img
img

Kerajinan dan Produk Unggulan

Rabu, 13 Desember 2017 | Oleh: hms04

Sukses Kembangkan Produk Olahan Perikanan

Sukses Kembangkan Produk Olahan Perikanan PRODUK MALINAU: Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si bersama Ketua TP PKK Malinau Ping Yansen dan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malinau H. Saparudin, S.Sos, M,Si saat memperlihatkan produk olahan ikan air tawar hasil binaan Dinas Perikanan Kabupaten Malinau di Fish Mart Dinas Perikanan bersama Poklahsar Kabupaten Malinau di kompleks Show Room TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Malinau, Senin (12/12). AGUSSALAM SANIP/RADAR TARAKAN

PROKAL.CO, MALINAU – Semakin hari semakin banyak potensi untuk penguatan ekonomi masyarakat yang dikembangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau. Selain pengembangan produk anyaman rotan, batik dan produk lainnya yang telah dulu sukses. Kini, produk olahan ikan air tawar pun juga dikembangkan.

Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si kala mengunjungi Fish Mart Dinas Perikanan bersama kelompok pengolahan dan hasil pemasaran (Poklahsar) Kabupaten Malinau di kompleks Show Room TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Malinau mengatakan, dengan kondisi penurunan ekonomi di Indonesia dan negara lainnya pada saat ini membuat pemerintah daerah (pemda) tidak bisa lagi melakukan kegiatan-kegiatan berskala besar.

Untuk itu, dalam rangka menumbuh kembangkan pertumbuhan ekonomi yang kuat, pihaknya melakukan kegiatan lebih pada pengembangan sektor riil di tengah-tengah masyarakat. “Jadi, produk yang dihasilkan oleh Kelompok Nur Bais (binaan Dinas Perikanan), dalam rangka memanfaatkan potensi ikan yang ada di Malinau Seberang. Suatu peluang untuk penguatan ekonomi rakyat Malinau,” ujar Bupati kepada pewarta, Senin (11/12).

Bupati menilai yang dilakukan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Malinau sudah tepat yakni mengembangkan potensi olahan perikanan. Apalagi, Malinau memiliki potensi ikan air tawar yang lumayan banyak hasil dari para petani di kawasan budidaya perikanan Minapolitan, Desa Malinau Seberang, Kecamatan Malinau Utara.

“Itu (pengembangan olahan perikanan,Red) juga salah satu bagian dari upaya kita dalam rangka bagaimana memanfaatkan potensi-potensi yang dimiliki oleh masyarakat Malinau,” katanya.

Sebab itu, lanjut Bupati, sebagaimana yang selalu ia sampaikan kepada masyarakat, bahwa Pemkab Malinau saat ini sedang mendorong semua potensi-potensi yang bisa dikembangkan. Maka dari itu, ia mengharapkan masing-masing kelompok pengrajin atau kelompok pengolah penganan untuk mengelola potensi-potensi yang mereka miliki dengan mendesain semenarik mungkin, dengan kualitas pengolahannya yang baik. Kemudian, lanjutnya lagi, dari sisi kesehatan juga harus terjamin dan dari sisi label halalnya juga harus ada.

Saat melihat olahan ikan air tawar di Fish Mart Dinas Perikanan bersama Poklahsar, produk yang dihasilkan dianggapnya cukup higienis dan layak dikonsumsi masyarakat. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada kelompok binaan Dinas Perikanan karena telah membaca peluang atau potensi dalam mengembangkan produk olahan ikan air tawar. “Saya ucapkan terima kasih kepada Kelompok Tani Nur Bais yang sudah berupaya untuk mengembangkan potensi yang ada di desa. Di Desa Malinau Seberang ada kawasan Minapolitan yang menghasilkan ikan patin, nila, mas, gurami dan ikan lainnya, saya harapkan itu ditopang juga oleh keterampilan rumah tangga seperti pembuatan abon, ikan asap dan olahan lainnya. Jadi ikan tidak jual mentah saja, tapi juga diolah untuk dipasarkan,” pungkasnya. (ags/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

Ping Yansen: “Kami Semua Sayang Papah”

Ping Yansen: “Kami Semua Sayang Papah”

Selasa, 16 Januari 2018

PROKAL.CO, MALINAU – Sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan, Ping Yansen beserta anak-anaknya mengundang para pejabat daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat serta staf di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau untuk menghadiri acara syukuran

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya
[WIDGET KOMINFO] 09 Jan 2018 13:46 - ARTIKEL GPR - Presiden Tegaskan Rakyat Harus Jaga dan Pelihara Kesatuan di Tahun Politik | 04 Jan 2018 13:23 - ARTIKEL GPR - Asuransi Perikanan Senjata KKP Lindungi Pembudidaya Ikan Kecil | 27 Dec 2017 13:25 - ARTIKEL GPR - Penyerahan Sertifikat Kompetensi Peserta Pemagangan 2017 oleh Presiden Republik Indonesia | 22 Dec 2017 09:57 - ARTIKEL GPR - Perempuan Berdaya untuk Indonesia | 19 Dec 2017 10:33 - ARTIKEL GPR - Peringatan Hari Bela Negara 2017