img
img

Info RT Bersih

Senin, 17 Juli 2017 | Oleh: HMS04

Bangkitkan Motivasi dan Semangat

Bangkitkan Motivasi dan Semangat SEMANGAT : Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si memberi semangat kepada seluruh masyarakat, serta para kepala desa dan ketua RT di rangkaian pembukaan Bulan Bakti RT Bersih. AGUSSALAM SANIP/RADAR TARAKAN

PROKAL.CO, MALINAU – Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si menegaskan dalam membangun dibutuhkan motivasi serta semangat. Karena membangun itu dari dalam hati. Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau di era kepemimpinan Yansen TP dan Topan Amrullah, S.Pd, M.Si sebagai wakil bupati, mengusung program pembangunan yang percaya sepenuhnya kepada desa dan rakyat melalui program Gerakan Desa Membangun (Gerdema).

Di periode kedua Yansen TP dan Topan Amrullah memimpin Kabupaten Malinau, program Gerdema dipertajam lagi hingga ke tingkat RT, yaitu dengan memberikan kepercayaan dan melibatkan ketua RT dengan masyarakat untuk secara bersama-sama membangun Kabupaten Malinau melalui program RT Bersih.

Untuk menumbuhkan semangat pembangunan masyarakat mulai dari dalam hati, sebagai starting point, Pemkab Malinau, mulai tahun 2016 melaksanakan Bulan Bakti RT Bersih dan dilaksanakan selama satu bulan. Dan bulan bakti tahun 2017, fokus membentuk perilaku dan kepribadian yang berjiwakan rapi, tertib, bersih, sehat, indah dan harmonis (RT Bersih).

“Pada tahun 2016 kita canangkan dan kita melaksanakan ini (bulan bakti) dengan baik. Tahun 2017 merupakan tahun kedua pelaksanaan bulan bakti,” tegas Bupati Yansen TP kepada Radar Tarakan saat diwawancarai usai pembukaan Bulan Bakti RT Bersih Tahun 2017 di Desa Wisata Pulau Sapi, Kecamatan Mentarang, Jumat lalu (147).

Ditanya apakah ada peningkatan partisipasi masyarakat dalam menyambut dan melaksanakan program RT Bersih maupun Bulan Bakti RT Bersih pada tahun ini, bupati mengatakan bahwa dirinya melihat adanya peningkatan daripada tahun sebelumnya. “Memang peningkatan kelihatan ada ya. Ya sepintas kita melihat lingkungan masyarakat sudah mulai berubah dan saya lihat keindahan juga sudah mulai kelihatan. Harapan kita itu membudaya,” ungkapnya seraya mengatakan bahwa sebab itulah pihaknya di tahun 2017 fokus membentuk perilaku dan kepribadian.

“Makna perilaku dan kepribadian itu kan esensi diri. Kepribadian kita yang sopan, yang toleran, yang bisa bekerjasama dan yang berswadaya, nah itu kan kepribadian,” imbuhnya.

Ia juga melihat ada semangat dan motivasi yang tinggi dari para kepala desa (kades) dan ketua RT, hal itu tercermin dari setiap kegiatan. “Membangun itu dari dalam hati. Kalau hati kita yang dalam itu sudah bangkit, kemudian melahirkan semangat kita, lalu pikiran kita bergerak dan akhirnya itu menggerakan kerja kita,” ujarnya.

Seperti yang disaksikan saat pembukaan bulan bakti, lanjut bupati, dari hal yang sederhana dilakukan oleh para kades dan ketua RT, yaitu motivasi mengucapkan moto ‘saya ada untuk semua dan bersama kita pasti bisa’ sudah keluar dari diri mereka dan itu tandanya bahwa masyarakat RT, khususnya para ketua RT sudah mulai terbangun kekuatan dirinya.

“Saya harapkan jangan sederhanakan soal motivasi semangat itu. Jadi spirit itu jangan disederhanakan, itu sangat besar perannya. Kalaupun kita punya kemampuan tinggi, tapi tidak punya spirit, ya saya kira tidak ada manfaatnya,” tukasnya. (ags/puu)

Baca Juga

Berita Utama Index

Surplus Daya 2000 KW, PLN Jaring Pelanggan Baru

Surplus Daya 2000 KW, PLN Jaring Pelanggan Baru

Selasa, 19 September 2017

MALINAU — Sebanyak 200 calon pelanggan PLN tahun ini ditargetkan dapat dialiri listrik. Kepala PLN Malinau Ady Fatur Muad memastikan, pihaknya dapat mengalirkan listrik pada warga yang sudah tercatat dalam daftar tunggu ini dalam 4 bulan ke depan.

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya