img
img

Info Kaltara

Selasa, 24 Januari 2017 | Oleh: HMS04

500 Formasi CPNS Kaltara Dilaksanakan Tahun Ini?

500 Formasi CPNS Kaltara Dilaksanakan Tahun Ini? Drs. H. Badrun M.Si, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltara.

PROKAL.CO, TANJUNG SELOR – Setelah resmi disahkan menjadi provinsi ke 34 dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui rapat Paripurna DPR pada 25 Oktober 2012 berdasar Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2012. Sejauh ini Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) masih kekurangan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai penunjang penyelenggaraan pemerintahan. Sehingga secara khusus setelah adanya kebijakan moratorium (penundaan) penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparutar Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), hanya Provinsi Kaltara dan Papua Barat yang dapat melakukan penerimaan CPNS.

Sekretaris Daerah Provinsi Kaltara Drs. H. Badrun M.Si mengatakan rekrutmen CPNS di Kaltara masih termasuk satu-satunya provinsi di Indonesia yang mendapatkan formasi untuk rekrutmen CPNS. Sedangkan formasi penerimaan CPNS untuk Papua Barat, karena mereka tidak melaksanakan tahun 2014, kemungkinan dilaksanakan tahun 2017.

Jika tahun 2016 rencana penerimaan CPNS Kaltara sekitar 500 formasi, karena belum dapat dilaksanakan kemungkinan dilaksanakan tahun 2017 dengan jumlah formasi sama.

“Itukan (500 formasi) belum dilaksanakan (2016), jadi tetap itu kemungkinan dilaksanakan tahun 2017, karena tahun kemarin tidak sempat,”urainya.

H. Badrun juga menyampaikan, pelaksanaan penerimaan CPNS tersebut biasanya pertengahan tahun keatas atau atara bulan Juni bisa Oktober yang jelas sebelum tutup tahun 2017.

“Tahun 2014, penerimaan CPNS Kaltara sekitar bulan September,”jelasnya singkat.

Berkaitan persiapan penerimaan CPNS Kaltara tahun 2017, menurutnya tidak ada yang perlu adanya persiapan khusus. Karena hal tersebut bagian dari pembinaan kepegawaian, dari tahap rekrutmen, seleksi, penempatan pembinaan hingga ke urusan pensiun persiapanya biasa saja.

“Biasa saja saya kira, karena ini pekerjaan siklus pembinaan kepegawaian,”terangnya.

Untuk penerimaan CPNS Kaltara tahun 2017, menurutnya akan dilaksanakan seleksi terbuka secara nasional, karena Kaltara akan bekerjasama dengan Menpan dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Otomatis kita tidak bisa melokalisir, dengan berpedoman pada pelaksanaan rekrutmen CPNS Kaltara tahun 2014.

“Pedomanya seperti rekrutmen CPNS tahun sebelumnya,”katanya.

Jika berkaitan dengan simulasi sebelum mengikuti seleksi, untuk para peserta yang berdomisili di Kaltara, seperti pelaksanaan tahun sebelumnya. Hal tersebut menurut H. Badrun, juga akan di programkan dalam penerimaan CPNS Kaltara tahun 2017.

“Itu (simulasi) kita programkan tidak ada masalah, artinya bagaimana ada semacam kegiatan pra atau kegiatan pendahuluan bagi adek-adek kita di Kaltara. Untuk meningkatkan kapasitas, dan lebih familiar dengan CAT (Computer Assisted Test) dan lain sebagainya,”terangnya.

Berkaitan dengan alokasi anggaran pelaksanaan penerimaan CPNS Kaltara 2017 ?. Hal tersebut, menurutnya akan dibahas dalam waktu dekat. “Insya Allah ada anggaranya,”singkatnya, mengakhiri.(dsh/dsh/Radr Tarakan)

Baca Juga

Berita Utama Index

Bupati Kaget Pusat Pemerintahan Jadi Pusat Olahraga Masyarakat

Bupati Kaget Pusat Pemerintahan Jadi Pusat Olahraga Masyarakat

Kamis, 23 Maret 2017

MALINAU-Bupati Malinau Dr Yansen TP MSi mengajak sejumlah pejabat yang ada di Kabupaten Malinau baik kepala pejabat Forum Koordinasi pimpinan daerah (FKPD), anggota DPRD Malinau  maupun kepala SKPD untuk berolah raga bersama di lingkungan kantor

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya
[WIDGET KOMINFO] 21 Mar 2017 12:01 - ARTIKEL GPR - 5 Pilar Kurangi Penyakit Berbasis Lingkungan | 20 Mar 2017 13:59 - ARTIKEL GPR - SNI AWARD 2017: Penghargaan Tertinggi dari Pemerintah RI untuk Penerap SNI | 17 Mar 2017 08:35 - ARTIKEL GPR - Waspada Investasi Ilegal Berkedok Investasi | 15 Mar 2017 17:53 - ARTIKEL GPR - Wakil Presiden Pimpin Rapat Asian Games 2018 di Kemenpora | 14 Mar 2017 14:43 - ARTIKEL GPR - Bantuan Premi Asuransi Nelayan