dan zona adat wilayah Rian Tubu hingga Long Titi, dengan ketinggian 100 sampai 1.200 Meter datas permukaan laut atau MDPL. Patroli Polisi Hutan (Polhut) dari BTNKM ini juga melibatkan 4 orang masyarakat adat setempat yang diberdayakan sebagai Masyarakat Mitra Polhut (MMP).  Dengan demikian, output yang diharapkan yakni adanya penguatan perlindungan dan pengamanan hutan dengan skema pengelolaan kawasan konservasi secara kolaboratif. “Yakni antara BTNKM dengan masyarakat adat,” ungkapnya.

Sementara ditambahkan Kepala SPTN Wilayah 2 Long Alango Tamsil, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengelolaan secara kolaboratif yang tengah digodok oleh pihaknya dalam sistem pengelolaan kawasan konservasi. Di mana terdapat kesepahaman antara masyarakat adat setempat dengan Balai TNKM tentang upaya-upaya menjaga ekosistem hutan beserta isinya, agar dapat dimanfaatkan dengan bijaksana. Sehingga tidak hanya pemerintah atau Balai TNKM yang bertanggung jawab dalam perlindungan dan pengaman hutan. “Dengan sadarnya, di masyarakat adat pun tanggung jawab itu terus tumbuh dan berkembang,” ujarnya

“Banyak potensi yang dijumpai selama patroli berlangsung, salah satunya ialah pohon ulin dengan diameter hingga 1 meter yang berbuah sepanjang tahun. Selain itu, potensi wisata air terjun yang mencapai ketinggian 12 meter dan arung jeram yang menguji adrenalin yang hingga kini kondisinya masih terjaga alami,” pungkasnya.(ida/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

5 (Lima) Raperda di sah kan

5 (Lima) Raperda di sah kan

Rabu, 15 Agustus 2018

Malinau - Rapat Paripurna ke – 4 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Malinau Masa Sidang II Tahun 2018 dengan acara Persetujuan dan Penetapan DPRD Kabupaten Malinau terhadap 5 (Lima) Raperda menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kebupaten Malinau

Berita Foto Index

Pesta Budaya 2018

Pesta Budaya 2018

Minggu, 23 September 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya