img
img

Pemerintahan

Jum'at, 10 Maret 2017 | Oleh: HMS04

Dinkes Buka Lowongan Tenaga Medis RS Long Ampung

Dinkes Buka Lowongan Tenaga Medis RS Long Ampung Teks Foto : Rumah Sakit Pratama Long Ampung berada di Kecamatan Kayan Selatan. (foto :ISTIMEWA)

MALINAU-Dinas Kesehatan (Dinkes menargetkan pihaknya dapat melakukan seleksi para tenaga medis untuk Rumah sakit (RS) Pratama Long Ampung pda Maret ini. Sedianya, seleksi sudah dilaksanakan pada Februari lalu, namun karena berbagai kondisi seleksi mundur hingga Maret ini.

“Karena berbagai kondisi, seleksi jadi mundur. Tapi target kami bulan Maret ini sudah dapat dilaksanakan,” ungkap Kepala Dinkes, Jhon Felix Rundupadang, usai mengikuti kegiatan pertemuan dengan anggota DPRD, Rabu (08/03) kemarin.

Saat ini, sudah ada 40 tenaga medis yang mendaftar untuk mengikuti seleksi. Mereka adalah tenaga-tenaga kesehatan dibidang perawatan dan bidan yang berasal dari Apau Kayan (Sungai Boh, Kayan hulu, Kayan Hilir dan Kayan Selatan). “Yang diprioritaskan adalah putra-putri daerah Apau Kayan disana,” imbuhnya.

Ke-40 pendaftar tersebut, akan di seleksi untuk memperebutkan 20 posisi lowongan. “Karena untuk sementara yang dibutuhkan disana 20 paramedis,” tambahnya.

Namun demikian, kompetensi tetap diutamakan. Sebab, tempat tugas mereka adalah RS yang tuntutannya sangat berbeda dengan puskesmas. “Dirumah sakit, kemandirian sangat dituntut,” jelasnya.

Karena itulah kompetensi dan kemapuan diperhatikan dalam hal seleksi. Dengan demikian, tidak serta merta kebutuhan pegawai dipenuhi oleh mereka yang dari Apau Kayan. “Mereka diutamakan. Kalau nanti yang lulus seleksi dan kompetensi kurang, akan ditambah dari luar melalui proses seleksi yang sama,” jelas Jhon Felix.

Sebagai persiapan menjelang pengoperasian, saat ini pembenahan sedang dilakukan oleh 4 dokter disana. Salah satunya dokter yang selama ini bertugas di kecamatan Sungai Boh yang pada saat RS buka nanti akan diberi tanggung jawab sebagai pimpinan atau direktur RS Pratama, perbatasana.

Pihaknya menargetkanpada Maret seleksi selesai sehingga pada April RS tersebut sudah mulai buka melayani pasien disana. Biaya operasional RS Pratama ditanggung oleh pemerintah daerah melalui APBD. “Tahun ini sudah dianggarkan,” terang Jhon Felix.

Kedepan, pembiayaan dapat diperoleh juga darin pemerintah pusat melalui Kementrian Kesehatan. “Diajukan, bantuan bisa diperoleh dari pusat,” ujarnya.

Juga dari Pemprov Kaltara, misalnya dalam hal bantuan tenaga medis. Sudah ada wacana bantuan tenaga medis. Sudah ada wacana bantuan tenaga medis (dokter) dari Pemprov Kaltara sebanyak 2 orang, namun belum dapat dilaksanakan tahun ini. (wh/Koran Kaltara)

Baca Juga

Berita Utama Index

Pemerintah dan Dewan Sambut Positif

Pemerintah dan Dewan Sambut Positif

Rabu, 18 Oktober 2017

PROKAL.CO, MALINAU-Bupati Dr Yansen TP MSi menyambut baik atas masuknya investor baru yang melakukan ekspose pembangkit listrik tenaga air (PLTA) oleh PT Kayan Investama Internasional dan Sarawak Energy Berhad di Kabupaten Malinau.  Ekspose dibuka

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya