img
img

Info RT Bersih

Selasa, 09 Mei 2017 | Oleh: HMS04

Ketua RT Harus Berani Bersikap

Ketua RT Harus Berani Bersikap BERKOMITMEN : Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si bersama masyarakat RT 8, Desa Tanjung Lapang, Kecamatan Malinau Barat berkomitmen untuk sama-sama menjaga lingkungan dan menyukseskan program RT Bersih. Tampak juga Bupati mengingatkan salah satu pemilik toko dan karyawannya di Desa Malinau Kota agar turut serta menjaga kebersihan lingkungan di daerah tokonya. Rabu (3/5) lalu.

PROKAL.CO, MALINAU – Bupati Malinau Dr. Yansen TP M.Si kembali turun ke lapangan. Ia kembali blusukan ke lingkungan Rukun Tetangga (RT) di beberapa desa. Tujuan bupati turun ke lapangan sebagai bentuk kesungguhannya membangun daerah dengan memotivasi warga masyarakat, khususnya para ketua RT, aparat desa dan kecamatan untuk mensuksesan program Gerakan Desa Membangun (Gerdema) yang saat ini lebih dipertajam lagi dengan tiga program unggulan, yaitu RT Bersih, Beras Daerah (Rasda) dan Wajib Belajar 16 Tahun.

Rabu, (3/5) pekan kemarin, usai menggelar talk show “Bupati Menyapa” di ruang Tebengang, Kantor Bupati Malinau, Pukul 14.00 Wita, Bupati Yansen TP beserta Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Drs. Hendris Damus, M.Si, para asisten Sekretariat Kabupaten (Setkab) dan beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, blusukan ke beberapa RT di Desa Malinau Kota, Kecamatan Malinau Kota dan Desa Tanjung Lapang, Kecamatan Malinau Barat.

Dalam arahan langsungnya di hadapan para ketua RT, Kepala Desa dan Camat dan masyarakat, Bupati Yansen TP menegaskan bahwa bersih-bersih itu tugas dirinya sebagai kepala daerah dan juga tugas seluruh masyarakat, terlebih khusus para ketua RT yang berperan langsung di lapangan bersama masyarakat. “Nah jadi untuk itu kita harus berani bersikap. Kita ini pemerintah pak, harus berani membentuk sikap dan perilaku masyarakat,” ujar bupati kepada para ketua RT, Rabu (3/5) lalu.

Bupati pun meminta kepada para Ketua RT untuk tidak takut bersikap kepada masyarakat yang membandel atau tidak mau mengikuti aturan yang ada. Menurutnya, sepanjang sesuai aturan yang ada dan etika yang baik, para ketua RT dilindung Undang-undang untuk menjalankan tugas. “Tentu dilindungi oleh undang-undang. Nah kalau sikap kita ke masyarakat itu sesuai sepanjang aturan yang ada dan kemudian beretika, kita dilindungi pak. Jadi jangan takut,” tegasnya.

Dikatakan, kalau masyarakat bersikap negatif pada ketua RT, justru itu yang salah. Jadi, ia mengharapkan seluruh ketua RT mulai sekarang ini harus menyikapi itu dengan tegas. Bupati yang saat ini menjabat untuk periode kedua inipun kembali menegaskan bawa ia tidak sungkan-sungkan bicara keras dalam artian tegas kepada para ketua RT maupun masyarakat agar pembangunan di Kabupaten Malinau bisa berjalan dengan baik dan apa yang dicita-citakan bersama yaitu Malinau yang Maju dan Sejahtera itu bisa terwujud.

“Karena kita mau waktu kita membangun Malinau ini tidak sia-sia dan bisa terwujud ya pak camat ya. Jadi tidak ada cerita bapak ibu sebut RT Bersih itu cuman disebut saja. Tapi dilihat, dirasakan agar betul-betul Rapi, Tertib, Bersih, Sehat, Indah dan Harmonis,” pesannya.

Untuk itu, para ketua RT diminta harus lebih peduli terhadap lingkungannya masing-maasing, terutama juga wilayah RT yang daerahnya banyak toko-toko. Para pemilik toko dan karyawannya juga harus aktif menjaga kebersihan, termasuk para pedagang kuliner harus memperhatikan kesehatan makanan dan bersihnya tempat berjualan. “Seperti yang punya toko-toko itu, jangan berpikir bahwa dia berdagang saja, tapi dia wajib berkontribusi juga. Nah itu harus disikapi,” pungkasnya. (ags/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

Tingkatkan Harmonisasi, Pererat Tali Silaturahmi

Tingkatkan Harmonisasi, Pererat Tali Silaturahmi

Rabu, 28 Juni 2017

PROKAL.CO, MALINAU-Bupati Dr Yansen TP MSi mengaku bersyukur kepada Tuhan yang maha kuasa umat muslim di Kabupaten Malinau dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan perjalanan ibadah puasa tahun ini berjalan dengan tertib dan lancar.  Hal ini

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya