img
img

Berita Warga

Rabu, 13 Desember 2017 | Oleh: HMS04

Program Sertifikat Gratis Banjir Peminat

Program Sertifikat Gratis Banjir Peminat SERTIFIKASI - Petugas BPN melakukan pengecekan lahan pertanian warga dalam proses pembuatan sertifikat gratis.

MALINAU- Usulan sertifikat tanah gratis ke pemerintah pusat melalui Badan Pertanahan Nasional tampaknya banyak peminat. Usulan warga di tiap desa mencapai puluhan hektare. Contohnya di Desa Malinau Hulu, Kecamatan Malinau Kota.
Kepala Desa Malinau Hulu, Ahmad AH mengungkapkan, kendati tahun ini desanya belum kebagian program nasional untuk pengadaan sertifikat tanah gratis seperti desa lainnya, namun pihaknya sudah mengajukan sertifikat untuk sekitar 50 hektare lahan pertanian.
Pengajuan tersebut didasarkan atas tingginya permintaan masyarakat atau kelompok tani. “Sehingga kami harus berupaya untuk mewadahinya,” ungkap Ahmad AH, Senin (11/12) kemarin.
Saat ini masyarakat yang sudah mengurus kelengkapan administrasi hanya tinggal menunggu progres dari BPN. Ia memperkirakan, sertifikat akan keluar pada tahun 2018 mendatang.
Selain pengajuan yang sudah, Ahmad pun memperkirakan permintaan masyarakat untuk tahun 2018 juga masih tinggi.
Selain sertifikat untuk lahan pertanian, permintaan untuk lahan permukiman juga banyak. Namun, imbuhnya, saat ini fokusnya adalah sertifikat pada lahan pertanian. “Yang merupakan pengajuan secara kolektif dari kelompok tani,” imbuhnya.
Sementara itu, terkait dengan program sertifikat tanah gratis atau Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Yunisaf Zachri, mengungkapkan bahwa tahun ini pihaknya menggenjot 500 sertifikat.
PTSL tahun ini dilaksanakan untuk warga di sejumlah desa di Kecamatan Malinau Utara yaitu Desa Malinau Seberang, Respen Tubu, Sembuak, Luso, Kaliamok dan Putat. Lalu di Desa Tanjung Keranjang Kecamatan Malinau Kota, Desa Langap Kecamatan Malinau Selatan serta Desa Paking dan Harapan Maju Kecamatan Mentarang. 

Baca Juga

Berita Utama Index

Ping Yansen: “Kami Semua Sayang Papah”

Ping Yansen: “Kami Semua Sayang Papah”

Selasa, 16 Januari 2018

PROKAL.CO, MALINAU – Sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan, Ping Yansen beserta anak-anaknya mengundang para pejabat daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat serta staf di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau untuk menghadiri acara syukuran

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya
[WIDGET KOMINFO] 09 Jan 2018 13:46 - ARTIKEL GPR - Presiden Tegaskan Rakyat Harus Jaga dan Pelihara Kesatuan di Tahun Politik | 04 Jan 2018 13:23 - ARTIKEL GPR - Asuransi Perikanan Senjata KKP Lindungi Pembudidaya Ikan Kecil | 27 Dec 2017 13:25 - ARTIKEL GPR - Penyerahan Sertifikat Kompetensi Peserta Pemagangan 2017 oleh Presiden Republik Indonesia | 22 Dec 2017 09:57 - ARTIKEL GPR - Perempuan Berdaya untuk Indonesia | 19 Dec 2017 10:33 - ARTIKEL GPR - Peringatan Hari Bela Negara 2017