img
img

Wisata & Budaya

Senin, 29 Januari 2018 | Oleh: HMS04

Mentarang Hulu Akan Dijadikan Destinasi Wisata

Mentarang Hulu Akan Dijadikan Destinasi Wisata KEREN: Usai melaksanakan acara Perjalanan Ibadah Natal tahun 2017, Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si (baju merah) bersama Ketua DPRD Malinau Wempi Mawa SE, serta para pendeta dan masyarakat sekitar menyempatkan diri menikmati air terjun di hulu Desa Lung Simau, Desember 2017 lalu. AGUSSALAM SANIP/RADAR TARAKAN

PROKAL.CO, MALINAU – Indah dan masih alaminya alam di Kecamatan Mentarang Hulu membuat takjub orang yang berkunjung ke sana. Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si berharap Mentarang Hulu bisa dijadikan destinasi wisata alam. Harapan Bupati tersebut disampaikan pada acara pertemuan dengan aparat kecamatan, desa dan tokoh masyarakat Kecamatan Mentarang Hulu di rumah jabatan Camat Mentarang Hulu, di Desa Lung Barang pertengahan bulan lalu.

“Di daerah lain sudah banyak destinasi wisata, tapi wisata pantai dan laut. Seperti di Bali, Papua dengan Raja Ampat-nya dan Berau dengan Pulau Derawan-nya. Nah di Mentarang Hulu ini cocok dijadikan destinasi wisata lingkungan atau alam,” ujar Yansen TP kepada peserta pertemuan yang hadir.

Untuk mewujudkan itu, Bupati memotivasi warga desa se-Mentarang Hulu agar bisa membuat yang terbaik dan bisa menjadi contoh bagi desa dan kecamatan lainnya di Malinau. “Saya harapkan desa-desa di Mentarang Hulu ini menjadi teladan bagi desa lainnya serta orang banyak. Kecamatan Mentarang ini harus berkembang dan jangan kalah seperti kecamatan yang lain,” tegasnya seraya berkata apalagi saat ini Ibu Kota Mentarang Hulu sudah memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Komunal, sehingga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui bidang pariwisata.

Bupati pun menantang masyarakat Mentarang Hulu untuk menjadikan Mentarang Hulu sebagai destinasi wisata alam. “Kalau kalian sanggup, tahun depan Mentarang Hulu ditetapkan menjadi destinasi wisata alam,” tantangnya.

Aparat desa, kecamatan dan warga pun menyanggupinya dengan kata siap untuk melaksanakannya. “Kan bisa wisata memancing, menyelam cari ikan, arung jeram, budaya dan lain sebagainya. Nah ini harus dibuat seunik mungkin. Kuliner khas Mentarang Hulu juga harus ditampilkan dan disajikan kepada wisatawan, karena ini akan menjadi daya tarik tersendiri,” tutur Yansen.

Untuk diketahui, sepanjang Sungai Mentarang dari Kecamatan Mentarang sampai Kecamatan Mentarang Hulu masih banyak ikan-ikan besar yang beratnya hingga lima kilogram lebih dan apabila air tidak terlalu tinggi masyarakat bisa menyelam dan menangkap ikan menggunakan alat tradisional, hal itu menjadi daya tarik tersendiri.

Di beberapa desa di Mentarang Hulu, juga ada menyimpan kekayaan alam berupa air terjun yang belum tereksplor dan masih alami. Dan yang tak kalah serunya, untuk menuju Kecamatan Menatarang Hulu menggunakan perahu dengan mesin tempel (long boat), maka Anda akan melewati jeram atau biasa disebut masyarakat sekitar giram yang tentunya akan memacu adrenalin.

Demi menjaga lingkungan di sepanjang sungai tersebut, Bupati berencana akan membuat Peraturan Bupati (Perbup) agar masyarakat tidak menebang pohon dan berladang di pinggir sungai. Perbup itu termasuk larangan untuk meracun ikan atau menyetrum ikan bagi siapapun di kawasan perairan Sungai Mentarang.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Kepala Adat dan Asisten II Setkab Malinau terkait rencana membuat Perbup larangan menebang kayu di sepanjang pinggiran sungai. Siapapun dan apapun jabatannya kalau melanggar ditindak tegas, kalau perlu dihukum adat,” tegas Bupati Malinau periode tahun 2011-2016 dan 2016-2021 ini. (ags/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

PEMBUKAAN REKONSILIASI DAN BIMTEK AKUNTASI DILINGKUNGAN PEMKAB MALINAU TAHUN 2018

PEMBUKAAN REKONSILIASI DAN BIMTEK AKUNTASI DILINGKUNGAN PEMKAB MALINAU TAHUN 2018

Selasa, 04 Desember 2018

Malinau - 3 Desember 2018 Sekretaris Daerah Malinau Drs,Hendris Damus M.Si membuka Rekonsiliasi belanja dan kas per nopember serta bimtek akuntansi ( SIMDA ) terkait penyusunan LKPD bagi seluruh OPD dilingkungan pemerintah Kabupaten Malinau tahun 2018.

Berita Foto Index

Pesta Budaya 2018

Pesta Budaya 2018

Minggu, 23 September 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya