img
img

Pemerintahan

Senin, 12 Juni 2017 | Oleh: HMS04

ASN, OPD dan Masyarakat Berperan

ASN, OPD dan Masyarakat Berperan SEMUA BERPERAN : Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si saat memberi arahan dan turun langsung ke lapangan terkait bagaimana pelaksanaan RT Bersih di Desa Pulau Sapi beberapa waktu lalu. AGUSSALAM SANIP/RADAR TARAKAN

PROKAL.CO, MALINAU – Siapapun yang berdomisili di Kabupaten Malinau wajib melaksanakan dan mendukung secara aktif program pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau.

Hal itu sering ditekankan Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si dalam setiap kesempatan, karena setiap warga masyarakat apapun tingkatan, jabatan dan status wajib aktif membangun di wilayah tempat tinggalnya. Apalagi sejak 2011 sampai dengan saat ini Pemkab Malinau mempercayakan sepenuhnya pembangunan kepada masyarakat dengan melibatkan langsung masyarakat desa melalui program Gerakan Desa Membangun (Gerdema).

Mulai tahun 2015 yang lalu, program Gerdema lebih dipertajam lagi ke tingkat Rukun Tetangga (RT) dengan program RT Bersih yang merupakan singkatan dari kata Rapi, Tertib, Bersih, Sehat, Indah dan Harmonis. “Prinsip RT Bersih itu kan tata kelola kehidupan yang baik dan benar, karena merupakan satu kesatuan dari sistem, prilaku dan budaya,” ungkap Bupati Yansen TP di dalam Rapat Pra Bulan Bakti RT Bersih Tahun 2017 di ruang Laga Feratu, Kantor Bupati Malinau beberapa waktu lalu.

Untuk menyukseskan program tersebut, dijelaskan Bupati, semua lapisan masyarakat mempunyai peran masing-masing. Khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN), mempunyai peran untuk menyosialisasikan, membina, mendidik, mengendalikan, membentuk dan menjadikan. Sedangkan untuk masyarakat, yaitu memiliki peran harus sadar, mengerti, berperilaku, bekerja dan mewujudkan kepribadian RT Bersih.

Dengan itu, di Tahun 2017, Pemkab Malinau kembali menggelar Bulan Bakti RT Bersih yang mulai 14 Juli–14 Agustus. Kegiatan selama sebulan tersebut, diharapkan bupati, menjadi salah satu tugas besar secara bersama-sama bagaimana mengubah masyarakat untuk berubah mewujudkan perubahan yang nyata.

“Bulan Bakti RT Bersih inikan perilaku dan kepribadian masyarakat. Jadi, tugas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) membuat rumusan aplikatif atau tugas pokok, kemudian rencana aksinya dan mekanisme scheduling kerja,” pungkasnya seraya mengatakan bahwa tidak ada alasan semua elemen masyarakat untuk tidak ikut berperan aktif dalam RT Bersih, apalagi ASN. (ags/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

Tampilkan Kreasi Membangun Malinau

Tampilkan Kreasi Membangun Malinau

Senin, 14 Agustus 2017

PROKAL.CO, MALINAU-Bupati Dr Yansen TP MSi membuka pameran produk-produk lokal yang dipusatkan di lapangan sepak bola Desa Kuala Lapang, Kecamatan Malinau Barat Kamis, kemarin. Kegiatan yang dihadiri oleh Pejabat FKPD dan kepala SKPD, camat, kepala desa 

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya