img
img

Pemerintahan

Senin, 10 April 2017 | Oleh: HMS04

Sesuai UU, Kades Sampaikan LKPj

Sesuai UU, Kades Sampaikan LKPj PENYAMPAIAN LKPJ DESA : Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si, Ketua DPRD Malinau Wempi W. Mawa, SE dan beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Malinau berfoto bersama dengan unsur perangkat desa, camat serta kapolsek dan danramil, Kamis (6/4) di Aula Kantor Desa Wisata Pulau Sapi. AGUSSALAM SANIP / RADAR TARAKAN

PROKAL.CO, MALINAU – Mencermati pemyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) akhir masa jabatan Kepala Desa (Kades) Wisata Pulau Sapi Tahun Anggaran (TA) 2011-2016 yang disampaikan Kades Desa Wisata Pulau Sapi Yamus Yused, Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si bersyukur dan mengapresiasi bahwa pemerintahan desa (pemdes) berjalan dengan baik sesuai Undang-undang (UU).

“Kita bersyukur penyelenggaraan Pemdes Pulau Sapi khususnya kita bisa cermati dari Laporan Pertanggungjawaban Kades selama kurang lebih 6 tahun,” ucap Bupati Yansen TP saat menyampaikan sambutan dan arahan dalam acara Rapat Paripurna Masa Sidang I Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Pulau Sapi Tahun 2017 di Aula Kantor Desa Wisata Pulau Sapi, Kecamatan Mentarang, Kamis (6/4).

Dari laporan, kata bupati, bisa dicernai banyak hal yang mencerminkan dan menggambarkan siapa, apa dan bagaimana Desa Pulau Sapi. Kemudian, lanjutnya, dalam sambutan dan arahannya ia tidak akan menanggapi LKPj kades, karena itu kewenangan dari BPD.

“Mau dia raport merah, kuning dan mau raport apa, itu BPD yang mempunyai keputusan. Saya hanya mungkin ingin mempertegas beberapa hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan,” ungkap dia terkait maksud dan tujuan ia hadir.

“Namun, saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada kades dan perangkat desa yang telah melaksanakan proses pemerintahan dengan baik sampai pada tingkat paripurna pada siang hari ini (kemarin),” timpalnya.

Dikatakan Yansen, rapat paripurna yang dilaksanakan ini merupakan tingkatan-tingkatan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa yang tentu menjadi sebuah kebanggaan untuknya dan masyrakat terlebih khusus untuk Kabupaten Malinau, karena pelaksanaan LKPkj kades sesuai UU.

“Nah ini kita semua harus berangkat pada UU. Yaitu UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa itu menegaskan bahwa pemerintahan desa adalah penyelenggara kepentingan rakyat. Artinya, pemerintahan desa ini mengurus rakyat, merumuskan, mengartikulasikan, memformulasikan kebijakan untuk mewujudkan apa yang dikehendaki rakyat (masyarakat desa),” bebernya.

Sehingga, lanjutnya lagi, dari apa yang disampaikan kades tersebut, harus disyukuri pemerintahan bisa berjalan. Persoalan apakah mencapai tujuan yang dicita-citakan, kata bupati, itu tergantung dari semua prosesnya.

Ditegaskan, UU itu selalu ada, tapi belum tentu dia dilaksanakan. Prinsip-prinsip pemerintahan desa itu ada, tapi belum tentu juga itu dilaksanakan. Kalaupun prinsipnya ada dilaksanakan, belum tentu juga hasilnya maksimal dan belum tentu tercapai seperti apa yang dicita-citakan.

“LKPj ini penggambaran dari apa yang direncanakan oleh rakyat. Kenapa saya katakan dengan bahasa rakyat, karena prinsip dasar penyelenggaraan pemerintahan kita adalah percaya kepada rakyat. Rakyatlah yang bicara,” tegasnya.

“Pak Kades tinggal melaksanakan, Bupati tinggal melaksanakan apa yang dikehendaki rakyat. Inilah persoalaannya hal penting yang harus dicernai, saya ingin ini masuk ke dalam pikiran kita bahwa yang bicara di sini adalah rakyat,” imbuhnya seraya mengatakan karena rakyat yang bicara, maka sebeagai penyelenggara pemerintahan harus pintar mendengar.” Kalau kita mendengar (suara rakyat) kita harus mencernai, memcermati, kemudian kita memformulasikannya menjadi kebijakan,” tukasnya.

Sebelumnya, Kades Desa Wisata Pulau Sapi Yamus Yused dalam LKPJ-nya mengatakan atas nama pribadi maupun Pemdes Desa Wisata Pulau Sapi mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada BPD Desa Wisata Pulau Sapi yang telah meberikan kesempatan kepadanya untuk menyampaikan LKPj akhir masa jabatannya TA 2011 – 2016.

Dengan menyampaikan LKPj ini, katanya, ia sebagai kepala desa telah memenuhi salah satu kewajiban konstitusional sebagaimana yang telah diatur dalam pasal 27 huruf A, B, C dan D, UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

“Melalui penyampaian LKPj ini diharapkan kepada masayarakat Desa Wisata Pulau Sapi melalui BPD dapat memahami dan mengetahui berbagai upaya yang dilakukan oleh Pemdes Desa Wisata Pulau Sapi sepanjang TA 2011 -2016 melalui program Gerakan Desa Membangun (Gerdema) yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau dengan visi terwujudnya Kabupaten Malinau yang aman, nyaman dan damai,” ungkapnya.

Usai penyampaian LKPJ dari kades yang didengarkan langsung oleh ketua dan anggota BPD serta masyarakat, Othniel Foret, selaku Ketua BPD Desa Pulau Sapi memberi apresiasi yang tinggi kepada pemdes yang telah melaksanakan salah satu kewajibannya dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

“Harapan saya, setelah kita mendengarkan bersama LKPj yang sudah disampaikan agar ini menjadi informasi yang baik untuk kita semua, terutama untuk seluruh masyarakat Desa Wisata Pulau Sapi dalam mendukung pelaksanaan program kegiatan yang termuat dalam Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDes) yang mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes),” ucapnya mewakili anggota BPD dan masyarakat. (ags/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

Asisten III Lakukan Sidak Di Kecamatan

Asisten III Lakukan Sidak Di Kecamatan

Rabu, 26 April 2017

Malinau-Upaya penegakan disiplin di Kecamatan digalakkan. Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs.H.Edy Marwan, M.Si didampingi oleh Iwan Darma Yuana, S.Sos,M.Si Kepala Bagian Tata Pemerintahan turun melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Kecamatan

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya