img
img

Berita Warga

Rabu, 28 Maret 2018 | Oleh: HMS04

Dianggap Membahayakan, Satlantas Tilang 26 Pelanggar

Dianggap Membahayakan, Satlantas Tilang 26 Pelanggar

PROKAL.CO, MALINAU – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Malinau hingga hari ke-18 Operasi Keselamatan pada hari Kamis (20/3), sudah memberikan 624 teguran dan tindakan. Teguran tertulis sebanyak 598 dan surat bukti pelanggaran (tilang) sebanyak 26 surat.

“Ini sudah melebihi target, karena kami diberikan target 600. Untuk tahun kemarin, nol tilang. Tahun ini kami sudah melaksanakan tilang karena 26 tilang,” ujar Kapolres Malinau AKBP Bestari H. Harahap, SIK, MT melalui Kasatlantas Polres Malinau Iptu Yudi Pribadi, SH saat ditanya pewarta terkait pelaksanaan Operasi Keselamatan hingga hari ke-19 di ruang kerjanya, Jumat (23/3).

Dijelaskan Iptu Yudi, mereka mengeluarkan surat tilang kepada 26 pelanggar itu karena pihaknya menilai pelanggar itu sangat membahayakan diri sendiri maupun orang lain saat berkendara. “Kebanyakan melawan arus maupun berboncengan tiga. Kami tindak karena sangat fatal dan rawan kecelakaan lalu lintas (lakalantas),” katanya.

Kalau masih pelanggaran ringan, lanjutnya, pihaknya dalam Operasi Keselamatan yang dulunya bernama Operasi Simpatik ini, tentunya hanya memberi teguran. Karena sesuai dengan ketentuan, Operasi Keselamatan mengutamakan tindakan preemtif dan preventif sebanyak 80 persen. Sedangkan represif sebanyak 20 persen dan itu pun kalau pengendara sudah dianggap sangat membahayakan orang lain dan dirinya sendiri.

“Dengan sandi Operasi Keselamatan ini kan lebih mengena untuk menurunkan kejadian lakalantas. Makanya operasi ini memang lebih difokuskan preemtif maupun preventif. Kita memberikan penyuluhan dan sosialiasi ke komunitas-komunitas masyarakat, baik secara langsung maupun lewat media cetak maupun elektronik,” ucap perwira pertama Kepolisian Republik Indonesia (Polri) i ni.

Untuk pelanggaran dalam Operasi Keselamatan ini, sebut Yudi lagi, kebanyakan tidak menggunakan helm dan juga anak-anak di bawah umur yang mengendarai kendaraan. “Kebanyakan tidak menggunakan helm dan kemudian anak-anak di bawah umur,” ungkapnya. (ags/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

5 (Lima) Raperda di sah kan

5 (Lima) Raperda di sah kan

Rabu, 15 Agustus 2018

Malinau - Rapat Paripurna ke – 4 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Malinau Masa Sidang II Tahun 2018 dengan acara Persetujuan dan Penetapan DPRD Kabupaten Malinau terhadap 5 (Lima) Raperda menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kebupaten Malinau

Berita Foto Index

Mars Korpri

Mars Korpri

Rabu, 21 Februari 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya