img
img

Pertanian

Selasa, 24 Januari 2017 | Oleh: HMS04

Garap Lahan dari Nol, Hasil Panen Melimpah

Garap Lahan dari Nol, Hasil Panen Melimpah DIUBIN: Tim dari BPD dan Dinas Pertanian Kabupaten Malinau didampingi Babinsa dan PLL Pertanian saat melakukan pengubinan terhadap tanaman padi yagn siap panen milik kades Lubak Manis beberapa wkatu lalu. (foto istimewa)

PROKAL.CO, MALINAU –  Kepala Desa Lubak manis Kecamatan Malinau Utara Stenly Rining mengungkapkan, hasil panen padi petani di desanya diperkirakan Januari ini mencapai 7,78 ton per hektare.

Pencapaian hasil panen berlimbah tersebut diketahui setelah dilakukannya proses pengubinan di Desa Lubak Manis yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan Dinas Pertanian Kabupaten Malinau sebelum padinya dipotong.

“Target awal panen kami hanya sekitar 4 ton saja per hektare, dan kami bersyukur melebihi target panen,” ungkap Stenly.

Para petani  Desa  Lubak Manis, berterimakasih kepada pihak-pihak  yang  memantau kegiatan petani di lapangan. Khususnya di PPL yang ada di Malinau Utara dari mulai penataan, penyemaian dan penanaman perdamna pada September tahun lalu.

“Yang dipanen sekarang ini yang sudah melalui perhitungan BPS dengan hasil ubinan adalah sekitar 7,78 ton per hektare,” sebut Stenly Rining.

Lanjut Stenly, jika melihat hasil tonase pada hasil panen yang diberikan reward oleh Bupati Malinau Dr Yansen TP tahun  lalu, desa yang hasil panennya mencapai 6,8 hektare dapat dilampaui hasil panennya dari petani Desa Lubak Manis dengan lahan baru yang baru pertama kali ditanami.

“Mudah-mudahan ini jadi pencapaian maksimal dalam upaya kami sebagai petani yang betul-betul belajar dari titik nol. Kami juga akan terus berupaya memberikan motivasi kepada para petani untuk terus menggarap lahan pertaniannya khususnya tanam padi,” tutur Stenly. Dirinya mengajak seluruh masyarakat Lubak Manis agar sebagai petani harus mensejahterakan diri dan keluarganya sendiri , melalui program kepala daerah  Bupati Malinau atau Gerdema jilid dua ini disukseskan.

 “Artinya program ini, pemerintah suskes, pribadi petani  juga suskes. Hasil dari bertaninya mensejahterakan keluarga  atau rumah tangga petani sendiri,”pungkas Stenly. (ida/nri/Radar Tarakan)

Baca Juga

Berita Utama Index

Bupati Kaget Pusat Pemerintahan Jadi Pusat Olahraga Masyarakat

Bupati Kaget Pusat Pemerintahan Jadi Pusat Olahraga Masyarakat

Kamis, 23 Maret 2017

MALINAU-Bupati Malinau Dr Yansen TP MSi mengajak sejumlah pejabat yang ada di Kabupaten Malinau baik kepala pejabat Forum Koordinasi pimpinan daerah (FKPD), anggota DPRD Malinau  maupun kepala SKPD untuk berolah raga bersama di lingkungan kantor

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya
[WIDGET KOMINFO] 21 Mar 2017 12:01 - ARTIKEL GPR - 5 Pilar Kurangi Penyakit Berbasis Lingkungan | 20 Mar 2017 13:59 - ARTIKEL GPR - SNI AWARD 2017: Penghargaan Tertinggi dari Pemerintah RI untuk Penerap SNI | 17 Mar 2017 08:35 - ARTIKEL GPR - Waspada Investasi Ilegal Berkedok Investasi | 15 Mar 2017 17:53 - ARTIKEL GPR - Wakil Presiden Pimpin Rapat Asian Games 2018 di Kemenpora | 14 Mar 2017 14:43 - ARTIKEL GPR - Bantuan Premi Asuransi Nelayan