img
img

Pertanian

Jum'at, 27 Oktober 2017 | Oleh: HMS04

Distan Optimis Pengembangan 10 Ribu Hektar Sawah Terwujud

Distan Optimis Pengembangan 10 Ribu Hektar Sawah Terwujud

MALINAU – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Malinau optimis pengembangan lahan persawahan 10 ribu hektar akan terwujud. Program pengembangan lahan persawahan itu telah didukung Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Kepala Dinas Pertanian Malinau Kristian Muned menyampaikan, saat ini pihaknya terus menginventarisasi data lahan potensi pertanian. Khususnya lahan potensial untuk pengembangan persawahan.
“Saat ini kami dari Dinas Pertanian dan DPU masih melakukan pendataan, menginventarisir lahan-lahan potensial untuk dikembangkan menjadi persawahan,” ungkapnya dia, Selasa (24/10).
Diketahui, Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono saat berkunjung ke Malinau awal Oktober lalu, berjanji akan mendukung pengembangan 10 ribu hektar sawah di Malinau. Yaitu, dengan memberikan bantuan bidang pembangunan pengairan, bendungan dan jaringan irigasi.
“Teknisnya kami belum tahu. Hanya progresnya akan dimulai tahun 2018 mendatang,” kata Kristian Muned.
Dari segi potensi, Kristian Muned memastikan pihaknya dapat menyiapkan lahan tersebut. Sebab, lahan yang potensial untuk dikembangkan menjadi lahan persawahan cukup banyak.
“Hanya saja tidak berada dalam satu kawasan atau hamparan. Lahan-lahan itu tersebar di berbagai wilayah kecamatan. Beberapa waktu lalu, kami pun sudah melakukan peninjauan terhadap lahan-lahan potensial itu,” imbuhnya.
Beberapa Kecamatan yang sudah memiliki kawasan persawahan dengan luasan cukup besar dan memiliki potensi untuk terus dikembankan. Misalnya, Kecamatan Malinau Kota, Kecamatan Malinau Utara, Kecamatan Malinau Barat dan Kecamatan Mentarang. (wh/Koran kaltara)

Baca Juga

Lima Desa Dapat Penghargaan Kamis, 23 November 2017

Lima Desa Dapat Penghargaan

Keputusan Tetap Pada Gubernur Kamis, 23 November 2017

Keputusan Tetap Pada Gubernur

Berita Utama Index

Bupati Lantik 28 Kepala Desa

Bupati Lantik 28 Kepala Desa

Kamis, 23 November 2017

PROKAL.CO, MALINAU - Pelantikan dan pengambilan sumpah janji kepala desa (Kades) terpilih periode 2017-2023 oleh Bupati Malinau Dr Yansen TP MSi  di ruang Tebengang, lantai 2, Kantor Bupati, Jalan Pusat Pemerintahan, Tanjung Belimbing, Selasa (21/11)

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya