img
img

Pemerintahan

Minggu, 09 Juli 2017 | Oleh: HMS04

Pemimpin Harus Beri Contoh yang Baik

Pemimpin Harus Beri Contoh yang Baik BERIKAN CONTOH : Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si (paling kiri) saat memberikan contoh mengambil sampah dan diikuti oleh para ketua RT, kades, Camat Malinau Barat dan staf, Rabu (5/7) di RT 4, Desa Kuala Lapang, Kecamatan Malinau Barat. AGUSSALAM SANIP/RADAR TARAKAN

PROKAL.CO, MALINAU – Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si tak henti-hentinya dan selalu bersemangat memberi arahan dan bimbingan kepada stafnya hingga kepala desa (kades) dan para ketua RT untuk memberikan yang terbaik secara bersama-sama dalam membangun Kabupaten Malinau.

Bupati tidak segan-segan turun ke lapangan untuk menemui langsung masyarakatnya, terutama para pemimpin di komunitas masyarakat, yaitu para ketua RT. Dalam kunjungan lapangan, Rabu (5/7) di RT 4, Desa Kuala Lapang, Kecamatan Malinau Barat, Bupati meminta kepada para ketua RT yang hadir, kades, Camat Malinau Barat dan staf untuk memberikan contoh yang baik pada masyarakat.

“Pak ketua RT, kades, camat dan sekcam, perilaku (baik) kita dulu yang terbangun, kalau kita nggak (berperilaku baik), ya begitu perilaku kalian, ya begitu juga perilaku mereka. Makanya kalian berikan contoh yang baik.” ujar Bupati Yansen TP saat memberikan arahan dan bimbingan di bawah kolong rumah milik warga RT 4 Desa Kuala Lapang.

Saat ia melihat rumah warga, Bupati menegaskan bahwa rumah bisa menjadi rumah yang berkualitas, kalau lingkungannya dibuat berkualitas. Untuk itulah peran semua masyarakat untuk mengubah perilaku dan kepribadian agar lebih baik dan tentu akan menjadi berkualitas. Terlebih para ketua RT yang merupakan ujung tombak pemerintah di masyarakat. “Saya ke sini, mengajar kalian (ketua RT) perilaku, supaya kalian itu menunjukan kalian itu sebagai pemimpin,” ungkapnya.

Karena, lanjutnya, pembangunan Malinau itu kelihatan di desa dan pembangunan desa itu kelihatan di RT. Pembangunan di RT itu memperlihatkan pembangunan desa dan pembangunan desa itu memperlihatkan pembangunan kabupaten.  Kalau sudah seperti itu, imbuhnya, kesimpulan dan fokusnya pembangunan ada di RT dan desa. “Yang begitu kan hanya pola kita. Kenapa begitu? Karena kita berbicara tentang kesejahteraan rakyat. Rakyat itu di mana? Ya di RT. Harus kalian pahami itu,” tegasnya seraya mengatakan bahwa yang lebih bertanggung jawab terhadap pembangunan di RT adalah ketua RT.

Karena itu, ketua RT harus tegas apabila ada masyarakat yang tidak mau berpartisipasi dalam pembangunan di lingkungan RT-nya. Apalagi, saat ini Pemkab Malinau mempunyai program RT Bersih yang fokus pada mengubah perilaku dan kepribadian masyarakat. “Saya bertanggung jawab juga, tapi yang lebih bertanggung jawab ya harus bapak ibu, ketua RT. Jadi gak boleh main-main. Karena bapak ibu dilindungi aturan, oleh undang-undang, peraturan daerah dan peraturan bupati. Apa kekuatannya?  Apabila ada masyarakat yang melawan, kalian bisa tegur keras, karena ada kekuatan hukum dan administrasinya serta sosialnya juga,” pungkasnya. (ags/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

Surplus Daya 2000 KW, PLN Jaring Pelanggan Baru

Surplus Daya 2000 KW, PLN Jaring Pelanggan Baru

Selasa, 19 September 2017

MALINAU — Sebanyak 200 calon pelanggan PLN tahun ini ditargetkan dapat dialiri listrik. Kepala PLN Malinau Ady Fatur Muad memastikan, pihaknya dapat mengalirkan listrik pada warga yang sudah tercatat dalam daftar tunggu ini dalam 4 bulan ke depan.

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya