img
img

Pendidikan

Kamis, 22 Februari 2018 | Oleh: HMS04

Pelatihan K3 di Sekolah Disambut Positif

Pelatihan K3 di Sekolah Disambut Positif DILATIH: Sejumlah pelajar SMP sedang mempraktikkan proses evakuasi dan penyelamatan dalam pelatihan kegiatan Bulan K3 Nasional 2018, beberapa hari lalu. ISTIMEWA

PROKAL.CO, MALINAU-Digelarnya sejumlah kegiatan dalam rangkaian kegiatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2018 oleh salah satu perusahaan tambang batubara yang beroperasi di Malinau, memiliki kesan tersendiri bagi pesertanya. Bahkan apresiasi positif pun diberikan oleh Kepala Sekolah SMPN 1 Malinau Selatan, Daud Impung, yang ikut memberikan sambutan kala upacara penutupan bulan K3 Nasional di sekolahnya tersebut.

Dikatakan Daud Impung, adanya kegiatan pelatihan yang melibatkan sejumlah pelajar SMP dan lainnya ini memberikan nilai tambah bagi siswa dan sekolah. Bagi pelajar, mendapatkan ilmu tentang tatacara menyelamatkan rekan kerja yang selama ini tidak diajarkan di sekolah. Sedangkan bagi sekolah, sangat membantu dalam kegiatan ekstrakurikuler siswa. Karena itu, Daud Impung berharap agar kerja sama dan pelatihan ini terus dilakukan secara berkelanjutan. “Setidaknya, kegiatan bulan K3 Nasional ini menjadi sarana peningkatan skill siswa juga menjadi modal dalam keberhasilan program sekolah sehat yang terjalin kerja samanya dengan pihak perusahaan,” jelas Daud Impung.

Tidak hanya kegiatan Bulan K3 saja. Tetapi para siswa juga mendapatkan materi penyuluhan dan sosialisasi tentang bahaya penyakit HIV/AIDS dari pihak perusahaan tambang yang bekerja sama dengan Puskesmas Long Loreh yang dilakukan di SMAN  5 Malinau. Materi sosialisasi disampaikan oleh dr Selfi dan dr Noni dari Puskesmas Long Loreh dengan peserta dari seluruh siswa dan guru ini, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang pengetahuan, serta dampak bahayanya HIV/AIDS. Terlebih pada level usia tingkat pelajar yang dalam masa pertumbuhan dan lebih rentan dengan dunia pergaulan bebas. “Dengan adanya, sosialisasi dan penyuluhan tentang bahaya HIV/AIDS seperti ini, kami sangat mengharapkan agar para siswa benar-benar sadar dan tidak akan coba-coba dalam dunia pergaulan bebas itu,” tutur Daud Impung.

Selain itu, masih dikatakan Daud, ada senam sehat bersama masyarakat yang dilakukan pada 9 Februari mendatang bekerja sama dengan Pemerintah Desa Long Loreh. Kegiatan ini selain menjadi agenda dalam rangkaian Bulan K3 juga menjadi program dari Kepala Desa Long Loreh, Mina Lawai  yang rutin digelar senam pagi setiap Selasa, Jumat dan Minggu bersama masyarakat Long Loreh.

“Jadi, tidak hanya siswa dan masyarakat saja yang ikut. Tetapi juga karyawan persahaan tambang batu bara nampak antusias hingga memenuhi lapangan Malinau Selatan, sejak pagi sebelum pelaksanaan senam yang dimulai. Selain menjadi sarana peningkatan skill siswa juga menjadi modal dalam keberhasilan program Sekolah Sehat yang terjalin kerja samanya dengan PT MA-BDMS serta perusahaan tambang lainnya dan terus dilakukan secara intensif setiap tahunnya,” tuturnya.(ida/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

5 (Lima) Raperda di sah kan

5 (Lima) Raperda di sah kan

Rabu, 15 Agustus 2018

Malinau - Rapat Paripurna ke – 4 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Malinau Masa Sidang II Tahun 2018 dengan acara Persetujuan dan Penetapan DPRD Kabupaten Malinau terhadap 5 (Lima) Raperda menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kebupaten Malinau

Berita Foto Index

Pesta Budaya 2018

Pesta Budaya 2018

Minggu, 23 September 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya