img
img

Info RT Bersih

Minggu, 16 Juli 2017 | Oleh: hms04

Semangat Gerdema, Percaya Desa dan Rakyat

Semangat Gerdema, Percaya Desa dan Rakyat PERCAYA KEPADA RAKYAT: Bupati saat meyerahkan bantuan peralatan mesin pertanian dalam pembukaan Bulan bakti RT Bersih di Pulau Sapi Jumat, (14/7). Widayat/Radar Tarakan

PROKAL.CO, MALINAU- Penyelenggaraan pemerintahan  dan Pembangunan Malinau didasarkan pada semangat model Gerakan Desa Membangun (Gerdema). Yaitu model pembangunan yang sepenuhnya percaya kepada pemerintahan desa untuk menyelenggarakan kepentingan rakyatnya, dengan motto : dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat”.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Dr Yansen TP MSi saat membuka kegiatan bulan bakti (Bulbak) RT Bersih di Lapangan Balai Adat Desa Pulau Sapi, Kecamatan Mentarang kemarin.

Dikatakan Yansen TP, implementasi model Gerdema ini telah dijalankan dengan penuh optimisme selama lima tahun dan telah menunjukkan hasil yang nyata dan menggembirakan. Tercapainya harapan dan tujuan gerdema ini tidak terlepas dari niat, tekad dan komitmen semua pihak untuk berpartisipasi.

Terutama dari OPD dan Satgas Gerdema dalam melakukan pendampingan terhadap tugas serta kesiapan pemerintah desa/RT dan masyarakat pada umumnya, menerima dan menjalankan program Gerdema. Berbekal pengalaman menjalankan tugas pada periode pertama pelaksanaan gerdema, Bupati yakin dengan optimisme yang sangat tinggi Malinau akan mampu melaksanakan dan menjalankan program-program Gerdema periode ke-2 ini. 

“Yaitu ditingkatkan melalui tiga belas program utama dan tiga program unggulan yang sudah diketahui bersama yaitu, RT Bersih, Rasda dan wajib belajar 16 tahun,” sebutnya.

Terhadap program unggulan ini, Bupati Yansen TP meyakini akan mampu menjawab tantangan pembangunan yang masih menyisakan beberapa masalah tertentu. Seperti belum meratanya hasil pembangunan, terdapat adanya masyarakat yang tergolong tidak mampu, masih terbatasnya lapangan pekerjaan dan masih rendahnya kualitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM).

“Secara khusus, untuk program RT-Bersih yang memiliki singkatan Rapi, Tertib, Bersih, Sehat, Indah dan Harmonis merupakan program strategis dan aplikatif dari pemerintahan daerah dalam mensejahterakan rakyat Malinau,” ujarnya.

Dalam konsep gerdema jilid II, sambung Yansen TP, maka program RT bersih mencerminkan pelaksanaan berbagai urusan desa. Karena RT merupakan sub sistem dari pemerintahan desa. Dengan berjalannya program RT Bersih ini, maka dipastikan tidak ada satu warga masyarakat pun yang akan terlewatkan. Sebab, program ini melibatkan masyarakat secara penuh,  mulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan menikmati secara langsung hasil kegiatan yang dilaksanakan bersama dan menyentuh seluruh aspek dasar kebutuhan masyarakat. “Jadi keberhasilan RT Bersih mengandung makna terwujudnya kualitas hidup masyarakat malinau secara menyeluruh,” ungkap Yansen TP.

Bupati juga menegaskan, masyarakat harus mampu mengubah paradigma dan budaya pembangunan Kabupaten Malinau. Juga harus mampu membangun paradigma maju dan membentuk budaya rapi, tertib, bersih, sehat, indah dan harmonis untuk sebuah tata kehidupan masyarakat yang bermartabat.  “Oleh karena itu, pembukaan bulan bakti RT bersih tahun ini dengan tema “membentuk perilaku dan keperibadian masyarakat kabupaten malinau / masyarakat RT”, imbuh Yansen TP.

Diakui Yansen TP, memang tidak mudah untuk membentuk perilaku masyarakat di tengah-tengah alam kehidupan sekarang ini yang semakin individualis dan kompetitif. Bahkan cenderung lebih menonjolkan persaingan dari pada kebersamaan bagi seseorang untuk maju.  Tetapi walaupun sedikit sulit, namun harus dilakukan dengan upaya-upaya pelestarian melalui kegiatan bulan bakti RT bersih. Karenanya, masyarakat juga harus dapat membangun sikap kritis terhadap berbagai persoalan.

Disamping itu juga harus mampu membangun budaya kreative dan inovatif sehingga produktifitas dapat terwujud. Bupati juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada  DPRD Kabupaten Malinau, pejabat Forkopimda, para camat, kepala desa, para ketua RT, TNI, Polri dan seluruh lapisan masyarakat. “Karena telah memberi dukungan dan kerja kerasnya melaksanakan berbagai rangkaian tahapan dan program Gerdema yang ditingkatkan,” tukasnya.(ida/puu)

Baca Juga

Berita Utama Index

22 Tower Telekomunikasi akan Dibangun

22 Tower Telekomunikasi akan Dibangun

Sabtu, 22 Juli 2017

PROKAL.CO, MALINAU – Saat ini memang semua daerah mengalami defisit anggaran, namun itu bukan alasan dan berpasrah diri untuk tidak membangun. Untuk membuka keterisolasian wilayah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau melalui Dinas Komunikasi

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya
[WIDGET KOMINFO] 23 Jul 2017 07:01 - ARTIKEL GPR - Hari Anak Nasional, Perlindungan Anak Dimulai dari Keluarga | 20 Jul 2017 15:32 - ARTIKEL GPR - Kejaksaan Republik Indonesia Serius Tangani Pemulihan Aset | 17 Jul 2017 17:12 - ARTIKEL GPR - Koperasi jadi Institusi Ekonomi Rakyat Di Masa Depan | 17 Jul 2017 16:59 - ARTIKEL GPR - Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional | 13 Jul 2017 11:37 - ARTIKEL GPR - Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2017