img
img

Berita Warga

Rabu, 27 September 2017 | Oleh: HMS04

KPUC Bantah Buang Limbah dengan Sengaja

KPUC Bantah Buang Limbah dengan Sengaja JEBOL: Salah satu kolam aliran limbah tambang mengalami kebocoran beberapa waktu lalu. RADAR TARAKAN

PROKAL.CO, MALINAU- Manajemen PT Kayan Putra Utama Coal (KPUC) memastikan bahwa pihaknya sudah melakukan penanganan terhadap Kolam 01 TP 07 Seam C, pada Rabu lalu sempat mengeluarkan air limbah.

“Kejadiannya diketahui petugas pada pukul 10.00. Saat itu juga tim Enviro segera melakukan penutupan pada lokasi dengan menggunakan eksavator dan bulldozer. Selesai pukul 14.00. Kemudian melokalisir area lahan dan jalan menuju tambang yang tergenang. Tim juga memeriksa, mencegah dan memastikan aur genangan ini tidak masuk ke sungai,” jelas Christoforus Ch. Sufit, Humas KPUC, Jumat (22/9) sore kemarin.

Pihak KPUC juga menjelaskan bahwa air yang keluar bukan disengaja dibuang. Tetapi adalah rembesan karena ada lubang kecil pada kolam tersebut.  Titik rembesan berada pada sisi utara kolam. Jarak titik rembesan  (titik A) ke Sungai Seturan (titik B) sekitar 980 meter.

Adapun jarak Sungai Seturan ke Sungai Malinau sekutar 1325 meter. Akibat rembesan kolan tersebut ada lahan yang tergenang. “Lahan itu masih berada di kawasan tambang dan sudah dibebaskan perusahaan karena akan dilakukan pebambangan di sana awal tahun 2018 nanti,” jelas Christoforus.

Dari hasil pengukuran dan pemantauan di lapangan, paparnya lagi, lahan yang tergenang seluas 3, 88 hektar. Lahan tersebut merupakan lahan yang sudah dibebaskan perusahaan dari masyarakat. “Bukan lahan penduduk lagi. Termasuk kawasan persawahan. Jalan area yang digenangi air pun itu berada di kawasan perusahaan,” imbuhnya.

Terhadap rekomendasi, pihak KPUC pun memastikan pihaknya melaksanakan apa-apa yang direkomendasikan pemerintah termasuk saran dan masukan dari masyarakat. Dari Dinas ESDM Kaltara,  DLHD Malinau dan Kaltara serta pihak lainnya.

“Perusahaan selalu berusaha melaksanakannya, menindaklanjuti rekomendasi dari pemerintah dengan cepat dan benar untuk kelestarian lingkungan dan ikut serta memberikan konstribusi bagi masyarakat dan lingkungan,” ungkapnya.

Pihak KPUC juga menyampaikan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan perbaikan-perbaikan dan penanganan-penanganan pada beberapa tempat untuk mengantisipasi luapan atau rembesan air dari kawasan tambang.  “Pengelolaanlimbah di kolam penampung terus berjalan,” imbuhnya. (ewy/puu)

Baca Juga

Lima Desa Dapat Penghargaan Kamis, 23 November 2017

Lima Desa Dapat Penghargaan

Keputusan Tetap Pada Gubernur Kamis, 23 November 2017

Keputusan Tetap Pada Gubernur

Berita Utama Index

Bupati Lantik 28 Kepala Desa

Bupati Lantik 28 Kepala Desa

Kamis, 23 November 2017

PROKAL.CO, MALINAU - Pelantikan dan pengambilan sumpah janji kepala desa (Kades) terpilih periode 2017-2023 oleh Bupati Malinau Dr Yansen TP MSi  di ruang Tebengang, lantai 2, Kantor Bupati, Jalan Pusat Pemerintahan, Tanjung Belimbing, Selasa (21/11)

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya