img
img

Pemerintahan

Kamis, 15 Juni 2017 | Oleh: HMS04

Tahun Ini, 865 RTS Terima Bantuan Rasda

Tahun Ini, 865 RTS Terima Bantuan Rasda KARYAWAN Perusda Intimung mengemas beras daerah (Rasda) umum untuk dipasarkan kepada masyarakat umum.

MALINAU - Bantuan Beras Daerah (Rasda) sudah mulai bergulir. Di Kecamatan Malinau Kota, penyaluran sudah dilaksanakan hingga pertengahan Mei kemarin. Penyaluran dilakukan oleh Perusda Intimung setiap 3 bulan. Tahun ini dilaksanakan dalam bulan Mei dan Juni.

“Penyaluran sudah kami laksanakan sejak 12 Mei lalu. Yaitu penyaluran Rasda ke desa-desa kecamatan di perkotaan. Yang bisa terjangkau oleh kendaraan Perusda,” ungkap Direktur Perusda Lewi, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, Bantuan Rasda diberikan pada Rumah Tangga Sasaran (RTS) sebanyak 15 kilogram perbulan. Secara keseluruhan, jumlah penerima bantuan Rasda berjumlah 869 RTS di 115 desa, 15 kecamatan. Dengan jatah tersebut setiap bulan Perusda menyalurkan 13.035 kilogram (13,035 ton) beras atau 39.035 kilogram setiap kali menyalurkan bantuan. Atau sebanyak 156.420 kilogram (156, 420 ton) setiap tahun.
Berbeda dengan wilayah kota, penyaluran bantuan Rasda ke wilayah pedalaman perbatasan dilakukan atau ditangani pemerintah setempat. Yaitu di Kecamatan Mentarang Hulu, Sungai Tubu, Pujungan, Bahau Hulu, Kayan Hulu, Kayan Selatan dan Kayan Hilir serta Sungai Boh.

“Kami hanya memberi dana untuk pembayarannnya,” jelasnya.

Sementara itu, secara terpisah Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Giram Barshobedie memastikan bahwa kondisi pangan, terutama padi yang diproduksi masyarakat saat ini dapat memenuhi kebutuhan pangan daerah. Bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan program bantuan Rasda.

“Bahkan surplus sebetulnya. Hanya surplusnya ini di masyarakat,” ungkapnya.

Dia menegaskan, untuk menjamin dan memastikan ketersediaan pangan, pihaknya sudah merencanakan membangun lumbung pangan (padi) di kecamatan dan desa. Selain untuk memenuhi kebutuhan Rasda khusus yaitu bantuan untuk masyarakat kurang mampu, ketersediaan pangan juga dapat digunakan kebutuhan masyarakat umum, yang produksi dan pengelolaannya dilakukan juga oleh Perusda. (wh/Koran Kaltara)

Baca Juga

Berita Utama Index

APBD Tahun 2018 Ditetapkan

APBD Tahun 2018 Ditetapkan

Rabu, 13 Desember 2017

PROKAL.CO, MALINAU – Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPDB) Kabupaten Malinau tahun 2018 telah disetujui dan ditetapkan menjadi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018. Persetujuan dan penetapan dilakukan dalam

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya