img
img

Berita Warga

Selasa, 13 Maret 2018 | Oleh: HMS04

Sembako dan BBM Langka, Pemkab Bantu Ongkos Angkut

Sembako dan BBM Langka, Pemkab Bantu Ongkos Angkut DIBANTU PEMKAB: Pesawat Mission Aviation Fellowship (MAF) saat memuat sembako dan BBM untuk diangkut ke Desa Long Sule dan Long Pipa, Kecamatan Kayan Hilir, di Bandara Kolonel RA Bessing Malinau, Kamis (8/3). Pemkab Malinau

PROKAL.CO, MALINAU – Merespons laporan masyarakat Desa Long Sule dan Long Pipa, Kecamatan Kayan Hilir, terkait kelangkaan sembilan bahan pokok (sembako) dan bahan bakar minyak (BBM), Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si memerintahkan stafnya untuk segera membantu masyarakat di dua desa tersebut dengan membantu ongkos angkutan penerbangan untuk mengangkut sembako dan BBM.

“Mulai hari ini dilaksanakan kegiatan pengangkutan sembako maupun BBM ke Long Sule dan Long Pipa itu dikarenakan terjadi kelangkaan di sana,” ujar Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi, Sekretariat Kabupaten (Setkab) Malinau, Yuli Triana, S.Sos, M.Si saat ditemui Radar Tarakan usai melihat langsung pemberangkatan penerbangan yang mengangkut sembako dan BBM ke Long Sule dan Long Pipa di Bandara Kolonel RA Bessing Malinau kemarin (8/3).

Dijelaskan Yuli Triana, kelangkaan tersebut terjadi karena jalur distribusi sembako dan BBM masyarakat di dua desa tersebut mengalami kerusakan jalan, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan darat. Sedangkan akses lainnya hanya bisa ditempuh melalui jalur udara. “Biasanya melalui Muara Wahau (Kutai Timur), tapi karena ada titik-titik yang longsor, sehingga jalur distribusi tidak bisa dilewati, dan akibatnya terjadi kelangkaan sembako dan BBM,” katanya.

Permasalahan itu, kata mantan Kabag Tata Pemerintahan Setkab Malinau ini, sudah sampai ke telinga Bupati Malinau, dan pihaknya telah diperintahkan Bupati agar secepatnya untuk melakukan pendistribusian barang-barang yang sangat dibutuhkan warga setempat.

“Nah itulah pada hari ini, MAF (pesawat Mission Aviation Fellowship) bisa mengangkut ke daerah itu. Rate pertama kami distribusikan solar, gula, kopi, minyak makan, dan pada rate kedua akan diangkut bensin,” sebutnya.

Pemkab Malinau menyediakan lima rate penerbangan dan biaya angkutnya dibiayai oleh Pemkab Malinau. Barang seperti sembako dan BBM ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan membeli barang kebutuhan masyarakat tersebut di ibu kota Kabupaten Malinau dan menjualnya di Long Sule dan Long Pipa.

Yuli mengingatkan kepada pihak BUMDes di dua desa tersebut agar benar-benar memperhitungkan harga penjualan dan harus menjual margin harga yang minimal, karena sudah dibantu pemerintah ongkos angkutnya  dari Malinau ke Long Sule.  “Ini bukan Subsidi Ongkos Angkut (SOA). Ini free, pemerintah menyediakan penerbangan yang gratis untuk menghadapi masalah yang dialami oleh masyarakat  di sana,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Petrus, Koordinator Perwakilan Kecamatan Kayan Hilir Desa Long Sule dan Long Pipa, mengatakan saat ini kondisi masyarakat di Long Sule dan Long Pipa terkendala masalah transportasi, yaitu akses jalan darat untuk distribusi barang dari Kecamatan Wahau yang mengalami kerusakan, sehingga sembako dan BBM sulit diangkut.

“Masyarakat di sana sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah untuk menangani ini, karena dalam bulan dua (Februari) lalu memang mengalami kelangkaan BBM dan sembako. Sehingga dalam hal ini masyarakat dan kegiatan gereja memohon kepada pemerintah daerah untuk membantu, dalam hal ini dari Bapak Bupati Malinau,” tuturnya.

Atas respons cepat dari Bupati Malinau, dirinya atas nama pribadi dan masyarakat Desa Long Sule dan Long Pipa menyampaikan ucapan banyak terima kasih kepada Bupati yang telah meringankan beban hidup mereka dengan memberikan bantuan biaya angkutan BBM dan sembako. “Tentu dengan adanya bantuan ini, masyarakat sangat terbantu dengan harga jual yang kurang lebih dan mendekati dengan harga Malinau (ibu kota kabupaten). Harapan kami, mudah-mudahan juga Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dengan segera bisa melaksanakan SOA, karena itu sangat diharapkan masyarakat perbatasan,” ucap Petrus. (ags/ash)

Baca Juga

Berita Utama Index

Fokuskan Perjalanan Ibadah Pada Iman Kita

Fokuskan Perjalanan Ibadah Pada Iman Kita

Kamis, 19 April 2018

Malinau-, Bupati Malinau DR. Yansen TP, M.Si memberikan arahan kepada Tim perjalanan ibadah ke Yerusalem di Ruang Intulun, Selasa (17/4).Dalam arahannya bupati Yansen menggaris bawahi bahwa perjalanan ibadah ke Yerusalem ini adalah sebagai salah satu

Berita Foto Index

Mars Korpri

Mars Korpri

Rabu, 21 Februari 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya
[WIDGET KOMINFO] 20 Apr 2018 13:22 - ARTIKEL GPR - Program PTSL Pastikan Penyelesaian Sertifikasi Lahan Akan Sesuai Target | 18 Apr 2018 17:16 - ARTIKEL GPR - Pemerintah Revisi Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2018 | 11 Apr 2018 17:54 - ARTIKEL GPR - Membidik Prestasi Melalui Partisipasi | 11 Apr 2018 14:00 - ARTIKEL GPR - Industri Patin Indonesia Rebut Pasar Global | 05 Apr 2018 11:20 - ARTIKEL GPR - Strategi Baru Pemerintah Datangkan 17 Juta Wisman dan 275 Juta Wisnus di Tahun 2018