img
img

Pemerintahan

Rabu, 10 Januari 2018 | Oleh: HMS04

Lima Target Daerah Harus Terwujud

Lima Target Daerah Harus Terwujud JADI INSTRUKTUR: Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si turut serta dalam kegiatan olahraga senam pagi yang dilaksanakan setiap hari Jumat oleh Pemkab Malinau di halaman Kantor Bupati Malinau. Tampak Bupati (baju merah putih) menjadi instruktur senam pada senam pagi yang digelar Jumat (5/1) lalu. AGUSSALAM SANIP/RADAR TARAKAN

PROKAL.CO, MALINAU - Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si mengatakan bahwa ada lima target daerah yang harus dilaksanakan dan diwujudkan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersama masyarakat.

Lima target itu adalah, yang pertama, pemerintahan desa harus mampu mengelola kepentingan rakyat, kemudian yang kedua kreativitas, yang ketiga menjaga, memelihara, dan membangun kondusifitas, dan keempat yaitu membangun nilai kebangsaan serta kelima adalah sehat.

“Ada lima target daerah. Yang pertama bagaimana pemerintahan desa itu mampu menjadi penyelenggara kepentingan rakyat. Artinya, penyelenggaraan pemerintahan desa itu sudah berjalan normal, sempurna dan wajar. Wajar itu ya artinya sewajarnya pelaksanaan pemerintahan. Bisa kerja sesuai tugas dan fungsinya. Itu yang kita targetkan tahun 2018 harus terwujud,” ujar Yansen TP kepada Radar Tarakan, saat meninjau salah satu sekolah di Malinau Kota, Jumat (5/1) lalu.

Semua orientasi OPD, menurutnya harus mengarah pada lima target tersebut. Termasuk bagaimana mendorong agar pemerintahan desa mampu menjalankan tugas pemerintahan dengan baik. “Apa dia?, ya tentang bagaimana perencanaan, pengendalian, pelaksanaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengorganisasian pemerintahan desa,” paparnya.

Sementara itu, semua OPD juga dituntut untuk kreatif agar tidak monoton hanya menggugurkan tanggung jawab tugas saja. Nilai kebangsaan juga wajib ditanamkan untuk harmonisasi daerah, karena Malinau memiliki beragam suku, agama dan latar belakang dan hal itu tentunya akan berimbas pada kondusifitas daerah yang akan terus terjaga dengan baik.

Untuk menjalankan pemerintahan dan pembangunan dengan baik, tentunya juga, tegas Bupati, ASN dan masyarakat harus sehat. “Kalau kita sehat kan semua bisa kerja. Sehat itu tidak hanya fisik, pikiran juga sehat, hati sehat juga,” ungkapnya.

Ramah kepada orang lain menurutnya juga merupakan bagian dari sehat. Diakuinya, memang sederhana ajaran ramah tersebut, tapi jarang ada yang mempraktikannya dan kebanyakan hanya ngomong saja, tetapi membuktikan bahwa ramah pada orang susah.

“Ketemu orang di pasar salam, kemana-mana kita senyum, nah itu kan sehat. Jangan kita menciptakan situasi seolah-olah kita ini tidak kenal walaupun memang tidak kenal. Dalam lingkup Malinau ya harus ada merasa saling mengenal,” pungkasnya. (ags/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

Aco Lundayeh Siap Dilaksanakan !

Aco Lundayeh Siap Dilaksanakan !

Kamis, 28 Juni 2018

Malinau-Perhelatan Aco Lundayeh tinggal menghitung hari. Acara yang menampilkan seni budaya ini akan dihadiri etnis Lundayeh sedunia yang dilaksanakan bulan Juli nanti. Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persekutuan Dayak Lundayeh (PDL) Dr. Yansen

Berita Foto Index

Mars Korpri

Mars Korpri

Rabu, 21 Februari 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya