img
img

Pertanian

Selasa, 02 Januari 2018 | Oleh: hms04

MCAI Bangun Energi Tenaga Matahari

MCAI Bangun Energi Tenaga Matahari TINJAU SAWAH: Direktur MCAI Dr. Tri Nugroho saat meninjau sawah masyarakat di sekitar Embung Geomembran, Tanjung Lapang.

PROKAL.CO, MALINAU - Di dalam program di Kabupaten Malinau,  Millennium Challenge Account - Indonesia (MCAI) punya tiga kegiatan. Pertama kata Direktur MCAI Dr. Tri Nugroho,  pertanian yang dikembangkan oleh Institute for Promoting Sustainable Livelihood Approach (Inprosula) bersama beberapa lembaga lain. Yakni  lembaga pemberdayaan partisipasi pembangunan masyarakat desa (LP3MD), pusat pelatihan pertanian dan pedesaan swadaya (P4S) Kabupaten Malinau, dan lainnya yang bertemakan tentang pengembangan pertanian terpadu secara produktif dan berkelanjutan di kawasan hutan.

Kemudian, sambung Direktur MCAI Dr. Tri Nugroho , yang kedua hibah pengelolaan sumber daya berkelanjutan dengan tema yang sangat menarik. Yaitu pembangunan energi baru terbarukan berbasis tenaga matahari dalam upaya penyediaan tenaga listrik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat pedalaman yang di pimpin oleh Konsorsium PT Cahaya Inti Tri Manunggal bersama Yayasan Bioma dan Politeknik Malinau. “Jadi, ini kombinasi yang sangat menarik sesuai dengan kiprah pelaksananya dan kami sangat senang sekali dengan dua kegiatan ini dapat berjalan baik dan lancar,” ungkap Tri Nugroho .

Kegiatan ketiga, sambung Direktur MCAI Dr. Tri Nugroho, yakni terkait dengan pengolahan tata guna lahan partisipatif bekerja sama dengan tenaga konsultan telah berhasil mengumpulkan data base parsial untuk seluruh kabupaten. Kemudian mengumpulkan izin-izin yang telah terseferensi maupun di referensikan bagi yang belum, serta pelatihan dan peningkatan kapasitas. “Terkait dengan kegiatan yang ketiga  ini, kami kaitkan dengan inisiatif percepatan kebijakan satu peta yang dikoordinir oleh Kemenko Perekonomian, bagian informasi base parsial dan lainnya,” tegas Tri Nugroho.(ida/puu)

Baca Juga

Berita Utama Index

Ping Yansen: “Kami Semua Sayang Papah”

Ping Yansen: “Kami Semua Sayang Papah”

Selasa, 16 Januari 2018

PROKAL.CO, MALINAU – Sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan, Ping Yansen beserta anak-anaknya mengundang para pejabat daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat serta staf di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau untuk menghadiri acara syukuran

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya
[WIDGET KOMINFO] 09 Jan 2018 13:46 - ARTIKEL GPR - Presiden Tegaskan Rakyat Harus Jaga dan Pelihara Kesatuan di Tahun Politik | 04 Jan 2018 13:23 - ARTIKEL GPR - Asuransi Perikanan Senjata KKP Lindungi Pembudidaya Ikan Kecil | 27 Dec 2017 13:25 - ARTIKEL GPR - Penyerahan Sertifikat Kompetensi Peserta Pemagangan 2017 oleh Presiden Republik Indonesia | 22 Dec 2017 09:57 - ARTIKEL GPR - Perempuan Berdaya untuk Indonesia | 19 Dec 2017 10:33 - ARTIKEL GPR - Peringatan Hari Bela Negara 2017