img
img

Pendidikan

Kamis, 19 Oktober 2017 | Oleh: HMS04

106 Guru SD Ikuti Pelatihan

106 Guru SD Ikuti Pelatihan PELATIHAN : Narasumber dari Provinsi Kaltara saat memberikan materi pelatihan kurikulum 2013 di SLB Negeri Malinau yang dilangsungkan selama 5 hari dari tanggal 16-20 Oktober mendatang. EKO WIJIYANTO/RADAR TARAKAN

PROKAL.CO, Menyukseskan Kurikulum 2013 (K13), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Malinau mengadakan pelatihan kurikulum 2013 jenjang Sekolah Dasar (SD) yang bertempat di SLB Negeri Malinau. Diikuti sebanyak 106 guru dari wilayah luar ibu kota kabupaten.

Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pemahaman, skill  dan pendidikan berkarakter. Dengan siswa dituntut untuk paham materi, aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun dan disiplin yang tinggi. “Pelaksanaan pelatihan masih berjalan dari Senin (16/10) kemarin hingga Jumat (20/10) mendatang, untuk peserta kurang lebih diikuti 106 Guru SD yang dari luar ibukota kabupaten seperti perbatasan, pedalaman baik Kdari hulu sampai hilir,” ungkap Esly Parir.SE, M.Si selaku Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Malinau.

Lebih lanjut Esly mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini untuk merealisasikan Kurikulum 2013 agar bisa dilakukan secara serempak. “Sasaranya sendiri tidak lain untuk mewujudkan Pengaplikasian dari Kurikulum 2013 yang diharapkan secara serentak pada tahun 2019 nanti,” jelasnya.

Selain itu juga diharapkan dengan sasaran pelatihan dari wilayah perbatasan dan pedalaman agar tidak ada kesenjangan pendidikan. “Jika sudah diterapkan, kita juga berharap wilayah pinggiran sama-sama bisa diterapkan hingga di perbatasan dan pedalaman. Agar tidak ada lagi kesenjangan pendidikan di wilayah Kabupaten Malinau khususnya,” tegasnya.

Pelatihan K13 atau pendidikan berbasis karakter adalah kurikulum baru yang dicetuskan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ini juga diharapkan bisa diikuti para peserta dengan sungguh-sungguh.

“Kita harapkan supaya peserta dapat betul mengikuti pelatihan, karena pembelajaran di tahun 2019 diharapkan bisa direalisasikan secara nasional dan bisa berjalan baik di perkotaan dan perbatasan. Meski di tahun ini belum semua guru di wilayah Malinau belum bisa mengikuti pelatihan masih ada waktu satu tahun hingga 2019 nanti untuk menjaring para guru untuk mengikuti pelatihan,” harapnya. (ewy/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

PEMBUKAAN REKONSILIASI DAN BIMTEK AKUNTASI DILINGKUNGAN PEMKAB MALINAU TAHUN 2018

PEMBUKAAN REKONSILIASI DAN BIMTEK AKUNTASI DILINGKUNGAN PEMKAB MALINAU TAHUN 2018

Selasa, 04 Desember 2018

Malinau - 3 Desember 2018 Sekretaris Daerah Malinau Drs,Hendris Damus M.Si membuka Rekonsiliasi belanja dan kas per nopember serta bimtek akuntansi ( SIMDA ) terkait penyusunan LKPD bagi seluruh OPD dilingkungan pemerintah Kabupaten Malinau tahun 2018.

Berita Foto Index

Pesta Budaya 2018

Pesta Budaya 2018

Minggu, 23 September 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya