img
img

Wisata & Budaya

Kamis, 15 Maret 2018 | Oleh: hms04

Lakukan Langkah Strategis Kembangkan Pariwisata

Lakukan Langkah Strategis Kembangkan Pariwisata DESTINASI WISATA: Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si saat ikut menari bersama para mahasiswa-mahasiswi University of Exeter dari Inggris yang berkunjung ke Malinau tahun 2017 lalu. DOKUMEN/RADAR TARAKAN

PROKAL.CO, MALINAU – Pengembangan pariwisata sebagai tujuan wisata nasional dan internasional merupakan salah satu dari empat komitmen daerah. Untuk itu, di tahun 2017, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau telah melakukan beberapa langkah strategis untuk mencapainya.

“Dalam rangka mewujudkan secara nyata pengembangan pariwisata daerah, Pemkab Malinau telah melakukan langkah-langkah strategis. Antara lain, melaksanakan program pengembangan destinasi pariwisata,” ujar Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si menjelaskan terkait capaian pengembangan pariwisata di tahun 2017 saat menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Malinau Tahun Anggaran (TA) 2017 di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malinau beberapa waktu lalu.

Langkah strategis tersebut, dikatakan Bupati, yaitu penetapan desa-desa wisata, Desa Wisata Setulang, Desa Wisata Apau Ping, Desa Wisata Long Alango, Desa Wisata Pulau Sapi dan Desa Wisata Budaya Serindit Malinau Seberang. Desa-desa wisata tersebut, menurutnya, saat ini telah banyak membawa kemajuan bagi dunia wisata Kabupaten Malinau dari waktu ke waktu dan bukan hanya dalam skala nasional, tetapi hingga skala internasional.

Hal ini, sebut Yansen yang saat ini menjabat sebagai Bupati Malinau pada periode kedua, dapat dibuktikan pada tahun 2017 yang lalu, Desa Wisata Setulang telah dikunjungi oleh kurang lebih 52 orang mahasiswa dari University of Exeter dari Inggris dan juga beberapa daerah yang dikunjungi wisatawan. Ini, lanjutnya, mengindikasikan bahwa sesungguhnya objek wisata di Kabupaten Malinau mempunyai keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif jika dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya di Pulau Kalimantan bahkan di Indonesia.

Ke depan, lanjutnya lagi, pemerintah daerah akan terus melengkapi berbagai sarana dan prasarana desa wisata, serta menyiapkan berbagai event seni budaya dan pariwisata di lima desa wisata tersebut dalam rangka menarik minat para wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke Bumi Intimung.

“Selain itu membentuk desa wisata, pemerintah daerah juga melakukan penataan terhadap objek wisata air panas Semolon di Kecamatan Mentarang. Berbagai langkah strategis tersebut merupakan upaya nyata dari pemerintah daerah dalam mempercepat terwujudnya pengembangan pariwisata daerah sesuai dengan kondisi dan kemampuan keuangan daerah,” ungkapnya. (ags/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

5 (Lima) Raperda di sah kan

5 (Lima) Raperda di sah kan

Rabu, 15 Agustus 2018

Malinau - Rapat Paripurna ke – 4 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Malinau Masa Sidang II Tahun 2018 dengan acara Persetujuan dan Penetapan DPRD Kabupaten Malinau terhadap 5 (Lima) Raperda menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kebupaten Malinau

Berita Foto Index

Pesta Budaya 2018

Pesta Budaya 2018

Minggu, 23 September 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya