img
img

Pendidikan

Senin, 04 Desember 2017 | Oleh: hms04

Peduli Lingkungan Hidup

Peduli Lingkungan Hidup PENGHARGAAN: Bupati Kabupaten Malinau Dr. Yansen TP.M.Si bersama Kepala Dinas DLHD Malinau beserta jajaran terkait saat memberikan Penghargaan kepada perwakilan 3 sekolah yang terpilih menjadi sekoah Adiwiyata disela-sela pelaksanaan Upacara peringati Hari Guru dan Korpri. EKO WIJIYANTO/RADAR TARAKAN

PROKAL.CO, MALINAU – Dalam momen peringati Hari Guru Nasional yang digabung dengan Hari Ulang Tahun Korpri ke- 46. Pemerintah Kabupaten Malinau lewat Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Malinau berikan Penghargaan berupa Piagam serta Uang Pembinaan pada 3 Sekolah terpilih di Kabupaten Malinau sebagai sekolah yang peduli terhadap lingkungan.

Hal ini dikarenakan penurunan kualitas lingkungan hidup akibat aktivitas manusia, maka diperlukan upaya melakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Bahwa perlu dilakukan pemahaman, penyadaran dan tuntunan kepada siswa disekolah dari jenjang pendidikan dasar menengah agar bersikap dan berperilaku peduli dan berbudaya lingkungan. Serta untuk mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingungan maka perlu untuk melaksanakan program Adiwiyata.

Diungkapkan Frent Tommy Lukas, Kepala Dinas DLHD Malinau pelaksanaan ini sudah dari awal tahun 2017 sudah dilakukan tahapan penilaian. “Awalnya kita lakukan sosialisasi pada sekolah yang sudah dilakukan survei dan sudah memenuhi kriteria dalam sekolah Adiwiyata. Dimana penilaian itu terkait kepedulian tehadap lingkungan dan sekolah,” ungkapnya.

Yang mendapat nilai paling tinggi disini adalah sekolah yang mempunyai modul dan sudah diterapkan pada siswanya. Selain itu, dalam lingkup sekolah ada kepedulian penataan sekolah terhadap lingkungan. Seperti taman, menanam dan yang lebih penting mereka mencoba memanfaatkan barang bekas dari sampah yang tidak digunaan.

12 sekolah dari 4 Kecamatan di Malinau termasuk Setulang  telah dipilih 3 sebagai pemenangnya. “Para pemenang adalah sekolah yang mempunyai kepedulian dan sudah mainseatnya kearah kepedulian lingkungan dan sudah mengajarkan Modul disekolah sehingga ada gerakan pendidikanya. 3 pemenang diantaranya Juara 1 SD 002 Malinau Barat mndapat uang pembinaan Rp 5 juta, Juara 2 SMAN 8 Malinau mendapat uang pembinaan Rp 3 juta, dan Juara 3 SDN 008 Malinau Kota mendapat uang pembinaan Rp 2 juta,” ucapnya.

Untuk itu DLHD juga sudah wacanakan untuk mengadakan pameran dari hasil daur ulang barang bekas yang sudah dijadikan barang fungsional oleh sekolah-sekolah yang ada di Malinau. “Kedepan juga akan kita buat pameran dengan memanfaatkan barang bekas yang sudah dibuat oleh sekolah-sekolah tersebut,” punkasnya. (ewy/puu)

Baca Juga

Berita Utama Index

Aco Lundayeh Siap Dilaksanakan !

Aco Lundayeh Siap Dilaksanakan !

Kamis, 28 Juni 2018

Malinau-Perhelatan Aco Lundayeh tinggal menghitung hari. Acara yang menampilkan seni budaya ini akan dihadiri etnis Lundayeh sedunia yang dilaksanakan bulan Juli nanti. Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persekutuan Dayak Lundayeh (PDL) Dr. Yansen

Berita Foto Index

Mars Korpri

Mars Korpri

Rabu, 21 Februari 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya