img
img

Pemerintahan

Jum'at, 12 Januari 2018 | Oleh: HMS04

PLTS Long Berang Siap Beroperasi

PLTS Long Berang Siap Beroperasi ILUSTRASI

MALINAU - Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Komunal Long Berang tak lama lagi akan segera beroperasi. Pemkab Malinau telah mengagendakan peresmian salah satu PLTS komunal tersebut pada 18 Januari ini. Peresmian rencananya dilakukan oleh Bupati Yansen TP.
“Sudah siap pakai, tinggal diresmikan oleh Pak Bupati,” ungkap Tomy Labo, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pemukiman Rakyat, mantan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi yang sebelumnya menangani pembangunan PLTS.
PLTS Long Berang berada di Desa Long Berang Kecamatan Mentarang Hulu. Dibangun sebagai kegiatan dari Kementerian ESDM pada tahun lalu.
PLTS Long Berang merupakan PLTS komunal dengan kapasitas sebesar 58 kVA. Daya sebesar ini akan mampu memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di desa yang ada di pedalaman Mentarang Hulu tersebut.
Menurut Tomi, selain di Long Berang, PLTS serupa sudah dibangun di sejumlah desa yang ada di pedalaman dan perbatasan. Sejumlah desa di wilayah Apau Kayan dan wilayah Kecamatan Sungai Tubu. Antara lain yang di Desa Long Pada yang sudah beroperasi sejak beberapa tahun lalu dan sekarang dikelola oleh pemerintah desa dengan melibatkan masyarakat. Mulai dari pemeliharaan sampai dengan penarikan iuran untuk pemeliharaan.
Pembangunan PLTS menjadi alternatif untuk pemenuhan kebutuhan sumber listrik khususnya bagi desa-desa di wilayah pedalaman perbatasan yang belum terjangkau oleh listrik PLN. (wh/Koran Kaltara)

Baca Juga

Berita Utama Index

Aco Lundayeh Siap Dilaksanakan !

Aco Lundayeh Siap Dilaksanakan !

Kamis, 28 Juni 2018

Malinau-Perhelatan Aco Lundayeh tinggal menghitung hari. Acara yang menampilkan seni budaya ini akan dihadiri etnis Lundayeh sedunia yang dilaksanakan bulan Juli nanti. Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persekutuan Dayak Lundayeh (PDL) Dr. Yansen

Berita Foto Index

Mars Korpri

Mars Korpri

Rabu, 21 Februari 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya