img
img

Pertanian

Senin, 23 Januari 2017 | Oleh: HMS04

Hasilkan 7,78 Ton Per Hektar

Hasilkan 7,78 Ton Per Hektar TEKS FOTO: DIUBIN; Tim dari BPD dan Dinas Pertanian Kabupaten Malinau didampingi Babinsa dan PLL Pertanian saat melakukan pengubinan terhadap tanaman padi yang siap panen milik kades Lubak Manis beberapa waktu lalu. (foto istimewa)

MALINAU-Kepala Desa Lubak manis Kecamatan Malinau Utara Stenly Rining mengungkapkan, hasil dari padi sawah  miliknya yang baru dipanen di awal bulan Januari ini diperkirakan mencapai 7,78 ton per hektar. Hasil tersebut diketahui setelah dilakukan pengubinan terhadap lahan padi sawah yagn siap panen oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan Dinas Pertanian Kabupaten Malinau sebelum padinya dipotong. “Ini hal yang cukup membanggakan bagi kami, petani Lubak Manis karena target awal itu maksimal hanya  4 ton saja per hektar,” terang Stenly Rining kepada media saat ditemui di sawahnya di Lubak Manis, pekan kemarin.

Karena itu, atas nama masyarakat petani Desa Lubak Manis Stenly Rining menyampaikan  terimakasih  kepada Dinas Pertanain  melalui   Koordinator   PPL Malinau Utara yang selalu memantau  kegiatan petani di lapangan. Khusunya di PPL yang ada di Kecamatan Malinau Utara  mulai penataan, peneyemaian, hingga menanam dan bahkan sempat embuat  tanam perdana untuk Malinau Utara  di sekitar bulan September pada 2016 tahun lalu. “Dan, yang dipanen sekarang inilah sudah dipanen dan melalui perhitungan BPS,hasil ubinan adalah 7,78 ton per hektar,” sebut Stenly Rining.

Artinya, sambung Stenly Rining, jika melihat hasil tonase hasil panen yang diberikan reward oleh Bupati Malinau di tahun yang lalu yang hasil panennya hanya 6,8 ton per hektar,  sekarang petani Lubak Manis  juga ternyata bisa melampainya. Karena lahan yang digunakan tempat bertanam padi sawah ini masih baru. Artinya lahan belum dikelola  di tanam sbeeblumnya. “Mudah-mudahan ini pencapaian maksimal dalam upaya kami sebagai petani yang betul-betul belajar dari titik nol. Kami juga akan terus berupaya memberikan motivasi kepada petani untuk terus menggarap lahan pertaniannya khususnya tanam padi,” ungkap Stenly.

Atas capaian tersebut, dirinya bersyukur karena sudah diatas hasil panen yang mendapat reward dari tahun lalu  yang mencapai 6,8 dari Kecamatan Malianu Barat. Hal ini juga menjadi salah satu terobosan  untuk Kecamatan Malinau Utara, khususnya di Desa Lubak Manis. “Karena itu, dirinya juga mengajak seluruh masyarakat Lubak Manis agar sebagai petani harus mensejahterakan diri dan keluarganya sendiri , melalui program kepala daerah  Bupati Malinau atau gerdema jilid dua ini disukseskan. “Artinya program ini, pemerintah suskes, pribadi petani  juga suskes. Hasil dari bertaninya mensejahterakan keluarga  atau rumah tangga kita sendiri,” ujar stenly memberikan motivasi kepada apra petani lainnya.(ida/Radar tarakan)

Baca Juga

Berita Utama Index

APBD Tahun 2018 Ditetapkan

APBD Tahun 2018 Ditetapkan

Rabu, 13 Desember 2017

PROKAL.CO, MALINAU – Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPDB) Kabupaten Malinau tahun 2018 telah disetujui dan ditetapkan menjadi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018. Persetujuan dan penetapan dilakukan dalam

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya