img
img

Wisata & Budaya

Rabu, 27 September 2017 | Oleh: HMS04

Wakil Bupati Minta Kegiatan Para Turis Tetap Dipantau

Wakil Bupati Minta Kegiatan Para Turis Tetap Dipantau KEDATANGAN TURIS: Wabup bersama para turis di Setulang usai membuka acara workshop learning lanscape beberapa hari lalu. (Foto: HMS)

PROKAL.CO, MALINAU-Dikunjunginya Kabupaten Malinau oleh para turis yang juga  mahasiswa asing program pascasarjana, merupakan suatu kebanggaan. Karena, memang Kabupaten Malinau telah menetapkan sebagai kabupaten konservasi dan memiliki 4 desa wisata di dalamnya.

Antara lain Desa wisata Setulang, Desa Pulau Sapi, Desa Long Alango dan Desa Apau Ping.  “Yang pertama, kita merasa bangga dengan datangnya mahasiswa asing datang ke Kabupaten Malinau, khususnya yang dari Australi University kemudian bekerjasama dengan Yayasan Tanah Air Beta yang membawa mereka masuk ke Malinau,” ungkap Wakil Bupati Topan Amrullah SPd MSi terait kunjungan para turis dari mancanegera yang datang ke Kabupaten Malinau.

Selain itu, sebut Wabup Topan Amrullah, ada juga kerjasama dengan lembaga atau NGO luar negeri seperti CIFOR,  WWF dan CERD serta lainnya. Menurut Wakil Bupati Topan Amrullah, kedatangan para turis asing ini boleh saja menjadi kebanggaan masyarakat kabupaten Malinau dengan aktivitas kegiatan mereka di Malinau. Karena ini juga akan membawa nama Kabupaten Malinau ke tingkat Internasional.

“Tetapi kita juga harus hati-hati terkait kedatangan dan keberadaan para turis asing di Malinau ini. Apalagi mereka mahasiswa yang akan melakukan penelitan,” terang Wakil Bupati Topan Amrullah kepada media ini menanggapi adanya  kegiatan para mahasiswa peneliti asing yang datang ke Desa Setulang beberapa waktu lalu.

Namun demikian, setelah Wabup Topan Amrullah melihat sendiri dalam daftar nama-nama mahasiswa asing itu ternyata ada juga mahasiswa dari LIPI. Wabup menekankan agar kegiatan mereka selama di Malinau harus tetap terkontrol. Karena banyak sekali kejadian atau contoh orang-orang asing itu berkunjung sebagai tamu wisata, tapi sesungguhnya mereka meneliti dan mereka mengambil mikro organisme yang di sejumlah daerah di Indonesia.

“Ada beberapa contoh, misalnya mereka masuk ke hutan kemudian memakai sepatu bot. Tetapi pulangnya juga tetap mereka gunakan sepatu bot tidak dilepas sampai naik pesawat. Di bandara, saya ketemu yang mengaku mahasiswa,” terang Wabup bercerita.

Sebab, sambung Wabup Topan Amrullah, bisa jadi mikro organisme tanah  yang menempel pada spatu bot itu mereka ambil untuk dijadikan vaksin dan akhirnya mereka akui itu menjadi hak paten mereka. Jadi kekayaan alam ada ini mereka akui dan sudah sepantasnya semua pihak perlu kehati-hatian terhadap kedatangan orang asing. “Kemudian kita lupa bahwa mereka udah mengambil kekayaan alam kita yang bisa dijadikan vaksn dan dikembangkan lalu mereka hak patenkan,” ujar Wabup.

Wabup Topan Amrullah juga sudah mendapat laporan dari Bappeda tentang kegiatan mereka di Malinau. kemudian di Polres mereka sudah melapor, ke kantor Kesbangpol,dan ke Kodim dan sudah dipantau kegiatan mereka. Hal ini janagn masuk ke hutan-hutan, karena sifatnya mereka hanya di desa wisata setulangnya saja. Tapi, kehadiran mereka didharapkan ada masukan kepaa Kabupaten Malinau, terutama promo wisata, ekowisata dan ekobudaya.

Wabup juga mengharapkan, dengan adanya learning landscape worksop ini menjadi sharring pengalaman. Salah satunya yaitu bagamana mengelola hutan di Kabupaten Malinau minimal di back up oleh NGO atau lembaga dalam negeri maupun luar negeri yang berdaya maanfaat bagi masyarakat Malinau. “Jangan sampai NJO itu masuk hanya meneliti dan mereka mendapatkan kekyaaan alam untuk mereka. Tapi kita (Kabupaten Malinau, Red) tidak mendapat apa-apa,”  tegas Wabup mengakhiri.(ida/puu)

Baca Juga

Lima Desa Dapat Penghargaan Kamis, 23 November 2017

Lima Desa Dapat Penghargaan

Keputusan Tetap Pada Gubernur Kamis, 23 November 2017

Keputusan Tetap Pada Gubernur

Berita Utama Index

Bupati Lantik 28 Kepala Desa

Bupati Lantik 28 Kepala Desa

Kamis, 23 November 2017

PROKAL.CO, MALINAU - Pelantikan dan pengambilan sumpah janji kepala desa (Kades) terpilih periode 2017-2023 oleh Bupati Malinau Dr Yansen TP MSi  di ruang Tebengang, lantai 2, Kantor Bupati, Jalan Pusat Pemerintahan, Tanjung Belimbing, Selasa (21/11)

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya