img
img

Pemerintahan

Rabu, 19 April 2017 | Oleh: HMS04

Pemkab Berencana Ledakkan Jeram Maut

Pemkab Berencana Ledakkan Jeram Maut

MALINAU- Permintaan masyarakat untuk meledakkan jeram maut, jeram yang terbentuk akibat longsor besar, sudah tanggapi pemerintah sejak permintaan tersebut terlontar. Bahkan Pemkab sudah memikirkannya sejak jeram yang sudah menelan 3 korban tersebut terbentuk.
Bupati Yansen TP menegaskan bahwa pemerintah daerah merencanakan upaya normalisasi tersebut. Salah satunya yaitu dengan meledakan batu-batu besar yang menyebabkan timbulnya jeram.
“Saya sudah berkoordinasi dengan Pak Dandim (0910 Malinau) terkait peledakan jeram itu,” kata Yansen TP beberapa waktu lalu. Namun mengingat cuaca, curah hujan yang tinggi, upaya peledakan belum dapat dilaksanakan.
Sekarang, pemerintah daerah tengah berkoordinasi kembali dengan Kodim 0910 terkait dengan upaya tersebut, termasuk meminta bantuan perusahaan tambang dalam hal penyiapan bahan untuk meledakan batu tersebut.
Ada 2 batu besar pada jeram tersebut yang perlu diledakan. Informasi dari warga, batu yang berada di tengah-tengah sungai itulah yang membuat arus jeram sekaligus mempersulit arah perahu manakala melaju dilokasi tersebut.
Menurut Kule Enjuk, Anggota DPRD asal Pujungan, cara yang mungkin untuk menghilangkan batu besar tesebut adalah diledakan dengan dinamit. “Jalan satu-satunya memang diledakan batu-batu besar di jeram itu,” tegasnya.
Saat ini, imbuhnya, satu-satunya jeram yang paling berbahaya dan menjadi rintangan terberat warga adalah jeram tersebut. Perahu tidak bisa sembarang lewat. Apalagi saat kondisi air sedang besar dan berpenumpang berat. Barang bawaan harus turun dan dilangsur lewat darat.(wh/Koran kaltara)

Baca Juga

Lima Desa Dapat Penghargaan Kamis, 23 November 2017

Lima Desa Dapat Penghargaan

Keputusan Tetap Pada Gubernur Kamis, 23 November 2017

Keputusan Tetap Pada Gubernur

Berita Utama Index

Bupati Lantik 28 Kepala Desa

Bupati Lantik 28 Kepala Desa

Kamis, 23 November 2017

PROKAL.CO, MALINAU - Pelantikan dan pengambilan sumpah janji kepala desa (Kades) terpilih periode 2017-2023 oleh Bupati Malinau Dr Yansen TP MSi  di ruang Tebengang, lantai 2, Kantor Bupati, Jalan Pusat Pemerintahan, Tanjung Belimbing, Selasa (21/11)

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya