img
img

Pendidikan

Jum'at, 09 Februari 2018 | Oleh: hms04

Guru Harus Paham RT Bersih

Guru Harus Paham RT Bersih PELOPOR KEBERSIHAN: Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si saat mengunjungi SMA Negeri 4 Malinau, Rabu (7/2). Dalam kesempatan itu, Bupati juga melihat simulasi untuk Ujian Nasional yang dilaksanakan di SMA Negeri 4. AGUSSALAM SANIP/RADAR TARAKAN

PROKAL.CO, MALINAU – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Malinau, Rabu (7/2) disambangi Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si. Kunjungannya bertujuan untuk membentuk perilaku dan kepribadian rapi, tertib, bersih, sehat, indah dan harmonis (RT Bersih) bagi guru dan terlebih khusus bagi pelajar.

Dalam kesempatan itu, kepada guru-guru, Bupati menitipkan para pelajar, agar para pelajar dibentuk karakter budaya RT Bersih, sehingga tertanam di dalam perilaku dan kepribadianya menjalankan hidup sehari-hari. “Yang kita mau itu perilaku bersihnya pelajar itu mulai dari sekolah dan dari rumah. Jadi bagaimana menanamkan itu,” ujar Bupati kepada para guru di SMA Negeri 4 Malinau, Rabu (7/2).

Untuk membentuk karakter pelajar tersebut, lanjutnya, mulai dari sekarang Camat harus aktif ke sekolah-sekolah memberi pemahaman kepada guru-guru tentang RT Bersih.  “Tolong program RT Bersih itu harus dipahami di jajaran guru-guru. Karena RT Bersih itu lingkup hidup kita,” perintahnya kepada Camat Mentarang yang turut mendampinginya ke SMA Negeri 4.

Untuk membangun budaya atau kepribadian anak-anak terkait RT Bersih ini, bisa saja sekolah dalam setiap harinya memprogramkan kegiatan bersih-bersih lingkungan sekolah, seperti halnya program yang ingin ia tanamkan pada setiap lingkungan RT di rumah-rumah warga, yaitu sepuluh menit bersih.

“Nah, kalau di sekolah ini ada punya program, tidak usah sepuluh menit, satu menit saja dan satu pelajar bisa memungut sampah minimal tiga, coba bayangkan ratusan pelajar kalikan tiga sampah, maka banyak yang didapat,” cetusnya.

Dari hal itu, lanjutnya lagi, maka akan terbentuk perilaku dan keperibadian para pelajar, sehingga sampai kapan pun akan melekat dalam diri pelajar tentang pentingnya itu bersih. “Tujuan saya ke sini, saya ingin sekolah ini, anak-anaknya dibentuk perilaku dan kepribadian RT Bersih. Saya harapkan itu bisa diwujudkan. Ada semacam komitmen sekolah ini menjadi sponsor keberhasilan RT Bersih di setiap anak-anak,” harapnya. (ags/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

PEMBUKAAN REKONSILIASI DAN BIMTEK AKUNTASI DILINGKUNGAN PEMKAB MALINAU TAHUN 2018

PEMBUKAAN REKONSILIASI DAN BIMTEK AKUNTASI DILINGKUNGAN PEMKAB MALINAU TAHUN 2018

Selasa, 04 Desember 2018

Malinau - 3 Desember 2018 Sekretaris Daerah Malinau Drs,Hendris Damus M.Si membuka Rekonsiliasi belanja dan kas per nopember serta bimtek akuntansi ( SIMDA ) terkait penyusunan LKPD bagi seluruh OPD dilingkungan pemerintah Kabupaten Malinau tahun 2018.

Berita Foto Index

Pesta Budaya 2018

Pesta Budaya 2018

Minggu, 23 September 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya