img
img

Pemerintahan

Jum'at, 16 Juni 2017 | Oleh: HMS04

Masyarakat Antusias Pilih Calon Pemimpin Desanya

Masyarakat Antusias Pilih Calon Pemimpin Desanya TINJAU PELAKSANAAN PILKADES: Wabup saat melakukan peninjauan di sejumlah TPS di desa-desa yang melaksanakan Pilkades serentak pada Rabu (14/6). (foto :hms03)

PROKAL.CO, Wakil Bupati Topan Amrullah SPd MSi mengungkapkan,  dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, Rabu kemarin (14/6), sebagai upaya memunculkan suasana demokrasi di tengah masyarakat di tingkat desa. Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab Malinau) berhasil menggelar pelaksanaan pemilihan ketua RT serentak di 378 RT di 109 desa tahun 2016 kemarin. 

“Jadi, memang kelihatan sekali suasana Pilkades ini seperti Pilkada dilihat dari antusias masyarakat yang datang ke TPS di beberapa desa,”  kata Wakil Bupati Topan Amrullah kepada media ini usai meninjau pelaskanan pilkades di 4 desa yang ada di wilayah ibukota Kabupaten Malinau, Rabu (14/6) kemarin. Yaitu Desa Pelita Kanaan dan Desa Batu Lidung Kecamatan Malinau Kota, Desa Respen Tubu dan Desa Luso/Tanjung Lima Kecamatan Malinau Utara didampingi Asisten 2 Bidang Pembangunan dan Ekonomi Setkab Malinau Dr Ernes Silvanus SPi MM dan kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (BPMD) Desa pagi kemarin.

Ditegaskan Wakil Bupati Topan Amrullah, tingginya partisipasi masyarakat dinilai punya keinginan yang kuat untuk memilih pemimpin yang terbaik untuk memimpin mereka di desa. Dengan Pilkades ini, dinilai Wabup ada penghematan dari segi budgetting (anggaran). Selain itu dengan adanya Pilkades serentak ini juga tidak ada mobilisasi massa untuk memilih salah satu calon tertentu. “Sebagaimana layaknya pelaksanaan Pilkada serentak, Pilkades serentak ini juga tidak ada yang mobilisasi massa,” ungkap Wabup Topan Amrullah.

Wabup juga melihat bahwa kinerja panitia Pilkades di setiap desa, kecamatan dan  pendampingan dari setiap SKPD juga cukup luar biasa. Termasuk juga pihak keamanan, khususnya dari pihak Polres dibantu oleh anggota TNI, Satpol PP dan Linmas yang memback up keamanan pelaksanaaan Pilkades ini. “Dari Pemkab Malinau  memang tidak ada pembiayaan, karena memang keterbatasan anggaran tapi mereka tetap bekerja mengamankan pelaksanaan pilkades di setiap TPS-TPS. Ini sangat luar biasa. Kita apresiasi lah, khususnya pihak keamanan dari Polres Malinau,” ujar Wabup.

Wabup juga menginformasikan, ada beberapa titik desa tertentu yang mulai terendam air di hari Pilkades serentak di Kabupaten Malinau, Rabu (14/6) kemarin. Namun tidak mempengaruhi partisipasi masyarakat yang datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya untuk memilih calon pemimpin di desanya.  Hal itu terlihat dari jumlah kertas suaranya yang sudah tinggal sedikit dan jumlah daftar pemilihnya. “Artinya, warga sejak pagi sudah antusias untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan Pilkades ini. saya kira, tidak mengganggulah,” ujarnya.

Terkait dengan pelaksanaan Pilkades di daerah perbatasan dan perbatasan, Wabup menyatakan hingga pukul 11.00 pagi kemarin belum ada laporan yang berarti dari masing-masing kecamatan. “Mungkin masih proses pelaksanaan. Nanti kita tunggu laporan dari tim yang turun ke lapangan,” tutur Wabup.

Wabup juga berharap agar para calon kades sportif dalam arti siapa saja yang terpilih harus menerima dengan lapang dada, karena ini adalah perwujudan dari Demokrasi. “Untuk para calon juga harus siap menang dan siap kalah karena inilah demokrasi,” pesannya.

Dikatakannya lebih lanjut, bahwa pemilihan ini memang seharusnya diikuti sekitar 85 desa dikarenakan masa jabatan kades yang tidak sama berakhirnya menjadikan beberapa desa harus mengikuti di tahap selanjutnya seperti yang sudah disepakati nantinya. “Sebetulnya semua dilakukan serentak namun karena ada beberapa desa belum siap dan jangka waku masa jabatan kades tidak bersamaan sehingga mundur dan saya kira tidak ada masalah karena desa juga tidak berdekatan jadi,” jelasnya. (ida/ewy/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

Surplus Daya 2000 KW, PLN Jaring Pelanggan Baru

Surplus Daya 2000 KW, PLN Jaring Pelanggan Baru

Selasa, 19 September 2017

MALINAU — Sebanyak 200 calon pelanggan PLN tahun ini ditargetkan dapat dialiri listrik. Kepala PLN Malinau Ady Fatur Muad memastikan, pihaknya dapat mengalirkan listrik pada warga yang sudah tercatat dalam daftar tunggu ini dalam 4 bulan ke depan.

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya