img
img

Pendidikan

Senin, 04 Desember 2017 | Oleh: hms04

Beri Dukungan Guru Sepenuhnya

Beri Dukungan Guru Sepenuhnya TINGGALKAN PODIUM: Bupati saat meninggalkan podium utama setelah memimpin upacara HUT Korpri, HUT PGRI dan hari guru nasional di halaman kantor Bupati Malinau, Rabu, (29/11).(FOTO WIDAYAT/RADAR TARAKAN)

PROKAL.CO, MALINAU- Peringatan HUT ke-47 Korpri dan HUT ke-72 PGRI  serta Hari Guru Nasional berlangsung sederhana. Yakni dengan melakukan apel bersama sekaligus. Apel yang dipusatkan di halaman kantor Bupati Malinau Jalan Pusat Pemerintahan, Tanjung Belimbing itu langsung dipimpin Bupati Malinau Dr Yansen TP MSi dan diikuti para ASN khususnya para guru, TNI/Polri, Siswa SMU/SMK di Kabupaten Malinau.

Usai memimpin upacara, Bupati Yansen TP sangat mengharapkan seluruh peserta apel bahwa tanggung jawab pendidikan ini bukan hanya tanggung jawab guru semata. Tetapi tanggung jawab bersama. Karena itu, semuanya harus memberikan dukungan kepada guru secara penuh untuk menjalankan tugasnya. Jika mencernai sambutan menteri pendidikan, membangun akhlak, moral anak didik, maka semua orang yang saat menjadi pelaku pembangunan mungkin saat mendapatkan mendidikan masa lalu merasa susah dan sengsara karena disakiti. “Tapi harus disadari saat ini, bahwa pendidikan itu ternyata membentuk kita hingga menjadi seperti sekarang ini,” terangnya.

Karena itu, Bupati sangat mengharapkan perhatian semua pihak agar memberikan dukungan sepenuhanya kepada seluruh guru untuk menjalankan tupoksinya dalam membentuk karakter, mental dan aklhak dari anak-anak. Bupati juga kepada orangtua agar tidak terlalu ikut campur tangan terhadap hal-hal yang seharusnya dilakukan oleh para guru dalam proses belajar mengajar dalam masa pendidikan. Sehingga tanggung jawab para guru sebagai penyelenggara pendidikan dapat berjalan dengan sebaik-baiknya.

Untuk itu, kepada seluruh guru-guru  yang ada di Kabupaten Malinau baik yang masuk dalam pembinaan tingkat Kabupaten Malinau maupun dalam pembinaan tingkat Provinsi Kaltara agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya. ”Kami sangat percaya bahwa pendidikan akan semakin meningkat karena pengabdian dari para guru. Kepada anak didik, bahwa kami yang ada saat ini adalah hasil didikan dari para guru kita. Saat ini kalian sedang menghadapi didikan para guru dan harus diterima dengan kesiapan diri untuk menjadi genrasi penerus pembangunan bangsa ini. karena itulah tujuan besar dari pendidikan di Indonesia ini untuk menyiapkan generasi muda bagi bangsa dan negara ini,’ tukasnya.

Dihadapan para guru dan ASN lainnya, Bupati Yansen TP menyatakan bangga dan memberikan apresiasi, rasa hormat dan bangga kepada seluruh guru yang telah mengabdi di wilayah Kabupaten Malinau. Termasuk juga juga kepada Korps Pegawai Negeri yang ada di wilayah Kabupaten Malinau agar terus bersemangat berkerjsama membangun Malinau. Dalam kaitan memperingati hari guru dan PGRI ini, Bupati Yansen TP mengajak agar terus meningkatkan persatuan dan kesatuan di wilayah Kabupaten Malinau.

Dengan begitu, dinilai akan mampu menciptakan kekuatan besar dalam menjalankan tugasnya masing-masing. Kemudian meningkatkan semangat dan gairah dalam setiap diri Korpri dan guru untuk bekerja, sebagaimana tema HUT Korpri tahun 2017 ini yaitu “kerja bersama, setiap sepanjang masa”. “Artinya, sepanjang tanggung jawab itu menjadi tanggung jawab kita, maka harus dilaksanakan dengan penuh semangat dan penuh gairah agar mampu memberikan apa yang terbaik dari apa yang kita miliki dan kita lakukan,” tegas Yansen TP.

Karena, sambung Yansen TP, semuanya harus yakin dan percaya seperti cita-cita pendidikan Indonesia yaitu menciptakan manusia Indonesia yang bermartabat akan terwujud melalui keteladan para guru-guru khususnya yang ada di Malinau ini. Bupati juga mengajak untuk mencernai sambutan Presiden RI dan Menteri Pendidikan Indonesia yang disampaikan dalam peringatan hari guru dan hari Korpri ini. Sehingga, apa yang menjadi cita-cita Kabupaten Malinau yang maju dan sejahtera dapat diwujudkan bersama.

Sementara itu, membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia selaku Penasehat Nasional Korpri, Bupati Malinau mengatakan bahwa korpri adalah perekat bangsa dan negara. Bupati juga menjelaskan bahwa di era persaingan terbuka saat ini banyak tantangan yang harus kita hadapi. lnovasi dan perkembangan teknologi global tidak hanya membawa kemudahan pada kehidupan sehari-hari, bahkan mampu mengubah lanskap ekonomi, kehidupan sosial politik, hingga kehidupan berbangsa dan bernegara. “Setiap anggota Korpri harus terus memperbaiki diri, tinggalkan cara-cara rutin, dan perkuat semangat debirokratisasi. Jangan pernah berhenti berinovasi, manfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan terobosan layanan publik yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel” ungkapnya.

Selain membacakan amanat Presiden RI, Bupati Malinau secara khusus juga menyampaikan rasa hormat dan bangga kepada seluruh guru yang bertugas di Kabupaten Malinau. Bupati mengajak seluruh ASN termasuk guru untuk terus tingkatkan persatuan dan kesatuan serta tingkatkan semangat dan gairah untuk terus bekerja. “Keteladanan menjadi bagian dari kita selaku anggota korpri” tambahnya lagi.(ida/puu)

Baca Juga

Berita Utama Index

Kades Harus Senyum Dan Semangat !

Kades Harus Senyum Dan Semangat !

Rabu, 21 Februari 2018

Malinau-Aparat Pemerintahan Desa merupakan perwakilan pemerintah daerah guna untuk menjembatani dan memperpendek rentang kendali pelaksanaan tugas dan fungsi pemerintah termasuk dalam pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan

Berita Foto Index

Mars Korpri

Mars Korpri

Rabu, 21 Februari 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya