img
img

Pendidikan

Senin, 29 Januari 2018 | Oleh: HMS04

UBT Sosialisasi SNMPTN ke Sekolah di Daerah

UBT Sosialisasi SNMPTN ke Sekolah di Daerah SOSIALISASIKAN SNMPTN: Pelaksanaan sosialisasi SNMPTN di SMAN 1 Malinau. WIDAYAT/RADAR TARAKAN

PROKAL.CO, MALINAU - Guna menjaring minat para lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) baik negeri maupun swasta untuk masuk dan mengikuti Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Universitas Borneo Tarakan (UBT) melakukan sosialisasi penerimaan calon mahasiswa baru di awal Tahun 2018 ini. Kegiatan yang dilakukan untuk penerimaan mahasiswa baru ini dipusatkan di SMA Negeri 1 Malinau. Dihadiri Kepala Bidang Pendidikan dan Tenaga Pendidik Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau FX Brata Puji Susila M.Pd dan Kepala  SMA Negeri 1 Malinau Francis S.Pd, M.Pd serta ratusan siswa dari berbagai sekolah.

Armansyah S.Pi, M.Si selaku tim sosialisasi SNMPTN dari UBT usai melakukan sosialisasi mengungkapkan, kegiatan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru yang disebut SNMPTN menjadi syarat masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia. Hal ini  diamanatkan dalam Peraturan Menteri Riset dan Teknologi untuk melakukan sosialisasi ke seluruh khalayak dan terbuka untuk umum.

Sasarannya adalah siswa-siswi yang saat ini masih duduk di kelas XII atau kelas III SMA/SMK dan yang sederajat. Mereka diberikan informasi tentang cara masuk PTM seluruh Indonesia. “Yang masuk dalam list itu ada 85 universitas negeri yang bisa diikuti oleh siswa-siswi di seluruh Indonesia melalui jalur SNMPTN,” sebut Armansyah usai sosialisasi SNMPTN di SMAN 1 Malinau kemarin.  

Terkait dengan persyaratan, Armansyah menyebutkan, digunakan dari nilai raport siswa dari semester 1 sampai 5. Karena itu, kunci utamanya adalah pangkal data, namun di sekolah-sekolah sudah ada operatornya. “Sosialisasi ini dalam upaya mengingatkan kembali para operator siswa-siswi untuk menginput data di sekolah masing masing,” imbuh mantan Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Malinau ini. 

Dijelaskan, karena UBT ini satu -satunya perguruan tinggi yang ada di wilayah Provinsi Kaltara maka keberadaannya wajib memberikan informasi SNMPTN ke seluruh daerah di wilayah Kaltara. Bahkan seperti Sebatik dan Bunyu juga mendapatkan prioritas, mengingat daerah perbatasan, termasuk Apau Kayan juga dijadikan sasaran prioritas utama program sosialiasi SNMPTN ini. “Namun karena masih terkendala transportasi, maka di lain waktu tim sosialisasi ini akan ke sana (wilayah Apau Kayan) untuk melakukan sosialisasi sampai ke perbatasan,” ujar mantan Kabag Humas dan protokol Setkab Malinau ini.

Dijelaskan Armansyah, dalam program SNMPTN ini tidak ada diskriminasi. Artinya, siapa pun punya kesempatan yang sama untuk kuliah di mana saja.  Namun demikian, diakui Armasnyah memang ada pembagian wilayah satu dan tiga. UBT ini wilayah 3, dalam arti ketika mereka memilih perguruan tinggi contohnya Universitas Indonesia (UI) maka dia tidak ada pilihan kedua. “Artinya, tetap yakin kuliah di universitas itu tetapi jika dia masuk ke wilayah 3 ke Universitas Brawijaya Malang maka dia satu kewajiban memilih perguruan tinggi yang ada di provinsinya. Dalam hal ini UBT yang punya 19 prodi dari 7 fakultas. Ada pilihannya dan kita sampaikan dalam sosialisasi ini,” beber mantan Camat Malinau Utara ini.

Karena itu, atas nama UBT Armansyah berharap kepada seluruh siswa SMA yang sebentar lagi akan ujian, untuk fokus dengan waktu yang tersisa agar waktu di detik-detik masuk ke perguruan tinggi ini dapat mencari informasi tentang masuk perguruan tinggi di Indonesia. Kemudian manfaatkan teknologi HP android untuk mencari informasi cara masuk perguruan tinggi terutama melalui jalur SMPTN. “Universitas Borneo ini universitas satu-satunya di Kaltara jadi alternatif pilihan yang ingin melakukan perkuliahan negeri. Universitas Borneo saya pikir satu tempat alternatif untuk berkuliah,” tukasnya.(ida/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

5 (Lima) Raperda di sah kan

5 (Lima) Raperda di sah kan

Rabu, 15 Agustus 2018

Malinau - Rapat Paripurna ke – 4 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Malinau Masa Sidang II Tahun 2018 dengan acara Persetujuan dan Penetapan DPRD Kabupaten Malinau terhadap 5 (Lima) Raperda menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kebupaten Malinau

Berita Foto Index

Mars Korpri

Mars Korpri

Rabu, 21 Februari 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya