img
img

Pemerintahan

Jum'at, 16 Juni 2017 | Oleh: HMS04

Masyarakat adalah Kekuatan Pembangunan

Masyarakat adalah Kekuatan Pembangunan PIMPIN RAPAT : Untuk kali kedua, Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si saat memimpin rapat Pra Bulan Bakti RT Bersih Tahun 2017. Sebelumnya, Rapat Pra Bulan Bakti RT Bersih Tahun 2017 dilaksanakan di ruang Laga Feratu dan pada Senin (12/6) dilaksanakan di ruang Intulun, Kantor Bupati Malinau.

PROKAL.CO, MALINAU – Bulan depan, Bulan Bakti RT Bersih Tahun 2017 akan diselenggarakan hingga bulan Agustus. Menyambut bulan bakti, Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si meminta setiap Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) mengubah perilaku dan membangun kepribadian, OPD-nya sendiri dan tentunya juga masyarakat untuk bersama-sama pemerintah membangun Kabupaten Malinau melalui program dan aksi nyata OPD di lapangan.

Karena, Tujuan RT Bersih itu menciptakan kehidupan masyarakat yang normal, yaitu hidupnya sesuai dengan norma dan kaidah yang berlaku. “Jadi intinya, membangun itu kan ada tujuan yang jelas. Membangun itu rangkaian yang tidak terputus. Nah oleh sebab itu, yang paling utama yang menjadi upaya, perhatian dan konsentrasi tugas pekerjaan kita sebagai pemerintah, sebenarnya membentuk kemampuan kerja pemerintah,” ujar Bupati Yansen TP saat diwawancarai Radar Tarakan usai memimpin rapat Pra Bulan Bakti RT Bersih Tahun 2017 di ruang Intulun, Kantor Bupati Malinau, Senin (12/6).

Dikatakan, perilaku sebagai seorang pemerintah atau Aparatur Sipil Negara (ASN) seperti apa, kalau dijelaskan, banyak. Contoh, perilaku pemerintah atau ASN itu yaitu berperilaku dengan menyelesaikan pekerjaan dengan baik, perilaku yang peduli pada masyarakat dan perilaku yang serius bekerja. “Nah itu pemerintah. Oleh sebab itu ia harus membangun kapasitas dirinya,” katanya.

Kemudian, lanjut bupati, bagaimana dengan masyarakat? Apakah masyarakat ini hanya menjadi objek? “Tentu tidak. Nah ini yang mau kita ubah, ubah cara pandang kita bahwa membangun itu bukan sekadar sisi pemerintah, tapi masyarakat pun terlibat dalam itu,” tegasnya.

Dalam konsep pembangunan Malinau, terang bupati, ada esensinya. Yaitu dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat. Persoalannya sekarang, ungkap suami dari Ny Ping Ding ini, apakah rakyat mampu dari rakyatnya, apakah masyarakat mampu oleh rakyatnya dan kalau mereka mampu dari rakyat oleh rakyat, otomatis untuk rakyat itu akan lebih luar biasa. “Bagaimana ini terwujud? Nah ini yang mau kita lakukan sekarang, membudayakan prinsip-prinsip kerja yang menurut saya operasional untuk mewujudkan perubahan di masyarakat,” katanya lagi.

Dengan adanya program RT Bersih, itulah yang mengubah perilaku dan membangun kepribadian masyarakat. Bagaimana itu dilakukan? maka diharapkan OPD dan berbagai pihak lainnya agar tidak usah menunggu berlama-lama untuk mengubah rakyat.  “Kalau masyarakat sadar bahwa dia adalah kekuatan pembangunan, maka pakailah itu sebagai kekuatan. Kapan? Ya sekarang,” pungkasnya. (ags/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

Tingkatkan Harmonisasi, Pererat Tali Silaturahmi

Tingkatkan Harmonisasi, Pererat Tali Silaturahmi

Rabu, 28 Juni 2017

PROKAL.CO, MALINAU-Bupati Dr Yansen TP MSi mengaku bersyukur kepada Tuhan yang maha kuasa umat muslim di Kabupaten Malinau dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan perjalanan ibadah puasa tahun ini berjalan dengan tertib dan lancar.  Hal ini

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya