img
img

Kesehatan

Senin, 19 Juni 2017 | Oleh: HMS04

Petugas Puskesmas Dilatih Gunakan APAR

Petugas Puskesmas Dilatih Gunakan APAR DILATIH GUNAKAN APAR: Pelaksanaan pelatihan APAR bagi tenaga puskesmas bekerjasama dengan Dinkes dan PT MA-BDMS yang berlangsung kemarin. ISTIMEWA

PROKAL.CO, MALINAU-Bertempat di halaman Puskesmas Malinau Sebrang Kecamatan Malinau Utara, diadakan sosialisasi dan pelatihan penggunaan alat pemadam api ringan (APAR). Sebagai pemateri dalam pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan APAR ini, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes, PP dan KB) Malinau bekerja dengan perusahaan tambang batubara PT Mitrabara Adiperdana Tbk–Baradinamika Mudasukses (BDMS) sekaligus instruktur pelatihan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas Malinau Sebrang yang berjumlah 40-an orang termasuk tenaga TU dan kepala Puskesmas.

Kepala Dinkes, PP dan KB Malinau dr John Felix Rundupadang MPH didampingi H Nursalam SKM menjelaskan, rangkaian kegiatan diawali dengan materi kelas yang disampaikan langsung oleh Sahalan Sihotang MM selaku pemateri  dari program CSR PT MA-BMDS. Dalam kesempatan itu peserta diberikan pemahaman mengenai beberapa hal penting yang berkaitan dengan peristiwa kebakaran diantaranya adalah proses terjadinya api (segitiga api), pemadaman api, dan beberapa materi lainnya. “Dalam kegiatan ini, kita bekerjasama dengan perusahaan batubara yang secara kebetulan di perusahaan itu ada program CSR untuk kegiatan itu,” jelasnya kepada media ini.

Selain untuk meningkatkan wawasan pengetahuan dan kewaspadaan dini terhadap bahaya kebakaran juga dalam upaya untuk mendukung progam akreditasi puskesmas yang ada di Malinau. khususnya 5 puskesmas yang ada di ibukota Kabupaten. Yaitu Puksesmas Malinau Kota, Malinau Sebrang, Tanjung Lapang, Mentarang  dan Setulang. Semua ini mendapat materi pelatihan APAR yang sama dari perusahaan. “Bahkan perusahaan juga memberikan bantuan tabung APAR,” ungkapnya.

Setelah materi kelas selesai disampaikan ada materi tes yang harus dikerjakan oleh peserta. Kemudian peserta di ajak untuk berlatih dan mencoba pemadaman api menggunakan alat tradisional yaitu menggunakan karung goni yang dibasahi. Metode ini merupakan metode pemadaman api yang paling sederhana dan cukup berbahaya karena pemadaman harus sedekat mungkin dengan titik api. selanjutnya setelah para peserta mencoba memadamkan dengan karung goni dilanjutkan dengan pemadaman menggunakan APAR.

Menurut Instruktur pelatihan APAR dari PT MA-BDMS, Sahalan Sihotang, penggunaan APAR ini relatif lebih mudah dan lebih aman. Karena bisa melakukan pemadaman dari jarak 3-5 meter dari titik api. Akan tetapi harus menguasai teknik pemadaman yang benar. “Sehingga titik api bisa padam dengan sempurna sebelum titik api menjadi besar dan lebih sulit dipadamkan nantinya,” tukasnya.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.30 WIB itu, pemateri juga menambahkan pembuatan jalur evakuasi dan penyelamatan diri serta pembentukan cluster cluster tim penanganan kebakaran. Kegiatan ini dapat berjalan dengan aman dan lancar dan selesai pada pukul 16.00 WIB. (ida/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

Tampilkan Kreasi Membangun Malinau

Tampilkan Kreasi Membangun Malinau

Senin, 14 Agustus 2017

PROKAL.CO, MALINAU-Bupati Dr Yansen TP MSi membuka pameran produk-produk lokal yang dipusatkan di lapangan sepak bola Desa Kuala Lapang, Kecamatan Malinau Barat Kamis, kemarin. Kegiatan yang dihadiri oleh Pejabat FKPD dan kepala SKPD, camat, kepala desa 

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya