img
img

Wisata & Budaya

Rabu, 05 Juli 2017 | Oleh: HMS04

Kegiatan Digelar Pada Tahun Ganjil

Kegiatan Digelar Pada Tahun Ganjil DIUMUMKAN: Penyerahan SK BPD Pulau Sapi Kecamatan Mentarang dari Ketua BPD kepada Kepala Desa Pulau Sapi Usai dibacakan dan disampaikan kepada seluruh masyarakat Pulau Sapi di acara penutupan HUT ke-59, Jumat (30/6). WIDAYAT/RADAR TARAKAN

PROKAL.CO, MALINAU - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Wisata Pulau Sapi kecamatan Mentarang mengeluarkan surat keputusan dalam rapat paripurna BPD pada peringatan HUT ke-59 desa Wisata Pulau Sapi tahun 2017. Yakni nomor: 006/KEP/BPD-DWPS/KCM/VI/2017 tentang hasil rapat paripurna istimewa Badan Permusyawaratan Desa Desa Wisata Pulau Sapi, dengan agenda rembuk generasi desa tahun 2017. Salah satu keputusan BPD Desa Wisata Pulau Sapi adalah menetapkan bahwa pada tahun ganjil kegiatan yang dilaksanakan adalah perayaan HUT dan atau Irau Rayeh Tufed Ne Bawang Furu’ Safi’. Sedangkan tahun genap kegiatan yang dilaksanmakan adalah syukuran.

Dalam keputusan yang dibacakan Ketua BPD Pulau Sapi Otniel Foret pada saat penutupan seluruh rangkaian kegiatan HUTke-59 Desa Pulau Sapi tersebut mempertimbangkan beberapa hal. Antara lain bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 79 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan Undang-undang nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa. Hal ini sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 47 tùjjahun 2015 Tentang perubahan atas peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, perlu menetapkan peraturan menteri dalam negeri tentang Badan Permusyawaratan Desa.

Sedangkan isi keputusan BPD Desa Wisata Pulau Sapi tentang rekomendasi hasil rapat paripurna istimewa Desa Wisata Pulau Sapi tahun 2017 tersebut ada 5 poin penting yang disampaikan kepada seluruh masyarakat Desa Pulau Sapi. Antara lain pertama  yakni tema kegiatan HUT Desa Wisata Pulau Sapi dalam Bahasa Lundayeh adalah Irau Rayeh Tufed Ne Bawang Furu’ Safi’. Kedua,  panitia pelaksanaan perayaan HUT dan atau Irau Rayeh Tufed Ne Bawang Furu’ Safi’ serta kegiatan syukuran dibentuk Kepala Desa paling lama 1 Tahun sebelum kegiatan dilaksanakan. Ketiga, pada tahun ganjil kegiatan yang dilaksanakan adalah perayaan HUT dan atau Irau Rayeh Tufed Ne Bawang Furu’ Safi’. Sedangkan tahun genap kegiatan yang dilaksanakan adalah syukuran. Keempat, kepala Desa diberikan kewenangan dan tanggungjawab sepenuhnya untuk membentuk pengurus dan atau Pengelola Desa Wisata Pulau Sapi yang ditetapkan dengan surat keputusan kepala desa. Sedangkan yang kelima, kepala desa diberikan kewenangan dan tanggungjawab sepenuhnya untuk mengatur dan mendukung pembiayaan kegiatan. “Baik melalui anggaran dan pendapatan belanja desa APBDes, RT, badan usaha, perorangan dan partisipasi masyarakat dan atau sumber anggaran lainya,” ujarnya.

Keputusan ini, kata Otnil Foret, berlaku sejak ditetapkan oleh BPD Desa Pulau Sapi kecamatan Mentarang dan jika ada kekeliruan dalam penetapannya maka akan diperbaki sebagaimana mestinya melalui mekanisme yang berlaku.(ida/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

Aco Lundayeh Siap Dilaksanakan !

Aco Lundayeh Siap Dilaksanakan !

Kamis, 28 Juni 2018

Malinau-Perhelatan Aco Lundayeh tinggal menghitung hari. Acara yang menampilkan seni budaya ini akan dihadiri etnis Lundayeh sedunia yang dilaksanakan bulan Juli nanti. Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persekutuan Dayak Lundayeh (PDL) Dr. Yansen

Berita Foto Index

Mars Korpri

Mars Korpri

Rabu, 21 Februari 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya