img
img

Pendidikan

Senin, 03 Juli 2017 | Oleh: HMS04

Ajukan 50 Guru, Dapat Jatah 24 GGD

Ajukan 50 Guru, Dapat Jatah 24 GGD BUTUH GURU: Salah satu sekolah di pedalaman yang dikunjungi Bupati Malinau. Kebutuhan guru di Malinau masih cukup banyak.

PROKAL.CO, MALINAU - Pemerintah pusat mengirimkan tenaga guru untuk mengajar di sejumlah sekolah di Kabupaten Malinau melalui program Guru Garis Depan (GGD).

Program GGD ini merupakan program untuk menggantikan guru-guru kontrak/honorer yang masuk melalui program SM3T.

Kepala Dinas Pendidikan, Esly Parir SE MSi mengungkapkan, program GGD ini merupakan program baru dan sebagai pengganti dari guru program Sarjana Mendidik di daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (SM3T) yang sudah berakhir.

GGD tersebut,  kata Esly Parir tugasnya sama. Yakni dipersiapkan pemerintah pusat untuk mengajar di wilayah pedalaman dan perbatasan. Tahun ini Kabupaten Malinau mendapatkan 24 guru dari program guru garis depan.

“Guru-guru ini ditempatkan di wilayah pedalaman dan perbatasan. Terdekat dari ibu kota adalah wilayah Kecamatan Malinau Selatan dan Malinau Selatan Hulu,” sebut Esly Parir.

Diterangkan Esly, tenaga guru GGD ini berbeda dangan guru SM3T karena tenaga GGD berstatus PNS. Sehingga statusnya sebagai PNS itu maka mereka siap wajib menetap di tempat tugasnya. “Kita mengajukan guru sebanyak 50 orang. Yang disetujui hanya 24 orang," tegas Esly Parir.

Dikatakan, penambahan guru PNS lewat program GGD diakui akan meringankan beban kebutuhan guru di Malinau yang masih cukup banyak. Karena hasil analisis Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau, kebutuhan guru secara keseluruhan di Malinau masih sangat banyak yaitu  mencapai 200 orang lebih. 

Saat ini, jumlah guru baik PNS maupun kontrak sebanyak 3.000 guru. Sementara guru PNS sebanyak 2.000 orang.

“Sebagian besar guru-guru dibutuhkan oleh semua jenjang pendidikan, baik tingkat SD, SMP maupun SMA yang ada di wilayah perbatasan dan pedalaman,” tukasnya.(ida/ddq)

Baca Juga

Berita Utama Index

22 Tower Telekomunikasi akan Dibangun

22 Tower Telekomunikasi akan Dibangun

Sabtu, 22 Juli 2017

PROKAL.CO, MALINAU – Saat ini memang semua daerah mengalami defisit anggaran, namun itu bukan alasan dan berpasrah diri untuk tidak membangun. Untuk membuka keterisolasian wilayah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau melalui Dinas Komunikasi

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya
[WIDGET KOMINFO] 23 Jul 2017 07:01 - ARTIKEL GPR - Hari Anak Nasional, Perlindungan Anak Dimulai dari Keluarga | 20 Jul 2017 15:32 - ARTIKEL GPR - Kejaksaan Republik Indonesia Serius Tangani Pemulihan Aset | 17 Jul 2017 17:12 - ARTIKEL GPR - Koperasi jadi Institusi Ekonomi Rakyat Di Masa Depan | 17 Jul 2017 16:59 - ARTIKEL GPR - Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional | 13 Jul 2017 11:37 - ARTIKEL GPR - Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2017