img
img

Info Kaltara

Jum'at, 10 Maret 2017 | Oleh: HMS04

Peserta Membludak, KIF 2017 Berlangsung Sukses

Peserta Membludak, KIF 2017 Berlangsung Sukses

 

JAKARTA-Even Kaltara Investmen Forum (KIF) 2017 yang digelar di Ballroom Hotel JS Luwansa, pagi hingga sore, kemarin (08/03) berlangsung sukses. Antusiasme tamu undangan begitu terlihat. Lebih dari 500 orang yang sebagian besarnya pengusaha, baik skala nasional maupun internasional hadir memenuhi ballroom hotel berbintang lima itu.

Untuk diketahui selain pejabat kementrian, kepala daerah, tokoh nasional maupun tokoh daerah, lebih dari separuh undangan terdiri dari para investor, baik dalam maupun luar negeri. Beberapa investor dari luar negeri diantaranya dari Korea, Malaysia, Jepang, Tiongkok dan Australia. Sementara tokoh nasional yang hadir diantaranya Tanri Abeng, mantan Menteri Negara BUMN dan beberapa lainnya.

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto lambrie dalam sambutannya, tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Projo (Pro Jokowi) yang telah memprakarsai forum tersebut.

Gubernur juga memperkenalkan bupati/walikota dan pimpinan DPRD yang hadir. “Sengaja saya undang para bupati dan walikota, karena nanti saat bapak ibu berinvestasi di Kaltara akan berhubungan sama bupati dan walikota ini. termasuk juga hadir para tokoh adat, tokoh masyarakat yang merupakan pimpinan masyarakat secara langsung,” ujar Irianto. Gubernur juga optimis dari forum ini, mampu menarik investor untuk datang berinvestasi di kaltara.

Kehadiran dua pejabat setara Menteri, yaitu kepala BKPM Indonesia Thomas Lembong dan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto menambah gairah dan semangat para peserta dalam forum tersebut. Keduanya banyak memberikan masukkan dan informasi tentang kebijakan-kebijakan pemerintah untuk peluang investasi di Kaltara.

Sementara itu, dalam paparannya, Irianto mengungkap sejumlah potensi yang dimiliki Kaltara. Terutama sumber energi berbasis konservasi. Diantaranya kekayaan alam berupa sungai yang berpotensi menjadi sumber energi listrik berkapasitas ribuan megawatt.

 Selain potensi sumber daya air sungai, juga dipaparkan sumber daya alam lainnya. Seperti minyak dan gas di beberapa blok di Kaltara, batubara, serta potensi perikanan dan perkebunan. Juga kawasan tanaman pangan atau food estate yang dibangun di Bulungan dan Nunukan, serta kabupaten lain.

“Ada 9 titik ladang minyak mengandung 764 juta barel minyak dan 1,4 triliun cubic feet gas. Potensi gas Kaltara tersebar di Bulungan, Tana tidung dan Nunukan,” ungkap Irianto menunjukkan potensi migas di Kaltara.

Potensi lainnya yang bisa dikembangkan di Kaltara adalah hydropower. Menurut Irianto, di Kaltara terdapat lebih dari 20 sungai yang berpotensi  bisa dibangun pembangkit listrik (PLTA) karena memiliki arus yang cukup kuat. Ke 20 sungai tersebut tersebar di 3 kabupaten berbeda di Kaltara.

Yaiut, sebutnya, di kabupaten Nunukan sumber air dari sungai Sembakung yang berpotensi menghasilkan 500 megawatt (MW) dalam proses ijin lokasi, kabupaten Bulungan di sungai Kayan 9000 MW, saat ini sudah dalam tahap pembangunan konstruksi untuk bendungan tahap pertama yang ditargetkan menghasilkan 900 MW listrik dan akan selesai dalam kurun waktu 4 tahun. “Kemudian juga di kabupaten Malinau di sungai Mentarang 7600 MW atau 3430 MW, yang sedang dalam tahap ijin lokasi dan ijin lingkungan atau amdal,” papr Irianto.

Gubernur juga mengatakan, beberapa investor sudah menunjukkan ketertarikan untuk berinvestasi di bidang hydropower di Kaltara, misalnya Serawak Energy Benhad. Termasuk PT Kayan Hydro Energy  yang sudah mulai melakukan pembangunan PLTA di sungai Kayan, Peso, Bulungan.

Selain potensi hydropower, beberapa perusahaan besar juga mulai melirik Kaltara. Seperti PT Inalum PT Posco Enginering dan juga PT Hyundai Group.

Kaltara, sebut Irianto, juga memiliki potensi lahan yang cukup luas guna dikembangkan sebagai energi biofuel dan kelapa sawit. Saat ini terdapat lahan perkebunan seluas 808 ribu hektaryang tersebar di empat kabupaten, Bulungan, Nunukan, Malinau dan Tana Tidung.

Irianto menambahkan, tidak perlu khawatir datang dan berinvestasi di Kaltara. Pemerintah akan memberikan kemudahan-kemudahan kepada para investor.

Program lainnya yang akan dibangun di Kaltara adalah kawasan industri terpadu di daerah Tanah Kuning, Tanjung Palas Timur. Kawasan seluas 15.000 hektar yang dalam program pengembangan ekonomi nasional ini, akan terintegrasi dengan pelabuhan internasional. (humaspemprov)

sumber data : http://kaltaraprov.go.id/newsview/1884/peserta.membludak.kif.2017.berlangsung.sukses.optimis.bisa.menggaet.investor.ke.kalimantan.utara.html

Baca Juga

Berita Utama Index

Bupati Kaget Pusat Pemerintahan Jadi Pusat Olahraga Masyarakat

Bupati Kaget Pusat Pemerintahan Jadi Pusat Olahraga Masyarakat

Kamis, 23 Maret 2017

MALINAU-Bupati Malinau Dr Yansen TP MSi mengajak sejumlah pejabat yang ada di Kabupaten Malinau baik kepala pejabat Forum Koordinasi pimpinan daerah (FKPD), anggota DPRD Malinau  maupun kepala SKPD untuk berolah raga bersama di lingkungan kantor

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya
[WIDGET KOMINFO] 21 Mar 2017 12:01 - ARTIKEL GPR - 5 Pilar Kurangi Penyakit Berbasis Lingkungan | 20 Mar 2017 13:59 - ARTIKEL GPR - SNI AWARD 2017: Penghargaan Tertinggi dari Pemerintah RI untuk Penerap SNI | 17 Mar 2017 08:35 - ARTIKEL GPR - Waspada Investasi Ilegal Berkedok Investasi | 15 Mar 2017 17:53 - ARTIKEL GPR - Wakil Presiden Pimpin Rapat Asian Games 2018 di Kemenpora | 14 Mar 2017 14:43 - ARTIKEL GPR - Bantuan Premi Asuransi Nelayan