img
img

Kerajinan dan Produk Unggulan

Senin, 02 Oktober 2017 | Oleh: HMS04

Presiden Posting Produk Anyaman Rotan Malinau

Presiden Posting Produk Anyaman Rotan Malinau POSTINGAN PRESIDEN : Produk kerajinan anyaman rotan Malinau diposting Presiden RI Joko Widodo di akun facebooknya, Kamis (28/9). Ribuan akun menyukai dan berkomentar di postingan tersebut. CAPTURE FROM FACEBOOK PRESIDEN JOKO WIDODO

PROKAL.CO, MALINAU - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo memposting fotonya saat mengunjungi stan pameran Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara). Dalam foto yang diposting akun resmi Facebook Presiden Joko Widodo itu, presiden melihat produk-produk anyaman rotan khas Malinau di acara pameran Kriyanusa Dekranas 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (27/9).

Dalam postingannya, presiden mengatakan bahwa ia kerap ke bepergian ke berbagai daerah di Indonesia yang merupakan negeri yang terdiri atas beragam suku dan budaya, dan dianugerahi alam yang begitu indah.

Ia memiliki cara tersendiri untuk mengenang sebuah daerah yang dikunjunginya, yaitu dengan memajang produk-produk kerajinan daerah sembari mengingat perjalanan ke daerah yang telah dikunjunginya.

“Produk kerajinan itu menjadi sumber kenangan dan inspirsi,” tulis Presiden yang akrab disapa Jokowidodo ini di laman akun Facebooknya, Kamis (28/9).

Karena itulah, lanjutnya, kepada para perajin yang datang ke pameran Kriyanusa Dekranas 2017 di Jakarta ia menyampaikan anggapan dirinya bahwa, para perajin bukanlah usahawan biasa. “Perajin adalah usahawan yang berhasil meramu keindahan negara,” katanya.

Dipostingan foto yang diposting oleh presiden, juga nampak Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Malinau Ny. Ping Yansen yang sedang menunjukkan dan menjelaskan tentang produk Malinau. Dengan diposting di akun resmi presiden yang diikuti jutaan akun facebook di Indonesia, tentunya menjadi ajang promosi yang luar biasa dan pastinya menjadi kebanggan tersendiri karena presiden tertarik dan memperhatikan produk Malinau juga.

Terkait hali itu, Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si mengapresiasi dan bangga kepada Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Malinau beserta anggota dan para perajin yang telah bekerja keras untuk memajukan dan membangun daerah melalui kerajinan daerah.

“Kita bangga dengan hasil kerja Keras dari Ketua PKK membina kerajinan di Malinau dengan tidak bosan-bosannya dan tentu sedikit pengorban, sehingga terwujudnya produk anyaman rotan yang menarik perhatian pak Presiden Joko Widodo.  Yaitu produk YTP COLLECTION dan berbagai produk dari bambu serta produk lainnya,” ungkap Bupati Yansen kepada media ini via aplikasi pesan singkat, Kamis (28/9).

Untuk itu, bupati mengharapkan agar semua tulus memberi dukungan untuk hidupnya kerajinan rotan, bambu serta batik Malinau dengan wajib menggunakan produk itu sendiri. Misalnya kantor-Kantor pemerintah di Kaltara menggunakan produk mebeler rotan dari karya daerah seperti produk mebel yang terbuat dari rotan Malinau.

“Kalau kita  membangun daerah, maka kita wajib memberi penguatan terhadap daerah. Salah satu caranya kita menggunakan produk yang dihasilkan masyarakat dan daerah. Ekonomi rakyat pasti kuat dan daerahpun kuat dan hidup,” ucapnya.

Saat ditanya apakah postingan presiden terkait produk Malinau menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kaltara, khususnya Malinau, karena orang nomor satu di Indonesia memposting foto produk Malinau di akun Facebooknya yang diikuti jutaan orang? Bupati pun menjawab bahwa harusnya begitu dan tidak hanya bannga karena diposting, tapi juga harus bangga menggunakan dan memanfaatkan produk sendiri.

“Kaltara walau masih muda belia umurnya tapi di dukung oleh daerah yang memiliki kreatifitas sehingga nama daerah menjadi bagus. Oleh sebab itu, Kaltara harus membina dengan memanfaatkan produk daerah. Ya, jangan katakan membangun tapi tidak memanfaatkannya. Ya salah,” pungkasnya. (ags)

Baca Juga

Lima Desa Dapat Penghargaan Kamis, 23 November 2017

Lima Desa Dapat Penghargaan

Keputusan Tetap Pada Gubernur Kamis, 23 November 2017

Keputusan Tetap Pada Gubernur

Berita Utama Index

Bupati Lantik 28 Kepala Desa

Bupati Lantik 28 Kepala Desa

Kamis, 23 November 2017

PROKAL.CO, MALINAU - Pelantikan dan pengambilan sumpah janji kepala desa (Kades) terpilih periode 2017-2023 oleh Bupati Malinau Dr Yansen TP MSi  di ruang Tebengang, lantai 2, Kantor Bupati, Jalan Pusat Pemerintahan, Tanjung Belimbing, Selasa (21/11)

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya