img
img

Info Kaltara

Senin, 06 Februari 2017 | Oleh: HMS04

Bulan ini, Subsidi Penerbangan Ke Perbatasan Di Target Mulai Jalan

Bulan ini, Subsidi Penerbangan Ke Perbatasan Di Target Mulai Jalan Teks Foto : Pemprov Kaltara menargetkan bulan ini proses lelang SOA (Subsidi Ongkos Angkut) sudah tuntas dilakukan. (foto : Istimewa)

JAKARTA – Masyarakat di wilayah perbatasan dan pedalaman yang sejak sebulan terakhir terkendala transportasi, bisa sedikit bernafas lega. Ongkos pesawat sebagai satu-satunya sarana transportasi warga, akan kembali di subsidi. Pemerintah provinsi (Pemprov) menargetkan bulan ini proses lelang Subsidi Ongkos Angkut (SOA) sudah tuntas dilakukan.

Seperti diketahui, sejak berakhirnya tahun anggaran per 31 Desember 2016 SOA untuk angkutan penerbangan tidak lagi diberikan. Sehingga masyarakat di perbatasan dan pedalaman harus membayar mahal untuk bisa melakukan perjalanan keluar daerah mereka.

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto lambrie telah melakukan berbagai upaya untuk mencari jalan keluar persolalan yang selalu dialami masyarakat di perbatasan dan peadalaman tersebut. Salah satunya melakukan komunikasi ke sejumlah kementrian di pusat, utamanya dengan Menteri Perhubungan, agar SOA dilakukan dengan sistem tahun jamak atau multiyears.

Selain itu, untuk jangka panjang Gubernur mengusulkan kepada Presiden agar dibantu pengadaan pesawat guna melayani masyarakat di pedalaman dan perbatasan Kaltara. Pengelolaannya nati akan dilakukan oleh Perusahaan Daerah (Perusda) yang dibentuk oleh Pemporv.

Sambil menunggu pemerintah pusat yang belum memutuskan untuk menyetujui atau tidak melakukan proses lelang tahun jamak, Pemprov telah memproses SOAyang dianggarkan melalui APBD provinsi Kaltara.

Menurut informasi yang diberikan Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltara, SOA untuk angkutan penerbangan sebesar Rp 8,5 miliar sudah dalam tahap proses pelelangan. “Sudah proses di Biro Pembangunan. Mudah-mudahan bulan ini sudah selesai dan bisa jalan,” ungkap Irianto.

Gubernur meminta kepada jajaran staf yang menjalankan proses administrasi maupun lelang, hingga pelaksanaan SOA ini, bisa bekerja cepat. Karena,  SOA ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang selama ini bergantung pada angkutan penerbangan.

“Kita menyadari, subsidi ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Karena jika tidak ada subsidi warga harus mencarter pesawat dengan biaya mahal. Makanya saya minta agar prosesnya bisa cepat, sehingga warga bisa mendapatkan subsidi dan transportasi kembali lancar,” ujarnya.

Irianto menambahkan, selain dari pemerintah provinsi, SOA untuk penerbangan ke pedalaman dan perbatasan juga ada subsidi dari pusat melalui APBN dan pemerintah kabupaten. Anggaran sebesar Rp 29 miliar dari APBN, melalui Kementrian Perhubungan RI sudah terlebih dahulu melakukan proses lelang sejak bulan Januari lalu.

Untuk diketaui, ada 14 jalur atau rute penerbangan pergi pulang (PP) yang disubsidi pemerintah. Tujuh jalur diantaranya menuju kabupaten Malinau, dan 7 rute lagi di daerah kabupaten Nunukan. Tak hanya di kabupaten, termasuk rute ke ibukota provinsi (Tanjung Selor) dan Tarakan mendapat subsidi. (humasprov).

Sumber :

http://kaltaraprov.go.id/newsview/1771/bulan.ini.subsidi.penerbangan.ke.perbatasan.ditarget.mulai.jalan.html

Baca Juga

Berita Utama Index

22 Tower Telekomunikasi akan Dibangun

22 Tower Telekomunikasi akan Dibangun

Sabtu, 22 Juli 2017

PROKAL.CO, MALINAU – Saat ini memang semua daerah mengalami defisit anggaran, namun itu bukan alasan dan berpasrah diri untuk tidak membangun. Untuk membuka keterisolasian wilayah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau melalui Dinas Komunikasi

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya
[WIDGET KOMINFO] 23 Jul 2017 07:01 - ARTIKEL GPR - Hari Anak Nasional, Perlindungan Anak Dimulai dari Keluarga | 20 Jul 2017 15:32 - ARTIKEL GPR - Kejaksaan Republik Indonesia Serius Tangani Pemulihan Aset | 17 Jul 2017 17:12 - ARTIKEL GPR - Koperasi jadi Institusi Ekonomi Rakyat Di Masa Depan | 17 Jul 2017 16:59 - ARTIKEL GPR - Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional | 13 Jul 2017 11:37 - ARTIKEL GPR - Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2017